kumparan
search-gray
Entertainment7 April 2018 17:07

Okayama, ‘Surganya’ Para Pecinta Denim Dunia

Konten Redaksi kumparan
Okayama, ‘Surganya’ Para Pecinta Denim Dunia (1053959)
Ilustrasi Jeans (Foto: Thinkstock)
Selain sneaker, jeans jadi salah satu fashion item wajib untuk membuat kita tetap tampil stylish. Sebab, jeans bisa dipadukan dengan beragam item untuk beberapa gaya dan keperluan.
ADVERTISEMENT
Nah, berbicara tentang jeans, banyak orang beranggapan bahwa produk bikinan Amerika Serikat adalah jeans dengan kualitas terbaik. Padahal, Amerika Serikat kenyataannya enggak begitu. Di satu daerah di Jepang, tepatnya di distrik Okayama, terdapat ‘surga’ bagi para pecinta denim.
Dikutip dari Heddels, kamu bisa melihat puluhan pengrajin tenun Jepang yang berjajar di sepanjang jalan di Okayama. Rupanya, kebudayaan ini sudah berlangsung cukup lama, yakni sejak tahun 1970-an. Wajar, sebab, bagi warga Okayama sendiri, menciptakan jeans berbahan denim adalah seni, sedangkan menenun denim jadi keahlian yang dihargai.
Selain melihat jajaran pengrajin tenun, di daerah tersebut kamu juga bisa melihat beberapa perusahaan besar jeans yang menjadi tulang punggung tenun denim. Mereka adalah Big John, Bobson, serta Betty Smith. Merek-merek jeans yang berpusat di Okayama itu menyediakan jeans denim dengan produk massal.
ADVERTISEMENT
Meski memiliki tiga perusahaan jeans besar, kiprah Okayama sebagai daerah penghasil jeans bukan apa-apa tanpa kehadiran Osaka 5. Buat kamu yang belum tahu, Osaka 5 adalah lima orang pemilik perusahaan jeans terbesar di Jepang yang memiliki hubungan khusus dengan pengrajin jeans Okayama. Kelima orang itu adalah Mikiharu Tsujita (Full Count), Hidehiko Yamane (Evisu), Shigeharu Tagaki (Studio D’Artisan), Yoshiyuki Hayashi (Denime), dan Shiotani Bersaudara (Warehouse).
Mereka ini memesan khusus jeans edisi terbatas ke pengrajin denim di Okayama yang nantinya akan dipasarkan ke seluruh dunia. Mereka memang mempercayakan kebutuhan produk eklsusif ke pengrajin denim di Okayama karena rekam jejak para pengrajin yang telah diakui. Melalui strategi pemasaran itu, nama Okayama Denim semakin dikenal dunia terutama setelah tahun 1990.
ADVERTISEMENT
Sekarang, Okayama ramai sekali dikunjungi para wisatawan. Pemerintah Kojima bahkan menetapkan Okayama sebagai daerah wisata bertema jeans. Di sana kamu bisa dimanjakan dengan suasana yang serba biru ala denim, bahkan kamu juga bisa menemukan es krim rasa blueberry dengan warna krim yang sangat mirip dengan denim.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white