Buzz
·
19 Oktober 2020 15:34

Rhoma Irama Akan Duet sama Dipha Barus di Synchronize Fest 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rhoma Irama Akan Duet sama Dipha Barus di Synchronize Fest 2020 (187271)
Synchronize Fest 2020 dok Instagram @synchronizefest
Synchronize Fest 2020 akan disiarkan untuk pertama kalinya melalui televisi di saluran SCTV pada 14 November mendatang. Festival musik ini akan menghadirkan 29 musisi Tanah Air dari lintasgenre dan lintasgenerasi.
ADVERTISEMENT
Meski tidak bisa diadakan secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya, Synchronize Fest 2020 tetap akan menghadirkan kejutan dan kolaborasi seru dari para lineup.
Di antaranya adalah Rhoma Irama yang untuk pertama kalinya akan duet dengan DJ Dipha Barus, tanpa tampil bersama Soneta.
"Rhoma Irama dengan Dipha udah ada proses dari awal 2020. Ada ketertarikan satu sama lain. Akhirnya saya mediasi untuk bikin kolaborasi," kata Direktur Synchronize Fest, David Karto, di konferensi pers virtual, Senin (19/10).
"Pak Haji (Rhoma Irama) jawabnya lumayan lama. Karena ini tantangan buat dia juga," tambah Kiki Ucup selaku Program Director Synchronize Fest, di kesempatan yang sama.
Rhoma Irama Akan Duet sama Dipha Barus di Synchronize Fest 2020 (187272)
Penampilan Rhoma Irama dan Soneta di Synchronize Fest 2018, Sabtu (6/10/2018). Foto: Hesti Widianingtyas/kumparan
Ada juga Kangen Band yang akhirnya akan reuni di panggung Synchronize Fest 2020. Menurut Ucup, reuni ini menjadi yang paling ditunggu-tunggu se-Indonesia karena band yang digawangi Andika dan Dodhy ini menjadi pintu masuknya musik melayu ke Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Selain Rhoma Irama dan Kangen Band, Iwan Fals juga bakal bernyanyi bersama Syarikat Idola Remaja, serta berkolaborasi dengan Iga Massardi dan Andra Ramadhan.
"Kami coba hadirkan pengalaman tiga hari ke tiga jam. Harapannya orang sudah merasakan Synchronize Fest off air, bisa dinikmati bersama-sama dan diselebrasikan," ujar Ucup.
Tidak hanya di main show, dalam pre show Synchronize Fest yang diadakan secara online melalui Vidio, juga bakal menampilkan kejutan dari Ipang Lazuardi, Reza Chandika, Rendha Rais, Pamungkas, Danilla Riyadi, dan Kunto Aji.
Pre show tersebut mengangkat tema soundtrack film-film dari era 2000-an sampai sekarang. Salah satunya yaitu duet Reza dan Rendha yang akan membawakan lagu Jagoan dari Petualangan Sherina, serta Ada Apa Dengan Cinta yang pernah dibawakan Melly Goeslaw dan Eric.
ADVERTISEMENT
Ada pula Pamungkas yang bakal meng-cover Sementara dari Float yang jadi soundtrack film 3 Hari untuk Selamanya.
Dengan durasi tayang dari pukul 21.45-01.00 WIB, Ucup menyebut tiap penampil hanya akan membawakan satu sampai dua lagu. Ia juga menegaskan enggak bakal ada gimmick ala acara televisi yang menjadi salah satu respons warganet.

Membawa Pertunjukan Musik ke Televisi

Rhoma Irama Akan Duet sama Dipha Barus di Synchronize Fest 2020 (187273)
Synchronize Fest 2020 dok Instagram @synchronizefest
Keputusan untuk membawa Synchronize Fest 2020 ke televisi salah satu alasannya karena ingin tetap bisa dinikmati semua kalangan, tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun.
David Karto juga menjelaskan bahwa sebelum beralih ke televisi, timnya telah mengusahakan untuk tetap menggelar di Gambir Expo Kemayoran dan Stadion Gelora Bung Karno Senayan.
Tapi karena masih sulit untuk menerapkan protokol kesehatan, maka akhirnya diputuskan untuk membawanya ke layar kaca.
ADVERTISEMENT
"Sebetulnya ide dasarnya untuk tetap jaga sustainable industri musik. Bagaimana pengin memberikan hiburan yang luas buat orang banyak," ucapnya.
Dengan disiarkan di SCTV, David Suwarto selaku Direktur Surya Citra Media menyebut dapat menjangkau 180 juta potensial pemirsa di seluruh Indonesia.