Jadi Salah Satu Jurusan Terfavorit, Ini Prospek Kerja Sarjana Computer Science

26 Oktober 2021 15:36
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Jadi Salah Satu Jurusan Terfavorit, Ini Prospek Kerja Sarjana Computer Science (46901)
searchPerbesar
Ilustrasi software engineer. Foto: Shutterstock
Salah satu pertimbangan saat memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja yang ditawarkan bagi sarjana lulusannya. Biasanya, semakin menjanjikan lapangan pekerjaannya, semakin banyak pula calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan tersebut.
Computer Science atau Ilmu Komputer termasuk di antaranya. Membekali mahasiswa dengan keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah sistem, program studi Ilmu Komputer seolah menjadi gerbang masuk pertama bagi mereka yang ingin bekerja di bidang teknologi.
Apalagi seiring dengan perkembangan digitalisasi, belajar Ilmu Komputer tentu bisa membuatmu mewujudkan banyak ide kreatif di dunia informasi digital seperti sekarang.
Menurut sebuah survei yang dilakukan Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, upah tahunan pekerja di bidang komputer dan teknologi informasi pada 2018 mencapai 86 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 1,2 miliar. Semakin lama pengalamannya, tentu semakin tinggi pula gaji yang bisa didapat oleh lulusan Computer Science. NACE's Fall 2019 Salary Survey bahkan menemukan bahwa lulusan Computer Science mendapatkan kenaikan gaji tertinggi dibandingkan jurusan lain.
Lantas, apa saja prospek kerja lulusan Computer Science? Berikut kumparan rangkum empat di antaranya.

1. Software Engineer dan Software Developer

Jadi Salah Satu Jurusan Terfavorit, Ini Prospek Kerja Sarjana Computer Science (46902)
searchPerbesar
Ilustrasi software developer. Foto: Shutterstock
Seorang software engineer biasanya melakukan riset, mendesain, mengembangkan, hingga melakukan pengujian terhadap program software. Sama seperti arsitek, software engineer harus memiliki kemampuan untuk mengelola sistem yang kompleks guna menjawab kebutuhan user.
Setelah software engineer merancang program, software developer akan membangun perangkat lunak tersebut. Tidak sekadar pengetahuan coding yang mumpuni, memiliki ide untuk pengembangan software dan mampu berkolaborasi dengan user, desainer, serta system analyst termasuk ke dalam skill yang harus dimiliki seorang software developer.
Bila sudah senior, gaji seorang software engineer dan software developer rata-rata Rp 20-41 juta sebulan, lho!

2. System Analyst

Tahukah kamu, system analyst menjadi salah satu pekerjaan yang sedang naik daun karena perannya terbilang besar untuk kemajuan teknologi dan bisnis di suatu perusahaan.
Jadi Salah Satu Jurusan Terfavorit, Ini Prospek Kerja Sarjana Computer Science (46903)
searchPerbesar
Ilustrasi system analyst. Foto: Shutterstock
Sama seperti namanya, seorang system analyst akan menganalisa suatu sistem, sehingga perusahaan dapat mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Setelah melakukan investasi dari asumsi yang muncul, system analyst akan bekerja sama dengan tim IT yang lain untuk mendesain sistem yang baru dan mengembangkan produk dari sistem tersebut.
Di beberapa perusahaan, system analyst akan diisi oleh orang-orang dari jurusan Ilmu Komputer. Alasannya, mereka telah memiliki dasar pemahaman IT yang baik sekaligus mempelajari dasar-dasar manajemen dan analisis.
Beberapa perusahaan di Indonesia tidak segan memberikan gaji sekitar Rp 16-22 juta per bulan untuk seorang system analyst. Bagaimana, kamu tertarik meniti karier di bidang ini?

3. Computer Security Specialist

Seiring dengan kemajuan teknologi, kamu pasti sudah tidak asing dengan kejahatan dunia maya (siber). Ancaman ini enggak cuma menyerang individu, keberlangsungan bisnis di suatu perusahaan juga bisa jadi tidak terhindar darinya.
Jadi Salah Satu Jurusan Terfavorit, Ini Prospek Kerja Sarjana Computer Science (46904)
searchPerbesar
Ilustrasi computer security specialist. Foto: Shutterstock
Karena itulah, seorang computer security specialist akan menggunakan keterampilan dan pengetahuannya untuk mencegah hal serangan siber. Ya, kamu benar, posisi ini ibarat polisi suatu perusahaan.
Selain merancang, menerapkan, dan menguji sistem keamanan jaringan, computer security specialist juga akan menyusun solusi yang bisa digunakan bila perusahaan terkena kejahatan siber. Perannya yang terbilang krusial membuat computer security specialist bisa digaji belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

4. Data Scientist

Data scientist menjadi salah satu profesi yang paling banyak diburu startup karena Indonesia masih minim sumber daya yang menggeluti profesi ini.
Seorang data scientist akan melakukan analisis data maupun membuat prediksi-prediksi untuk perkembangan bisnis, industri, serta bidang-bidang lain di masa depan. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kebutuhan startup yang mengandalkan penggunaan Data Besar (Big Data) dan Sains Data (Data Science) untuk keberlangsungan bisnis.
Bahkan di Amerika Serikat, data scientist masuk ke dalam profesi dengan gaji tertinggi. Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji seorang data scientist adalah Rp 144 juta per tahun.
Di antara 4 profesi di atas, mana yang menarik minatmu? Tapi sebelum itu, pastikan kamu kuliah di universitas dengan jurusan Computer Science terbaik, ya! Sehingga, kamu punya bekal yang maksimal untuk menunjang pekerjaan di bidang IT nantinya. Enggak perlu bingung, Telkom University dapat menjadi tempat untuk memulai perjalananmu menuju karier impian.
Jadi Salah Satu Jurusan Terfavorit, Ini Prospek Kerja Sarjana Computer Science (46905)
searchPerbesar
Jurusan Ilmu Komputer Telkom University menempati posisi keempat sebagai jurusan Computer Science terbaik di Indonesia. Foto: dok. Telkom University
Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) by Subject 2022, jurusan Ilmu Komputer Telkom University menempati posisi keempat sebagai jurusan Computer Science terbaik di Indonesia. Sementara itu, jurusan Computer Science Telkom University menempati peringkat 601-800 di dunia.
Bagi yang belum tahu, THE WUR merupakan lembaga pemeringkatan yang telah diakui global dan salah satu penyedia peringkat teratas untuk penilaian kualitas institusi di seluruh dunia. Itu artinya, Telkom University menjadi salah satu universitas yang punya kredibilitas terbaik di jurusan Computer Science. Pencapaian ini bahkan menempatkan Telkom University sebagai PTS terbaik dalam bidang Computer Science.
Jadi Salah Satu Jurusan Terfavorit, Ini Prospek Kerja Sarjana Computer Science (46906)
searchPerbesar
Jurusan Ilmu Teknik (engineering) Telkom University berada di posisi keenam di Indonesia dan 801-1.000 di seluruh dunia sebagai universitas dengan jurusan Ilmu Teknik terbaik. Foto: Shutterstock
THE WUR by Subject 2022 juga menilai jurusan Ilmu Teknik (engineering) Telkom University memiliki prestasi yang membanggakan. Jurusan ini berada di posisi keenam di Indonesia dan 801-1.000 di seluruh dunia. Adapun disiplin ilmu yang dinilai yaitu teknik umum, teknik listrik dan elektronik, teknik mesin dan ruang angkasa, teknik sipil dan teknik kimia.
Saat ini, sudah banyak jurusan di Telkom University yang memperoleh akreditasi A maupun unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta Akreditasi Internasional untuk beberapa prodi. Dengan ratusan civitas akademika berkualitas dan fasilitas belajar-mengajar yang mumpuni, Telkom University terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan berdaya saing global serta mau berkontribusi dalam kemajuan bangsa.
Untuk informasi lengkap mengenai Telkom University, kamu bisa klik di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Telkom University
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020