Untitled Image

Sinergi Ultra Mikro Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

21 September 2021 11:02
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Proses pembentukan Holding Ultra Mikro yang digawangi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) PNM memasuki babak akhir. Pemerintah resmi mengalihkan saham Seri A yang ada di Pegadaian dan PNM ke BRI.
ADVERTISEMENT
Pengintegrasian tersebut diharapkan dapat mempercepat upaya pemulihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan usaha ultra mikro di Indonesia yang terkena dampak pandemi. Mengingat, sektor ini merupakan penopang ekonomi nasional.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga 2020 lalu proporsi pembiayaan UMKM terhadap total kredit perbankan baru mencapai 19,97 persen. Padahal pelaku usaha di Indonesia 99 persen adalah segmen UMKM. Sementara penyerapan tenaga kerja dari sektor ini mencapai 97 persen dan memberi kontribusi terhadap PDB sebesar 60 persen.
Kehadiran holding akan memudahkan para pelaku usaha memperoleh akses permodalan serta menumbuh kembangkan populasi pengusaha nasional.

Mau tahu lebih lanjut soal Sinergi Ultra Mikro?

Langsung saja simak talkshow Sinergi Ultra Mikro Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Festival UMKM kumparan, pada 26 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Talkshow ini akan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama BRI Sunarso.
Jangan khawatir, untuk mengikuti talkshow ini tidak dipungut biaya alias gratis! Langsung daftarkan dirimu di kum.pr/tiketumkm. See you, gaes!
Festival UMKM kumparan dok kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Festival UMKM kumparan dok kumparan
Dapatkan inspirasi dan ilmu seputar usaha dari sejumlah sosok pengusaha milenial inspiratif hingga tokoh publik. Didukung pemerintah, Festival UMKM online pertama dan terbesar di Indonesia kembali digelar pada 26-28 Oktober 2021. Klik di bawah.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten