Perjalanan VTuber Zen Gunawan: Kini Punya Lebih dari 198 Ribu Subscribers

23 Maret 2023 14:35
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Vtuber Zen Gunawan. Foto: MAHA PANCA
zoom-in-whitePerbesar
Vtuber Zen Gunawan. Foto: MAHA PANCA
Fenomena VTuber di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Bagaimana tidak, banyak VTuber-VTuber baru yang muncul dengan karakter dan latar belakang karakter yang bervariasi.
Awalnya, VTuber itu muncul di Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, hal tersebut masuk ke Indonesia. Ini disebabkan, banyak orang Indonesia yang menyukai budaya Jepang. Apalagi yang berbau anime dan manga.
Dari sekian banyak VTuber Indonesia, kumparan berkesempatan berbincang dengan Zen Gunawan dari Maha5. Zen Gunawan sendiri memiliki konten yang bervariasi, mulai dari main game hingga bernyanyi.
Jadi penasaran, bagaimana ya perjalanan Zen Gunawan hingga sampai bisa menjadi VTuber yang saat ini memiliki lebih dari 198 ribu subscribers di YouTube-nya.

Bagaimana Awalnya Seorang Zen Gunawan Bisa Jadi VTuber?

Saat memutuskan jadi VTuber, awalnya Zen memiliki kesukaan terhadap VTuber dari Jepang bernama Keryukoko. Keinginan mendapatkan uang dari streaming dengan bermain game. Namun, seiring berjalannya waktu VTuber masuk ke Indonesia dan menarik perhatian dari Zen Gunawan.
"Saya penasaran, gimana sih caranya jadi anime? Pengin nih jadi anime. Karena dengan seperti itu kita bisa menutupi "asset" yang kita punya. Kalau jadi VTuber kan tinggal kamu harus ngerti aja bagaimana cara menggambarkannya dan menghibur para penonton," kata Zen Gunawan saat diwawancara kumparan beberapa waktu lalu.
Lalu, temannya memperkenalkan tentang VTuber. Dan melihat mahapanca sedang membuka audisi. Hal tersebut membuatnya penasaran dan melihat klip-klip yang ada di YouTuber.
Akhirnya, Zen Gunawan tergabung dalam agensi mahapanca (maha5). Tentu saja untuk masuk ke agensi tersebut tidaklah mudah dan butuh perjalanan panjang.
"Saya ikut audisi dari awal. Dan untuk karakter Zen sendiri bisa dibilang konsep utamanya dari saya sendiri gitu," ujar Zen Gunawan.

Kenapa Memilih Nama Zen Gunawan?

Jadi pada saat pembuatan karakter itu sendiri, mulai dibahas untuk suara seperti apa, karakternya, hingga kelakuannya akan seperti apa. Begitu pun dengan nama. Dari sekian banyak nama yang bisa dipilih, akhirnya Zen Gunawanlah yang dipilih untuk menjadi namanya.
"Jujur, ceritanya enggak terlalu mendalam dan sedikit lucu ya. Awalnya yang bikin proses nama itu kan saya kasih nama apa, kayak Bayu, Agus, Suparman, apa lah," ungkap Zen Gunawan.
"Jadi dari teman-teman mahapanca, zen tolong namanya itu ada nama Indonesia-nya ya, yang relevan dan kalau orang denger tuh oh zen. Awalnya Zen itu namanya kedamaian. Nama tengah atau belakangnya Gunawan, itu sebenarnya banyak nama yang Indo banget," tambahnya.
Saat ditanya apakah nama tersebut memiliki arti tertentu, Zen pun menjelaskan, sebenarnya jika diperhatikan nama tersebut memiliki arti.
"Zen itu kedamaian dan Gunawan itu orang yang berguna," ujar Zen.
Vtuber Zen Gunawan. Foto: MAHA PANCA
zoom-in-whitePerbesar
Vtuber Zen Gunawan. Foto: MAHA PANCA

Apa Kesulitan yang Dialami selama Jadi VTuber?

Setiap yang dilakukan pasti ada kesulitan yang dialami. Termasuk Zen Gunawan selama menjadi VTuber. Ada beberapa kesulitan yang dialaminya.
Kesulitan utamanya adalah Zen tidak bisa menggerakkan tangannya. Bukan hanya itu, ia tidak bisa memperlihatkan ekspresinya secara keseluruhan.
"Kesulitan utama saya enggak bisa menggerakkan tangan. Jadi yang ke bawah aja gitu. Selain itu, detail ekspresi in general juga enggak bisa dilihatin. Misalnya ketakutan, hanya segini aja. Kalau marah ya gini aja," ujar Zen Gunawan.
Yang terakhir itu persaingan. Sebab, semakin hari semakin banyak VTuber yang bermunculan.

Tips untuk VTuber Pemula

Melihat hype VTuber cukup besar di Indonesia, tentu saja banyak yang ingin menjadi VTuber. Zen Gunawan pun memberikan sedikit tips untuk para VTuber pemula.
"Untuk teman-teman yang ingin jadi VTuber, kalian harus menentukan VTuber sebagai hobi atau cari duit. Kalau sekadar hobi silakan bebas. Gausah diambil pusing. Lakukan aja," ujar Zen.
"Tapi kalo ingin cari duit, semangat. Karena dunia entertainment itu dunia yang sangat keras untuk mencari uang. Kecuali kalian hoki, asetnya bagus banget. Itu bisa," tambahnya.