Entertainment
·
9 September 2020 7:16

Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak? (1814)
Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak? dok IMDb
Ada sederet komik Jepang alias manga yang bisa bertahan lama dengan cerita panjang, dan episode mencapai ratusan bahkan ribuan. Enggak jarang juga bikin pembaca bertanya-tanya, "Kapan tamatnya, sih?".
ADVERTISEMENT
Apa aja manga tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini, deh!

5 Manga dengan Cerita Panjang

Naruto

Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak? (1815)
Naruto dok IMDb
Manga yang ditulis Masashi Kishimoto ini telah dirilis sejak 1999. Kisahnya diawali oleh siluman rubah berekor sembilan yang menyerang Desa Konohagakure dan menyebabkan banyak penduduknya tewas.
Hokage ke-4 (Minato Namikaze) yang menjadi pemimpin desa saat itu mengorbankan hidupnya untuk menyegel siluman tersebut ke anaknya yang baru lahir, Naruto Uzumaki.
Peristiwa ini menyebabkan Naruto menjadi seorang yatim piatu dan dibenci penduduk desa karena siluman rubah ekor sembilan yang ada pada dirinya.
Meski sudah dilarang membicarakan soal siluman itu, anak-anak desa turut mewarisi kebencian orang tuanya kepada Naruto. Karena ingin diakui, ia bersumpah akan menjadi Hokage terbaik suatu saat nanti.
ADVERTISEMENT
Setelah 15 tahun, manga Naruto akhirnya tamat pada 10 November 2014. Jumlah volumenya meliputi tiga bagian yaitu bagian I (volume 1-27), bagian II (volume 28-48), dan bagian III (volume 49-72), dengan total 700 chapters.

Detective Conan

Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak? (1816)
Detective Conan dok IMDb
Detective Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Gosho Aoyama yang sudah tayang sejak 1994. Manga ini telah mencapai 100 volume dengan lebih dari 1.000 chapters. Wah, banyak banget, ya!
Sampai sekarang, manga ini juga masih berlanjut, lho. Belum diketahui kapan tamatnya.
Detective Conan mengisahkan Shinichi Kudo yang merupakan seorang detektif remaja. Dia gemar membantu polisi memecahkan sebuah kasus.
Namun, dia diserang dan diberikan minuman racun oleh orang misterius yang ternyata ingin membunuhnya. Racun ini menimbulkan efek samping yang membuat tubuh Shinichi mengecil seperti anak-anak berusia 7 tahun.
ADVERTISEMENT
Untuk menyembunyikan identitasnya, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa. Shinichi berusaha memulihkan dirinya agar kembali normal, sambil mengalahkan kelompok yang telah menyerangnya dan terus memecahkan kasus kriminal.

One Piece

Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak? (1817)
One Piece dok IMDb
Manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda ini sudah hadir sejak 1997 sebagai serial di majalah Weekly Shonen Jump. Hingga kini, One Piece sudah mencapai 96 volume dengan 976 chapters.
One Piece menceritakan petualangan seorang anak laki-laki bernama Monkey D. Luffy. Dia ingin mencari harta karun legendaris yang disebut One Piece dan menjadi raja bajak laut.
Namun, dia tidak sengaja memakan buah yang mengubah tubuhnya jadi elastis. Dalam petualangannya ini, Luffy juga menemukan beberapa kru kapal sebagai teman perjalanannya.
ADVERTISEMENT
Belum lama ini, Eiichiro Oda menyampaikan manga tersebut akan segera berakhir sekitar empat sampai lima tahun lagi. Kamu sudah siap, belum?

Hunter x Hunter

Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak? (1818)
Hunter x Hunter dok IMDb
Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi dan dimuat dalam majalah Weekly Shonen Jump sejak Maret 1998. Hingga kini, Hunter x Hunter telah dibuat sebanyak 36 volume dengan 380 chapters.
Ceritanya tentang seorang anak laki-laki bernama Gon Freecss, yang ditinggal ayahnya, Ging Freecss, sejak masih kecil. Ternyata, Ging merupakan seorang Hunter ternama di dunia.
Seorang Hunter punya kelebihan bisa menemukan spesies hewan langka, berburu harta karun, mengunjungi wilayah baru yang belum pernah dijamah, hingga memburu seseorang yang melanggar hukum.
Meski ditinggalkan sejak kecil, Gon memutuskan untuk mengikuti jejak sang ayah. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan banyak Hunter lain.
ADVERTISEMENT
Manga ini masih belum tamat sampai sekarang. Dikutip dari Looper, Yoshihiro Togashi sedang menderita sakit pinggang dan tak kunjung sembuh.
Hal ini membuat manga ciptaannya hiatus sampai kondisinya lebih baik.

Captain Tsubasa

Manga yang Ceritanya Panjang Banget, Masih Kamu Ikutin Enggak? (1819)
Captain Tsubasa dok IMDb
Captain Tsubasa ternyata sudah muncul sejak 1981, lho. Manga tentang sepak bola ini ditulis dan diilustrasikan oleh Yoichi Takahashi.
Captain Tsubasa mengisahkan seorang anak SD bernama Tsubasa Ozora yang baru saja pindah ke Nankatsu. Dia sangat menggemari sepak bola dan dan ingin menjadi pemain terbaik.
Makanya, Tsubasa langsung masuk ke klub sepak bola di sekolah barunya itu. Di sana, dia menghadapi klub lain yang menantangnya untuk mencetak gol. Jika berhasil, Tsubasa dan timnya baru diizinkan menggunakan lapangan untuk berlatih.
ADVERTISEMENT
Saat pertandingan hampir selesai, Tsubasa mencetak gol dan dari situlah petualangannya dimulai.
Manga ini diterbitkan dalam majalah Weekly Shonen Jump antara 1981 hingga 1997. Lalu, terbit sekuel berjudul Captain Tsubasa: World Youth (1994-1997).
Selain itu, ada sekuel lain yang diterbitkan di majalah Weekly Young Jump sejak 2001, yaitu Road to 2002 (2001-2004), Golden 23 (2005-2008), Kaigai Gekito Hen (2009-2012), dan Rising Sun (2014) yang diterbitkan di majalah Grand Jump.
Manga ini memiliki 37 volume dengan 114 chapters.
Laporan: Alexa Birgitta