Millennials juga Mampu Kok Daftar Haji!

23 Desember 2019 19:01 WIB
comment
6
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Ilustrasi milenial di coffee shop. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi milenial di coffee shop. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Perkembangan teknologi serta sosial media ternyata menimbulkan dampak yang berbeda-beda, lho, buat setiap orang, terlebih bagi generasi milenial.
ADVERTISEMENT
Para milenial kini pun menjadi lebih up to date, gaya hidup yang dinamis dan tidak ingin tertinggal — ingin selalu kekinian — cenderung membuat pengeluaran jadi tidak terkontrol. Misalnya saja, trend hangout di coffee shop atau restoran kekinian bisa menghabiskan 50-100 ribu sehari.
Gaya hidup yang dinamis ini menjadikan milenial sulit mengatur pengeluarannya agar kantong bisa bertahan hingga akhir bulan, apalagi menabung untuk rencana yang lebih besar di masa depan, seperti beli rumah, beli mobil, menikah, termasuk untuk mendaftar haji.
Nah, berapa banyak sih milenial yang daftar haji selagi muda?
Data yang dikeluarkan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menunjukkan, jemaah haji Indonesia yang berusia di bawah 30 tahun masih sangat minim. Saat ini mayoritas jemaah haji Indonesia didominasi oleh mereka yang berusia 50-70 tahun. Jumlah jemaah haji pada rentang usia 51-60 tahun sebesar 77.384 jemaah, dan kelompok usia 61-70 tahun mencapai 46.915 jemaah.
ADVERTISEMENT
Data Kemenag selanjutnya menunjukan bahwa jumlah jemaah haji milenial yang merupakan kelahiran tahun 80an, dengan usia di bawah 30 tahun sebanyak 4.738 orang. Di samping karena masih minimnya pendaftar haji dari usia milenial, adanya batasan kuota keberangkatan haji juga membuat calon jemaah haji harus menunggu lama untuk bisa berangkat haji.
Melihat fenomena tersebut apakah perlu milenial mulai merencanakan haji sedini mungkin?
Ada dua alasan kenapa harus mempersiapkan dana untuk pergi haji sejak dini. Pertama, dengan rata-rata masa tunggu haji di Indonesia adalah sekitar 2020 tahun, maka jika mendaftar di usia 25 tahun, kamu baru akan berangkat haji di usia sekitar 45 tahun. Kedua, berhaji juga merupakan ibadah fisik, yang membutuhkan stamina saat menjalankannya. Untuk itu, berhaji di usia muda sangat dianjurkan agar ibadah bisa lebih optimal.
com-Ilustrasi berangkat haji. Foto: Shutterstock
Apakah ada solusi yang memudahkan milenial untuk bisa mulai merencanakan atau bahkan daftar diusia muda?
ADVERTISEMENT
Danamon Syariah menghadirkan tabungan yang memfasilitasi generasi milenial untuk mewujudkan niat mengunjungi Tanah Suci melalui Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan Tabungan Rencana Haji iB.
Kalau dana Rp 25 Juta sudah di tangan, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran Haji di cabang Danamon terdekat sesuai wilayah domisili KTP-mu. Setelah itu, kamu akan langsung mendapatkan porsi haji karena sistem Bank Danamon telah terkoneksi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama RI.
Namun, apabila kamu belum punya dana Rp 25 Juta, kamu bisa menabung dulu dengan Tabungan Rencana Haji iB yang memungkinkan kamu untuk bebas memilih nominal menabung dengan setoran rutin perbulannya mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 5 juta, bila dana telah mencapai Rp 25 juta kamu akan mendapat notifikasi otomatis dan bisa segera menggunakan dananya untuk daftar haji.
ADVERTISEMENT
Produk perencanaan haji dari Danamon Syariah ini akan memberikan kamu kemudahan dalam hal penyetoran rutin setiap bulannya, karena akan didebet secara otomatis dari rekening sumber ke Rekening Tabungan Rencana Haji iB. Untuk biaya administrasi perbulannya, tidak dibebankan sedikitpun. Selain itu, jika ada kegagalan biaya debit atau penutupan rekening sebelum jatuh tempo, tidak akan dikenakan biaya sedikit pun. Dan ada lagi manfaat tambahan berupa gratis.
Tambahan itu berupa pertanggungan asuransi Syariah sampai dengan Rp 200 juta. Selama kamu melakukan setoran rutin bulanan. Jika tabungan kamu sudah mencukupi untuk mendaftar haji, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Danamon.
Kehadiran tabungan haji dari Danamon Syariah ini tentu bisa kamu manfaatkan untuk mulai merencanakan haji tanpa mengesampingkan prioritas lainnya sehari-hari. Jadi tidak sulit bukan untuk merencanakan haji, bila sudah ada niat segera wujudkan sedini mungkin dengan menabung.
ADVERTISEMENT
Jadi, tunggu apa lagi, buat kamu yang sudah memiliki niat dan ingin untuk mulai mendaftar haji dari sekarang, segera kunjungi tautan berikut ini, ya.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Danamon Syariah.