Buzz
·
21 April 2021 15:24

Melihat 'Sneakers Setan' dan 'Jesus Shoes' dari MSCHF yang Tuai Kontroversi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Melihat 'Sneakers Setan' dan 'Jesus Shoes' dari MSCHF yang Tuai Kontroversi (96720)
'Sneakers Setan' dan 'Jesus Shoes' dari MSCHF dok Twitter @LilNasX dan MSCHF
MSCHF menjadi sorotan setelah merilis 'sneakers setan' yang menuai kontroversi.
ADVERTISEMENT
Tapi sebenarnya, ini bukan karya pertama dari perusahaan seni asal Amerika Serikat itu yang jadi bahan pembicaraan publik. Sebelumnya MSCHF pernah melepas 'Jesus shoes' yang juga kontroversial.
Coba intip tampilan kedua sneakers tersebut di bawah ini, yuk!

'Sneakers Setan'

Melihat 'Sneakers Setan' dan 'Jesus Shoes' dari MSCHF yang Tuai Kontroversi (96721)
'Sneakers Setan' dok Twitter @LilNasX
'Sneakers setan' yang berkolaborasi sama rapper Lil Nas X itu jadi sorotan dan menuai kontroversi, karena terdapat 66 cc tinta merah dengan kandungan darah manusia pada bagian sol.
Dilansir New York Times, ternyata darahnya diambil dari enam karyawan MSCHF.
"'Mengorbankan' jadi istilah kerennya aja. Sebenarnya, sih, dari tim MSCHF yang memberikan darahnya. Enggak banyak, kok," ungkap salah satu pendiri MSCHF, Daniel Greenberg.
Selain darah manusia, sepatunya dihiasi tulisan Alkitab surat Lukas 10:18 yang meriwayatkan kejadian diusirnya setan dari surga. Pada tali sepatu juga ada pentagram yang disematkan.
ADVERTISEMENT
'Sneakers setan' dirilis sebanyak 666 pasang dan telah terjual seharga USD 1.018 atau sekitar Rp 14 juta. Tapi ditarik dari pasaran usai Nike melayangkan gugatan karena menggunakan siluet Nike Air Max 97.

'Jesus Shoes'

Melihat 'Sneakers Setan' dan 'Jesus Shoes' dari MSCHF yang Tuai Kontroversi (96722)
'Sepatu Yesus' dari MSCHF dok MSCHF
Siluet Nike Air Max 97 juga pernah digunakan MSCHF saat merancang 'Jesus shoes' di 2019. Sepatu ini kontroversial karena dilengkapi dengan air suci dari Sungai Yordan yang sudah diberkati.
Mereka memodifikasinya dengan menambahkan ornamen salib emas, ayat Matthew 14:25 di sisi sepatu, tetesan warna merah yang melambangkan darah Yesus di bagian lidah sepatu, dan air suci di dalam solnya.
Greenberg mengatakan, ide untuk menambahkan air suci ke dalam sol sepatu karena pengin memberikan sensasi berjalan di atas air selayaknya Yesus.
ADVERTISEMENT
"Kami emang pengin membawa sepatu ini ke level selanjutnya. Kami sempat bertanya, 'gimana, sih, sepatu hasil kolaborasi sama Yesus?'. Sebagai orang Yahudi yang aku tahu dia bisa berjalan di atas air. Jadi kami masukkan air ke dalam sol," terangnya dilansir laman Independent.
Sepatu tersebut sempat bernilai USD 4 ribu atau Rp 56,5 juta. Kini harganya USD 1.700 atau sekitar Rp 24 juta di situs Stockx.