Kawula Muda, Ini Urutan Nonton Film Marvel Sesuai Kronologi Timeline

19 Mei 2022 13:51
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kawula Muda, Ini Urutan Nonton Film Marvel Sesuai Kronologi Timeline (14078)
zoom-in-whitePerbesar
Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Foto: Disney
ADVERTISEMENT
Saat ini, salah satu film dari Marvel Cinematic Universe (MCU) tengah hadir di layar lebar. MCU merupakan salah satu franchise dengan daftar film terbanyak di dalam sejarah.
ADVERTISEMENT
Di setiap filmnya, ceritanya saling berhubungan satu sama lain. Sehingga kamu perlu menontonnya secara berurutan agar paham dengan jalan ceritanya.
Bukan hanya itu, MCU juga memperluas alur ceritanya dengan berbagai karakter kunci yang muncul. Sehingga kamu juga harus mengetahui setiap karakter, pengembangan karakter, hingga pengembangan cerita untuk referensi cerita di film yang akan datang.
MCU dibagi ke dalam empat fase yang diakhiri dengan sebuah peristiwa besar. Saat ini, timeline MCU pun telah mencapai fase keempat yang akan berakhir pada 2023 atau 2024.
Beberapa bulan sebelum merilis film pertama di fase 4, Marvel memperluas alur ceritanya dengan beberapa serial yang menampilkan superhero dari fase 3. Seperti WandaVision, The Falcon and the Winter Soldier, Loki, What If…?, dan Hawkeye.
ADVERTISEMENT
Di tahun ini, MCU juga memperkenalkan superhero baru yaitu Moon Knight melalui serial dengan nama yang sama. Hingga saat ini, sudah ada 28 film dari MCU yang telah tayang di bioskop.
Untuk kamu yang ingin menonton serangkaian film Marvel tapi bingung untuk memulai dari mana, jangan khawatir. Yuk, simak di bawah ini urutan menonton film Marvel sesuai dengan kronologi ceritanya seperti dilansir Lifestyle Asia.
Kawula Muda, Ini Urutan Nonton Film Marvel Sesuai Kronologi Timeline (14079)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi superhero Marvel Foto: Shutter Stock

Captain America: The First Avenger (2011)

Film pertama yang bisa kamu tonton sesuai dengan kronologis urutan cerita adalah Captain America: The First Avenger. Film ini berlatarkan tahun 1941-1942 saat Perang Dunia II di Eropa.
Secara teknis, film ini mengisahkan awal dari semua peristiwa yang terjadi di MCU, termasuk penjelasan tentang Tesseract.
ADVERTISEMENT
Film ini juga memperkenalkan karakter-karakter yang akan hadir di film selanjutnya, seperti pasangan Captain America yang juga agen S.H.I.E.L.D, Peggy Carter (Hayley Atwell), dan ayah Tony Stark, Howard Stark (Dominic Cooper). Selain itu juga ada Winter Soldier atau Bucky Barner (Sebastian Stan) dan Red Skull (Hugo Waving) di film ini.

Captain Marvel (2019)

Cerita dari Captain marvel ini berlatarkan tahun 1995 dan memperkenalkan Carol Danvers sebagai Captain Marvel (Brie Larson).
Captain Marvel juga menghadirkan dua sosok agen S.H.I.E.L.D di masa mudanya, yaitu Nick Fury (Samuel L. Jackson) dan Phil Coulson (Clark Gregg). Keduanya juga merupakan karakter yang berperan penting di dalam berbagai film MCU.
Film Captain Marvel juga membeberkan fakta terkait hilangnya salah satu mata dari Fury dan terbentuknya Avengers.
ADVERTISEMENT

Iron Man (2008)

Iron Man adalah film MCU pertama yang dirilis. Namun, jika sesuai kronologis ceritanya, Iron Man menjadi film ketiga yang harus ditonton sesuai urutan.
Di dalam film ini menunjukkan peristiwa yang sangat berkaitan dengan pembentukan Avengers yang akan berujung dengan pertempuran melawan Thanos.

Iron Man 2 (2010)

Film yang satu ini melanjutkan kisah dari film pertamanya. Iron Man 2 akan memperlihatkan karakter Tony Stark lebih dalam hingga mengenal warisan dari ayah Stark. Di film ini juga akan bertemu dengan salah satu hero kunci dari MCU, Natasha Romanoff atau Black Widow (Scarlett Johansson).

The Incridible Hulk (2008)

Film yang sat ini dirilis satu bulan setelah Iron Man ditayangkan. Meski menjadi film kedua MCU yang dirilis, tapi alur cerita dari film ini tampaknya telah ditetapkan selama atau setelah peristiwa Iron Man 2.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, dalam post-credit Iron Man 2, Tony Stark terlihat bertemu dengan Thaddeus “Thunderbolt” Ross (William Hurt), dan berbicara tentang pembentukan sebuah tim yaitu Avengers.

Thor (2011)

Cerita di dalam film ini diatur hanya beberapa bulan sebelum Avengers ditayangkan. Sehingga film Thor ini menjadi film keenam dari timeline cerita MCU.

The Avengers (2012)

Film yang satu ini menandai sebagai akhir dari fase 1 dalam timeline MCU. Di dalam film ini, kamu akan bertemu dengan berbagai superhero yang telah dirilis sebelum The Avengers. Tapi, Captain Marvel enggak ikut tampil di dalamnya.
Latar cerita dari The Avengers terjadi setelah cerita dalam Thor, dengan Loki yang tampil sebagai musuh utama. The Avengers juga menampilkan Mark Ruffalo sebagai The Hulk/Bruce Banner, menggantikan Norton.
ADVERTISEMENT
Eits, bukan hanya itu. Di film ini, Thanos juga akan muncul untuk pertama kalinya.

Thor: The Dark World (2013)

Kisah utama dari film ini dimulai dengan persidangan dan pemenjaraan Loki di Asgard atas kejahatannya di bumi selama peristiwa The Avengers.
Film ini juga memperkenalkan Infinity Stone kuat lainnya setelah Tesseract, dalam bentuk elementalnya, Aether. Bukan hanya itu, film ini juga merupakan berubahnya karakter Loki.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

Iron Man 3 (2013)

Cerita di film ini diatur sekitar enam bulan setelah peristiwa The Avengers. Oleh karena itu, film ini sangat cocok ditonton setelah Thor: The Dark World.

Captain America: The Winter Soldier (2014)

Film ini berlatarkan dua tahun setelah peristiwa The Avengers dan memperkenalkan karakter Sam Wilson atau Falcon (Anthony Mackie).
ADVERTISEMENT

Guardians of the Galaxy (2014)

Berlatarkan tahun yang sama dengan dirilisnya film ini, Guardians of the Galaxy memperkenalkan beberapa karakter yang menjadi bagian penting dari timeline MCU.
Di film ini juga menampilkan Infinity Stone ketiga, yaitu Power Stone, yang ada dalam sebuah orb.

Guardian of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Meski dirilis tiga tahun setelah film pertamanya, plot dari film ini sebenarnya sangat berkaitan dengan Guardians of the Galaxy.

Avengers: Age of Ultron (2015)

Film kedua dari seri The Avengers kembali menghadirkan hero dari film sebelumnya. Sekaligus menggali kisah tentang Pietro Maximoff (Aaron Taylor-Johnson) dan Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen). Keduanya adalah kakak beradik yang sempat tampil di post-credit Captain America : The Winter Soldier.
ADVERTISEMENT
Di film ini, batu keempat dari Infinity Stone yaitu Mind Stone, juga diperkenalkan.

Ant Man (2015)

Film yang satu ini menutup fase kedua dari timeline MCU. Beberapa momen di dalam film ini sangat berhubungan dengan Captain Amerika: Civil War.

Captain America: Civil War (2016)

Di film ini, membongkar berbagai misteri dalam seri-seri sebelumnya, termasuk penjelasan kematian dari orang tua Tony Stark. Dua superhero yang terkenal, Spider Man (Tom Holland) dan Black Panther (Chadwick Boseman) juga dikenalkan pertama kali di film ini.

Black Widow (2021)

Black Widow adalah film yang dirilis pertama dari fase 4 di timeline MCU. Tapi, ceritanya berlatarkan waktu setelah peristiwa Captain America: Civil War.

Spider Man: Homecoming (2017)

Ini adalah film full-length pertama yang menampilkan Tom Holland sebagai Peter Parker atau Spider Man. Cerita ini juga mengikuti peristiwa di Captain America: Civil War.
ADVERTISEMENT

Black Panther (2018)

Di timeline MCU, peristiwa Black Panther langsung mengikuti Captain America: Civil War, saat Raja Wakanda terbunuh.

Doctor Strange (2016)

Meski dirilis 2 tahun sebelum Black Panther, tapi kamu juga bisa menonton film ini setelahnya. Pasalnya, mid-credit Black Panther menampilkan adegan yang berkaitan dengan Doctor Strange. Selain itu, di film ini juga akan berkenalan dengan superherobaru dan melihat Infinity Stone kelima.

Thor: Ragnarok (2017)

Mid-credit dari film Doctor Strange memperlihatkan Thor yang sedang mencari ayahnya, Odin, di bumi bersama Loki. ini adalah inti cerita dari Thor: Ragnarok.

Ant Man and the Wasp (2018)

Meskipun Invinity War telah dirilis sebelum film ini, tapi latar cerita di film ini hampir parallel dengan cerita di dalam Infinity War.
ADVERTISEMENT

Avengers: Infinity War (2018)

Hadirnya film ini menandai dimulainya mimpi buruk yang disebut dengan The Infinity Saga. Di sini, ceirta di dalam MCU mulai bergeser.

Avengers: End Game (2019)

Sekuel dari film Avengers: Infinity War ini berlatarkan lima tahun setelah film sebelumnya. Film ini juga menjadi penampilan terakhir dari beberapa karkater penting.

Spider Man: Far From Home (2019)

Sekuel dari film Spider Man: Homecoming ini memiliki latar waktu setelah peristiwa di Avengers: Endgame.

Shang Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

ADVERTISEMENT
Film ini membongkar siapa sebenarnya sosok Mandarin dan apa sebenarnya fungsi daru Ten Rings, organisasi global misterius yang hadir dalam berbagai film MCU, termasuk Iron Man.
Shang Chi and the Legend of the Ten Rings memiliki latar waktu beberapa bulan setelah peristiwa di Avengers: End Game.
ADVERTISEMENT

Eternals (2021)

Meski dirilis setelahnya, tapi film ini memiliki latar waktu yang hampir sejalan dengan Shang Chi and the Legend of the Ten Rings.
Eternals sendiri enggak memiliki cerita yang berhubungan langsung dengan kelanjutan timeline MCU. Tapi, di sini kamu bisa mendengar suara superhero ikonik yang juga akan hadir di dalam film MCU.

Spider Man : No Way Home (2021)

Ini adalah film ketiga dari trilogy MCU Spider Man: Far From Home. Cerita di dalam film yang satu ini merupakan pemicu dari peristiwa yang akan terjadi di dalam Doctor Strange in the Multiverse Madness (2022)

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Ini adalah film ke-28 dari timeline cerita MCU. Film ini menjelaskan lebih detail tentang konsep multiverse dan mengambil latar semifinal dari fase 4.
ADVERTISEMENT
Laporan Afifa Inak
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020