Buzz
·
19 Agustus 2020 9:58

Misi CIOFF Indonesia Lestarikan Tarian Daerah sambil Jaga Perdamaian Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Misi CIOFF Indonesia Lestarikan Tarian Daerah sambil Jaga Perdamaian Dunia (50305)
Misi CIOFF Indonesia Lestarikan Tarian Daerah sambil Jaga Perdamaian Dunia dok kumparan
Banyaknya pulau di Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, membuat Tanah Air begitu kaya akan budaya, termasuk tarian daerah.
ADVERTISEMENT
Tapi, tarian-tarian itu bisa cepat punah kalau hanya dibiarkan. Nah, sebagai anak muda udah tugasnya, nih, buat ikut membantu melestarikan tarian Indonesia.
Salah satu caranya bisa dengan bergabung ke komunitas atau organisasi tari, seperti International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (CIOFF).

Apa itu CIOFF Indonesia?

Misi CIOFF Indonesia Lestarikan Tarian Daerah sambil Jaga Perdamaian Dunia (50306)
Misi CIOFF Indonesia Lestarikan Tarian Daerah sambil Jaga Perdamaian Dunia dok kumparan
CIOFF merupakan organisasi internasional nonprofit yang berdiri di Prancis pada 1970 dan berjalan berdampingan dengan UNESCO, untuk menjaga perdamaian dunia lewat budaya.
CIOFF baru masuk Indonesia pada 2003 dan memiliki tiga kegiatan utama. Mulai dari mengirim tim dari sekolah maupun universitas untuk ikut festival CIOFF dunia, berlatih seni tari dari Sumatra sampai Papua, sampai menggelar acara di sejumlah kota-kota besar di Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Kami juga membuat workshop secara offline, tapi sekarang online, buat mengajak anak muda menyalurkan hobinya dan jadi bagian dari CIOFF Indonesia," kata Almira Islamey selaku Head of Marketing CIOFF Indonesia.
Video
Nah, teman-teman dari CIOFF juga menunjukkan kebolehannya menari Ratoh Jaroe di live streaming Karnaval Kemerdekaan kumparan.
Project Director CIOFF, Diza Nasution, menjelaskan ada makna luar biasa di balik tarian asal Aceh ini.
"Maknanya untuk membangkitkan semangat perempuan Aceh yang tangguh, pantang menyerah, berani, dan kuat. Energi itu diinterpretasikan ke gerakan tangan dan badan secara kompak," ujarnya.