Buzz
·
11 Februari 2021 19:33

The Panturas Bicara Perkembangan Genre Surf Rock di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
The Panturas Bicara Perkembangan Genre Surf Rock di Indonesia (102814)
The Panturas dok JOOX
The Panturas jadi salah satu band Indonesia yang mengusung genre surf rock. Menurut sang gitaris, Rizal, sebenarnya aliran musik tersebut sudah lumayan banyak di Tanah Air.
ADVERTISEMENT
"Enggak sedikit juga yang bukan murni di surf rock saja. Jadi, memang ada banyak dan telah tersebar. Walau enggak lebih banyak dibandingkan genre lain, seperti pop rock," katanya dalam JOOX Kanal Komunal episode ke-8.
Dia menambahkan, semakin ke sini banyak surf rock revival yang enggak hanya instrumental tapi juga menggunakan vokal. The Panturas sendiri berusaha mengambil arah itu, makanya tetap memiliki lagu instrumental.
Acin sang vokalis menambahkan, surf rock cukup fleksibel sehingga bisa dicampurkan dengan genre lain.
“Banyak banget yang ternyata bisa dimasukkan ke dalam surf rock ini, mulai dari instrumen hingga nada-nada yang dipilih," ucapnya.

Eksplorasi Musik The Panturas

The Panturas Bicara Perkembangan Genre Surf Rock di Indonesia (102815)
The Panturas dok The Panturas
Selain membahas perkembangan surf rock di Indonesia, band pelantun Gurita Kota itu juga ngobrolin tentang eksplorasi musiknya.
ADVERTISEMENT
Drummer The Panturas Surya Fikri menyebut karya-karya rilisan tahun '60-an jadi salah satu inspirasi mereka.
“Ternyata di tahun '60-an dan '70-an Indonesia punya karya-karya keren yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Pas bikin single Balada Semburan Naga awalnya The Panturas enggak kepikiran untuk mencoba membelokkan musik ini agak chinese rock. Ternyata bisa juga. Nantinya, kami akan menggabungkan lagi berbagai macam musik,” terang dia.
Band yang telah melepas album debut Mabuk Laut di 2018 itu juga membicarakan tentang filosofi mereka dalam berkarya, sampai cara biar bisa selalu relevan sama perkembangan zaman.
Buat tahu keseruan selengkapnya bisa kamu saksikan di re-run JOOX Kanal Komunal episode ke-8 di sini.