Buzz
·
8 April 2021 11:43

Riset: Orang Sarkastik Terbukti Lebih Cerdas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Riset: Orang Sarkastik Terbukti Lebih Cerdas (91475)
searchPerbesar
Ilustrasi Photo by Gabby K from Pexels
Menurut sebuah riset yang dilansir Your Tango, kecerdasan enggak cuma terlihat dari kemampuan menyelesaikan soal matematika atau rajin membaca buku. Tapi juga dari sikap sarkastik.
ADVERTISEMENT
Yap, penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Bar Ilan University dan Technion-Israel Institute of Technology melaporkan, orang sarkastik terbukti lebih cerdas dan kreatif.
Hasil ini didapat dari melakukan tiga rangkaian studi yang menganalisis dampak dari rasa marah dan sarkastik terhadap otak manusia.
Para responden dibagi ke dalam beberapa grup dan diminta mendengarkan rekaman suara dengan nada marah atau sarkastik.
Ternyata responden yang mendengarkan nada suara marah lebih bisa menyelesaikan masalah analitik, namun kurang mampu menyelesaikan masalah kreatif dibandingkan mereka yang mendengarkan rekaman dengan nada suara sarkastik.
Riset ini diunggah dalam Journal of Applied Psychology berjudul Others’ Anger Makes People Work Harder Not Smarter: The Effect of Observing Anger and Sarcasm on Creative and Analytic Thinking.
ADVERTISEMENT

Alasan Orang Sarkastik Lebih Cerdas

Selain itu menurut riset dari Harvard dan Columbia University yang dilansir Lifehack, ada alasan lain orang sarkastik lebih cerdas.
Pertama, mereka dapat berpikir lebih keras. Bagaimana pun sarkasme harus dipikirkan secara lebih matang. Orang sarkastik harus melatih otaknya untuk memberikan suatu tanggapan yang humoris tanpa terlihat jelas maksud sebenarnya.
Lebih lanjut, orang sarkastik pikirannya lebih terbuka. Sarkasme memungkinkan pikiran seseorang untuk terbuka lebih lebar dan berpikir out of the box. Sesuai dengan penemuan ilmuwan bahwa orang sarkastik tiga kali lebih kreatif dibandingkan lainnya.
Laporan: Afifa Inak