Buzz
·
20 April 2021 8:05

Makna Lambang OSIS di Seragam, Sudah Tahu Belum?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makna Lambang OSIS di Seragam, Sudah Tahu Belum? (188789)
Lambang OSIS dok wikipedia dan smkn4jember.sch.id
Lambang Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) jadi atribut di seragam Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
ADVERTISEMENT
Tapi ada perbedaan antara keduanya. Kalau SMP berwarna kuning yang melambangkan kehormatan, sedangkan SMA cokelat yang berarti kedewasaan dan rela berkorban.
Selain itu, ada makna lambang OSIS yang mungkin belum kamu tahu. Simak selengkapnya di bawah ini!

Makna Lambang OSIS

Makna Lambang OSIS di Seragam, Sudah Tahu Belum? (188790)
Ilustrasi pelajar SMA. Foto: Shutter Stock
Dilansir laman Kemdikbud, lambang OSIS diciptakan oleh Idik Sulaiman Nataatmadja yang saat itu menjabat sebagai Direktur Pembinaan dan Kesiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, pada periode 24 November 1979-15 November 1983.
Idik merupakan lulusan dari Jurusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia menciptakan lambang untuk sekolah dasar (SD), SMP, dan SMA.
Berikut adalah makna di balik simbol-simbol di lambang OSIS.
1. Bunga Bintang
ADVERTISEMENT
Bunga bintang sudut lima melambangkan sebagai generasi muda yang memegang lima nilai luhur yaitu abdi, ajar, aktif, adab dan amal.
2. Buku Terbuka
Buku terbuka melambangkan usaha belajar keras dalam menuntut ilmu pengetahuan, agar dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan bangsa dan negara Indonesia.
3. Kunci Pas
Melambangkan kemauan bekerja keras untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan diri, agar terbebas dari ketergantungan pada orang lain.
4. Tangan Terbuka
Lambang tangan terbuka ini menggambarkan sikap untuk bersedia menolong sesama dan bertanggung jawab.
5. Biduk
Para siswa digambarkan sebagai perahu yang melaju lautan hidup menuju ke masa depan lebih baik, dan sejalan dengan cita-cita nasional
ADVERTISEMENT
6. Pelangi Merah Putih
Melambangkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan Pancasila dan NKRI. Warna merah putih dilambangkan sebagai hati suci yang berani membela kebenaran.
7. Padi dan Pita
Pada logo OSIS terdapat lambang padi yang berjumlah 17, pita sebanyak delapan buah, empat buah kapas, serta lima daun kapas. Jumlah tersebut mewakili tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.
Laporan: Afifa Inak