Buzz
·
3 Januari 2020 10:28

Studi: Gaya Hidup Milenial Lebih Enggak Sehat daripada Baby Boomer

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Studi: Gaya Hidup Milenial Lebih Enggak Sehat daripada Baby Boomer (95490)
searchPerbesar
Ilustrasi milenial lebih enggak sehat daripada baby boomer. Foto: Shutter Stock
Milenial adalah generasi yang paling berpendidikan dan mendominasi lini kehidupan. Tapi ternyata, milenial juga menjadi generasi yang paling enggak sehat.
ADVERTISEMENT
Meski banyak milenial yang doyan yoga, minum jus, meditasi, dan semua tetek-bengek gaya hidup sehat, mereka ternyata tetap lebih enggak sehat dibandingkan generasi X atau baby boomer yang lahir pada 1965-1979.
Forbes melansir, tingkat kematian milenial meningkat sampai 40 persen. Tingkat depresi meningkat 31 persen, diikuti tingkat gangguan jiwa yang meningkat 15 persen. Data ini didapat dari riset Blue Cross Blue Shield, sebuah asuransi kesehatan di Amerika Serikat.
Secara keseluruhan, milenial cewek punya kondisi kesehatan yang lebih buruk dibandingkan cowok. Terutama yang menyangkut depresi, diabetes tipe 2, dan kondisi kelenjar endokrin.
Tapi tenang aja, ada tiga hal yang bisa kamu lakukan buat menjaga kesehatan. Simak baik-baik, ya!
  1. Kurangi waktu di depan layar gadget
Studi: Gaya Hidup Milenial Lebih Enggak Sehat daripada Baby Boomer (95491)
searchPerbesar
Ilustrasi milenial main Twitter. Foto: Pixabay
Bukan rahasia lagi kalau milenial selalu online. Tapi begitu, 30 persennya mengaku merasa kesepian, sedangkan 27 persen milenial mengatakan enggak punya teman. Menurut studi dari Universitas Negeri Pennsylvania, rasa kesepian ini enggak lain disebabkan oleh media sosial.
ADVERTISEMENT
Ingat, kesepian bisa berpengaruh kepada kesehatan mental, lho. Maka itu, cobalah untuk mengurangi intensitas di depan handphone atau komputer, dan lebih luangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu.
Enggak melulu harus ngobrol dengan sesama milenial, kok. Bertukar ide dan cerita sama orang tua, kakek, nenek, atau adik juga bisa menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan daripada scrolling Twitter gebetan.
  1. Check up ke dokter
Studi: Gaya Hidup Milenial Lebih Enggak Sehat daripada Baby Boomer (95492)
searchPerbesar
Ilustrasi milenial sedang berkonsultasi dengan dokter. Foto: Shutter Stock
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan cuek dan menunggu sampai sakit untuk menyadari seberapa pentingnya kesehatanmu.
Coba check up ke dokter secara rutin. Ketahui apa yang bermasalah dengan tubuhmu, dan apa yang harus segera kamu lakukan untuk mengobatinya.
  1. Jangan sayang mengeluarkan uang demi kesehatan
Studi: Gaya Hidup Milenial Lebih Enggak Sehat daripada Baby Boomer (95493)
searchPerbesar
Ilustrasi milenial mengelola uang Foto: Shutterstock
Mungkin mengonsumsi makanan dan minuman organik membuat pengeluaran membengkak. Tapi, enggak usah takut rugi menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli makanan sehat atau mendaftar di gym. Ingat, kesehatan adalah investasi paling penting. Yuk, jadi milenial yang lebih sehat!
ADVERTISEMENT