Buzz
·
3 Juli 2021 17:55
·
waktu baca 3 menit

Pertama Kali Ngekos? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pertama Kali Ngekos? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan (787357)
searchPerbesar
Tips hemat atur keuangan untuk anak kos. Foto: Shutterstock
Saat memutuskan menempuh pendidikan atau pekerjaan di luar kota, sebagian besar orang akan memilih indekos atau menyewa hunian. Kesempatan ini bisa dibilang menyenangkan, karena kita bisa melakukan berbagai kegiatan termasuk me time saat butuh ketenangan.
Meski terasa lebih bebas, tinggal sendiri juga banyak tantangannya, lho. Kebutuhan yang biasanya disiapkan orang tua harus dilakukan sendiri. Selain itu, kita juga harus pintar mengelola keuangan.
Sebab euforia kebebasan saat pertama kali ngekos tak jarang membuat orang kalap, termasuk saat belanja. Bila tidak cermat, bisa-bisa uang bulanan sudah habis di pertengahan.
Apa kamu juga baru pertama kali ngekos dan masih kewalahan mengelola uang sendiri? Kira-kira, apa yang bisa kita lakukan agar pemasukan tetap terjaga selama sebulan?

1. Selalu pisahkan pemasukan di awal

Pertama Kali Ngekos? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan (787358)
searchPerbesar
Pisahkan uang bulanan untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Foto: Shutterstock
Pernahkah kamu bingung saat mengetahui uang pribadi tiba-tiba berkurang banyak tapi tidak tahu digunakan untuk apa saja? Hal ini kerap terjadi karena tidak ada pengelolaan yang benar. Sehingga, seluruh uang bulanan dibiarkan saja tanpa dipisah-pisah kembali.
Padahal memisahkan uang di awal bulan bisa menjadi cara untuk mencegah kehabisan uang di tengah jalan. Kamu bisa memulainya dengan memisahkan pemasukan ke dalam beberapa kategori yaitu; uang kost, belanja bulanan, tabungan, dana darurat, dan anggaran untuk self reward.
Ya, kamu bisa tetap melakukan self reward untuk memacu semangat, kok. Asal jangan sampai mengganggu anggaran yang lain.

2. Utamakan beli kebutuhan pokok

Pertama Kali Ngekos? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan (787359)
searchPerbesar
Utamakan belanja kebutuhan pokok saat ngekos. Foto: Shutterstock
Saat awal ngekos, hasrat untuk menghias kamar secantik dan se-estetik mungkin seringkali tidak dapat dibendung. Namun, keinginan ini bisa membuat kita boros karena harus membeli berbagai perabot yang harganya menguras kantong. Sebaiknya tahan dulu dan utamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok yang pasti terpakai sehari-hari.
Bahan makanan, perlengkapan mandi dan cuci, serta barang-barang untuk membersihkan kamar harus berada di list belanjaan kamu. Bila ada sisa uang, kamu bisa mengalokasikannya ke dalam anggaran lain sesuai kebutuhan.

3. Masak sendiri

Pertama Kali Ngekos? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan (787360)
searchPerbesar
Lakukan metode meal preparation untuk menyiapkan bahan makanan yang lebih praktis. Foto: Shutterstock
Memasak sendiri tak hanya bisa menghemat pengeluaran, tapi juga kegiatan menyenangkan yang dapat mengasah kemampuan kita di dapur. Bukan hanya itu, kita juga lebih leluasa menentukan menu serta bahan-bahan yang akan digunakan.
Agar makin praktis, terapkan meal preparation atau metode menyiapkan menu makanan untuk beberapa hari. Jadi setelah berbelanja, langsung bersihkan bahan makanan, potong-potong, lalu pisahkan sesuai jenisnya ke dalam wadah plastik. Jadi saat dibutuhkan, kamu bisa langsung mengeluarkannya dari kulkas dan memasaknya.

4. Kumpulkan uang receh

Pertama Kali Ngekos? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan (787361)
searchPerbesar
Uang receh bisa menjadi penolong saat uang bulanan mulai menipis. Foto: Shutterstock
Jangan remehkan recehan yang kamu dapatkan dari kembalian belanja. Uang receh tercecer itu mungkin saja akan membantumu saat uang mulai menipis jelang akhir bulan.
Siapkan wadah khusus untuk menyimpan uang receh agar tidak tercecer dan memudahkanmu mencarinya saat dibutuhkan. Bila jumlahnya dirasa sudah banyak, kamu juga bisa menukarkan uang receh tersebut dengan uang pecahan kertas di bank atau minimarket terdekat, lho.

5. Rajin cari promo di marketplace

Belanja online enggak selalu bikin kita boros. Malahan, lebih banyak promo menarik di momen-momen tertentu sehingga aktivitas belanja jadi lebih hemat. Mulai dari potongan harga spesial, cashback, promo flash sale, hingga gratis ongkos kirim (ongkir).
Seperti di Lazada, marketplace nomor satu di Asia Tenggara yang saat ini tengah menyelenggarakan Lazada 7.7 Mid Year Sale mulai 1-9 Juli 2021. Di momen promo ini, kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik untuk setiap kebutuhanmu, mulai dari kebutuhan sehari-hari, fashion paling hype, hingga dekorasi kamar!
Pertama Kali Ngekos? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan (787362)
searchPerbesar
Lazada 7.7 Mid Year Sale dengan berbagai promo hype mulai 1-9 Juli 2021. Foto: kumparan
Ada Diskon Hype hingga 77 persen, bonus dadakan sampai dengan Rp 500 ribu yang bisa kamu kumpulkan selama periode promo berlangsung dan bisa langsung digunakan di tanggal 7-9 Juli nanti. Bahkan bisa digabung dengan promo lainnya, lho!
Belum selesai sampai di situ, Lazada juga bakal bagi-bagi voucher diskon hingga 50 persen setiap pukul 07.00 dan 19.00 WIB. Kamu bisa berburu barang impian dengan harga super murah lewat flash sale serba Rp 7 ribu dan Rp 77 ribu saja!
Selain itu juga Brand Mega Offer hingga 99 persen untuk barang-barang branded incaran. Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan, promo gratis ongkir ke seluruh Indonesia yang dijamin bikin kamu semakin hemat.
Yuk, buka website atau aplikasi Lazada di handphone kamu dan add to cart barang incaran agar bisa dapatkan beragam promo menariknya selama event Lazada 7.7 Mid Year Sale!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada