Keren! Teknologi AI Dipakai Buat Tingkatkan Kualitas Layanan RS Bagi Pasien

20 Maret 2023 19:17
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
Perkembangan teknologi yang semakin modern mulai mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk peran teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam pelayanan rumah sakit.
Teknologi canggih ini juga diterapkan Siloam Hospitals Group yang baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan Bot MD terkait kerja sama peningkatan penilaian hasil perawatan yang dilaporkan pasien di seluruh jaringan rumah sakit.
Kerja sama ini dilaksanakan untuk lebih meningkatkan kualitas perawatan bagi pasien Indonesia melalui pengumpulan umpan balik dari pasien setelah perawatan dan sebelum perawatan, dengan menggunakan metode pengukuran terstandardisasi dan otomatisasi Patient Reported Outcomes Measures (PROMs).
Dengan menggunakan sistem Bot MD Care, RS Siloam dapat mengotomatisasi pengumpulan data dengan menggunakan WhatsApp dan mengirim informasi serta notifikasi otomatis kepada pasien.
"Bot MD merasa terhormat untuk menjadi bagian dari upaya Siloam dalam meningkatkan kualitas perawatan dan patient outcomes di seluruh jaringan rumah sakit mereka," ujar CEO dan Co-Founder Bot MD, Dorothea Koh, Senin (20/3/2023).
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
Menurut Dorothea Koh, platform WhatsApp Bot MD Care AI memudahkan rumah sakit menstandardisasi dan meningkatkan pengukuran kualitas pelayanan di seluruh jaringan rumah sakit mereka dengan mengotomatisasi pengumpulan dengan metode PROMs melalui aplikasi yang terkenal dan aman seperti WhatsApp.
"AI ini juga dapat secara otomatis menilai survei PROMs dan memberikan notifikasi dan edukasi kepada pasien sebelum dan sesudah prosedur sehingga memungkinkan para pekerja medis untuk dapat menilai dan mengidentifikasi cara-cara untuk terus meningkatkan kualitas perawatan mereka," ujarnya.
Selain menggunakan WhatsApp dan Facebook Messenger, teknologi AI milik Bot MD juga dapat mengintegrasikan berbagai macam sistem informasi rumah sakit untuk menjawab pertanyaan dokter dan perawat secara instan mengenai informasi pasien serta pedoman dan protokol internal rumah sakit.
Sejak Desember 2022, Bot MD telah digunakan untuk mendukung pencarian informasi bagi lebih dari 200 ribu dokter di Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
Sebagai grup rumah sakit swasta terbesar di Indonesia dengan 41 rumah sakit dan 66 klinik, RS Siloam telah merawat dan memberikan pelayanan kepada lebih dari 5 juta pasien unik. RS Siloam berkomitmen terus berinvestasi dalam fasilitas dan teknologi untuk mendukung setiap langkah perjalanan pasien.
RS Siloam juga telah mengimplementasikan berbagai investasi teknologi seperti Aplikasi MySiloam, Electronic Medical Record (EMR), dan sistem Enterprise Resources Planning (ERP).
RS Siloam juga telah mengintegrasikan Hospital Information System yang kuat yang memungkinkan setiap unit rumah sakit untuk memanfaatkan jaringan rumah sakit yang luas dengan tenaga ahli yang paling komprehensif di Indonesia.
Pada tahap awal, Grup RS Siloam dan Bot MD akan berfokus pada pengukuran hasil perawatan medis dari pasien dengan kondisi penyakit jantung kronis seperti gagal jantung atau penyakit jantung iskemik.
com-Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
Platform Bot MD Care akan pertama kali diperkenalkan di RS Siloam Lippo Village di Tangerang dan secara bertahap akan diluncurkan di rumah sakit lainnya. Grup RS Siloam juga berencana untuk memperluas platform ini untuk mencakup area klinis lainnya dan meningkatkan keterlibatan pasien.
Bot MD juga akan mengintegrasikan hasil PROMs ke dalam Electronic Medical Record (EMR) milik RS Siloam untuk memudahkan para pekerja medis dalam melihat perkembangan pasien.
"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Bot MD dalam meluncurkan dan menunjukkan A.I. dalam pengumpulan data melalui metode PROMs di Indonesia dan menjadi standar kualitas pelayanan rumah sakit," kata Chief Information Officer Grup RS Siloam, Ryanto Marino Tedjomulja.
"Inisiatif ini menunjukkan komitmen Grup RS Siloam untuk memberikan kualitas pelayanan dan hasil klinis terbaik di Indonesia. Kami akan terus bekerja sama dengan Bot MD untuk mendukung operasional kami, meningkatkan kualitas perawatan kami dan meningkatkan pengalaman perjalanan pasien kami," pungkas dia.