Buzz
·
10 September 2021 13:34
·
waktu baca 2 menit

The Panturas Eksplorasi Surf Rock Tanpa Batasan di Ombak Banyu Asmara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
The Panturas Eksplorasi Surf Rock Tanpa Batasan di Ombak Banyu Asmara (803498)
searchPerbesar
The Panturas dok istimewa
The Panturas kembali dengan album ke-2 bertajuk Ombak Banyu Asmara yang diproduksi Lafa Pratomo.
ADVERTISEMENT
Masih mengusung surf rock sebagai ciri khasnya, di sini mereka lebih mengeksplorasi genre tersebut yang boleh jadi belum terlihat batasannya.
Yap, di Ombak Banyu Asmara, The Panturas menyertakan berbagai unsur berbeda yang ternyata serasi dengan musik surf rock.
Album dibuka oleh komposisi instrumentalia berjudul Area Lepas Pantai. Bassist Bagus ‘Gogon’ Patria menyebut ini menjadi transisi dari album pertama Mabuk Laut menuju 10 lagu baru di Ombak Banyu Asmara.
"Area Lepas Pantai (jadi) bridging. 'Kan, masih Mabuk Laut banget, tuh. Tapi ngasih unsur baru. Ini juga rangkuman dari lagu-lagu yang ada di album," katanya dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.
Unsur baru juga tersebar di lagu-lagu lainnya. Di Balada Semburan Naga yang berkolaborasi dengan Adipati The Kuda, The Panturas mencampurkan surf rock dengan unsur oriental, gambang kromong, dan humor cablak ala mendiang Benyamin Sueb.
ADVERTISEMENT
Bahkan unsur Sunda yang menjadi tempat asal mereka juga dihadirkan di lagu Menuju Palung Terdalam.
Komposisi album terasa pas dengan lagu pop surf rock All I Want yang diakui vokalis Abyan 'Acin' Zaki Nabilio terinspirasi dari Wanitaku (2019) milik Noah.
Enggak heran Ombak Banyu Asmara terdengar lebih eksploratif. Sebab diakui drummer Surya ‘Kuya’ Fikri Asshidiq, The Panturas telah merambah pengaruh musikal yang lebih lebar untuk menggarap album ini.
“Kami banyak mendengarkan referensi baru di luar wilayah surf music puritan, semisal Takeshi Terauchi atau Yanti Bersaudara. Ombak Banyu Asmara coba mendobrak kebiasaan yang sudah pernah Panturas lakukan sebelumnya. Kami enggak ingin tertebak," pungkasnya.

Daftar Lagu di Album Ombak Banyu Asmara - The Panturas

The Panturas Eksplorasi Surf Rock Tanpa Batasan di Ombak Banyu Asmara (803499)
searchPerbesar
The Panturas dok istimewa
ADVERTISEMENT
1. Area Lepas Pantai
2. Tipu Daya
3. Tafsir Mistik
4. Jim Labrador
5. Menuju Palung Terdalam
6. Balada Semburan Naga
7. All I Want
8. Intana
9. Masalembo
10. Ombak Banyu Asmara