kumparan
Entertainment10 Januari 2018 13:02

Pihak Radiohead Bantah Telah Ajukan Gugatan Terhadap Lana Del Rey

Konten Redaksi kumparan
Radiohead
Radiohead (Foto: Reuters)
Kasus dugaan plagiarisme yang dituduhkan salah satu band legendaris asal Inggris, Radiohead, pada Lana Del Rey nampaknya belum menemukan titik temu.
ADVERTISEMENT
Meski sebelumnya Lana sudah membuat pernyataan kalau dirinya sudah mendapat gugatan resmi dari pihak Radiohead, namun, pihak publisher dari Radiohead, Warner/Chappell, membantah bila band tersebut sudah mengajukan hal itu.
Melalui pernyataannya yang dikirim ke Pitchfork, juru bicara dari Warner/Chappell menolak keberadaan gugatan tersebut dengan mengatakan bahwa tidak ada tuntutan yang telah dilayangkan, dan Radiohead belum pernah mengatakan “hanya akan menerima 100 persen”.
“Sebagai publisher musik Radiohead, dapat dibenarkan bahwa kita telah berdiskusi sejak Agustus tahun lalu dengan beberapa perwakilan dari Lana Del Rey. Jelas bahwa beberapa bait lagu 'Get Free' menggunakan elemen-elemen musik yang ditemukan pada beberapa bait 'Creep' dan kita telah meminta hal ini untuk diakui untuk kepentingan seluruh penulis lagu 'Creep'. Untuk meluruskan hal ini, tidak ada gugatan yang telah diajukan dan Radiohead belum mengatakan mereka 'hanya akan menerima 100 persen' dari penerbitan 'Get Free'," tulisnya.
ADVERTISEMENT
Meskipun demikian, Lana sebelumnya juga terkesan menolak bila lagu yang terdapat pada album bertajuk “Lust for Life” itu disebut terinspirasi dari hits milik Thom Yorke dan kawan-kawan.
Ia juga mengatakan lewat sebuah cuitan kalau dirinya sudah menerima gugatan dari pihak Radiohead, dan mereka hanya akan menerima 100 persen keuntungan dari publikasi lagu berdurasi 5 menit 34 detik tersebut.
Melalui tweetnya tersebut, Lana bahkan sempat mengatakan kalau pengacara dari pihak Radiohead cukup keras, membuat dia akan membawa masalah ini ke meja hijau.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan