Buzz
·
1 April 2021 16:06

Sneakers dengan Darah Manusia Milik Lil Nas X Stop Diproduksi Usai Digugat Nike

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sneakers dengan Darah Manusia Milik Lil Nas X Stop Diproduksi Usai Digugat Nike (130636)
'Sneakers Setan' dok Twitter @LilNasX
Sneakers dengan kandungan darah manusia yang dijuluki 'sneakers setan' atau 'satan shoe' milik rapper Lil Nas X, kemungkinan enggak akan diproduksi lagi dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Sebab, gugatan Nike agar produksi 'sneakers setan' dihentikan mendapat persetujuan dari pengadilan.
Dilansir Aceshowbiz, Distrik Timur New York telah mengeluarkan perintah penahanan sementara untuk melarang MSCHF--perusahaan seni yang bekerja sama dengan Lil Nas X dalam perilisan sepatu itu--memenuhi pesanan apa pun.
Dalam dokumen pengadilan juga disebutkan bahwa MSCHF enggak boleh menggunakan logo swish Nike atau merek apa pun yang serupa.
Sneakers dengan Darah Manusia Milik Lil Nas X Stop Diproduksi Usai Digugat Nike (130637)
'Sneakers Setan' dok Twitter @LilNasX
Sebelumnya, Nike melayangkan gugatan pelanggaran hak cipta terhadap MSCHF. Perusahaan itu juga telah menjelaskan enggak terlibat dengan produksi 'sneakers setan'.
"Kami tidak ada kaitan dengan Lil Nas X atau MSCHF. Nike tidak merancang, meluncurkan, atau mendukung," tegasnya, dilansir NBC.

Tanggapan Lil Nas X atas Dihentikannya Produksi 'Sneakers Setan'

Lil Nas X melalui laman Twitter @LilNasX memberikan tanggapan atas pengajuan dari Nike. Dia me-retweet berita tentang gugatan tersebut menggunakan video Squidward di kartun SpongeBob SquarePants, saat sedang membela diri di hadapan penghuni Bikini Bottom.
ADVERTISEMENT
"Aku hanya bercanda. Ayolah kalian tahu aku hanya bercanda," kata Squidward di video yang diunggah Lil Nas X.
Pelantun Old Town Road itu juga mengeluarkan meme Squidward tampak sedih saat meminta uang kembalian di jalan. Dia menambahkan unggahan itu dengan keterangan, "Diriku setelah gugatan Nike".

Sneakers yang Mengandung Darah Manusia

'Sneakers setan' itu dipoles dari Nike Air Max 97. Dilansir Page Six, terdapat 66 cc tinta merah dengan kandungan setetes darah manusia pada bagian sol.
Sepatunya juga dihiasi tulisan Alkitab surat Lukas 10:18 yang meriwayatkan kejadian diusirnya setan dari surga. Pada tali sepatu ada pentagram yang disematkan.
Bagian belakang salah satu sepatu bertuliskan 'MSCHF' dan yang lainnya bertuliskan 'Lil Nas X'. Idenya terinspirasi video klip terbaru musisi 21 tahun tersebut berjudul Montero (Call Me by Your Name).
ADVERTISEMENT
Beberapa media melaporkan sepatu yang diproduksi terbatas sejumlah 666 pasang itu, terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit sejak dirilis pada Senin (29/3) waktu setempat. Harganya yakni USD 1.018 atau sekitar Rp 14 juta per pasang.