News
·
6 Agustus 2020 18:56

Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82642)
Diecast photography dengan konsep tambal ban. Foto: Dok. Irfan Destian
Diecast atau mainan mobil kini tak hanya dimainkan oleh anak-anak, saat ini mainan berbahan metal menjadi koleksi atau bahkan investasi bagi beberapa orang dewasa. Selain dimainkan dan investasi diecast juga bisa jadi salah satu subjek foto yang instagramable.
ADVERTISEMENT
Ya, sederet merk diecast bisa kita lihat di toko mainan. Harganya pun bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan, tergantung merk, jenis mobil, detail mobil hingga kelangkaannya di pasaran.
Diecast juga bisa dijadikan bisnis sampingan. Jika kita beruntung mendapatkan diecast degan edisi terbatas harganya pun bisa menjadi beberapa kali lipat jika di jual kembali.
Sejumlah forum diskusi bagi diecaster (sebutan bagi pemain diecast) menjamur di media sosial. Mereka saling berbagi informasi dan melakukan jual beli antar diecaster.
Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82643)
Proses pemotretan diecast photography. Foto: Dok. Irfan Destian
Nah, selain dimainkan dan menjadi investasi, diecast juga bisa di modifikasi dan jadi subjek untuk difoto dan mempercantik akun instagram kalian seperti yang dilakukan Irfan Destian, salah satu diecaster dari Balikpapan.
Saat dihubungi kumparan Irfan sudah tidak ingat berapa nominal yang sudah dikeluarkan untuk diecast karena sudah sejak 2007 ia mulai mengoleksi diecast.
ADVERTISEMENT
Selain mengoleksi Irfan juga sering memodifikasi diecast koleksinya menjadi lebih keren pastinya. Tapi berkat keisengannya sekarang ia sudah bisa menghasilkan uang dari jasa custom diecast, Pelanggannya pun dari beberapa daerah.
Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82644)
Hasil diecast photography menggunakan konsep kopdar. Foto: Dok. Irfan Destian
"awalnya saya iseng hanya untuk diecast saya sendiri, tapi sekarang saya udah buka jasa custom, tapi baru sekadar repaint dan decal saja" kata Irfan.
Balik lagi ke diecast photography. Bagi Irfan memotret diecast ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yuk simak beberapa tips fotografi dari Irfan:

1. Kamera

Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82645)
Proses pemotretan diecast photography. Foto: Dok. Irfan Destian
Tentu kamera menjadi poin pertama untuk memotret diecast. Bisa menggunakan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) Mirorles atau bahkan kamera gadget.
Irfan biasanya menggunakan kamera kamera Fuji XT-10 dengan menggunakan lensa 50-230mm dan 35mm.
ADVERTISEMENT

2. Angle Foto

Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82646)
Hasil diecast photography milik Irfan Destian. Foto: Dok. Irfan Destian
Angle atau sudut pengambilan menjadi hal penting dalam memotret diecast. "kita harus tau dari sudut mana mobil itu terlihat bagus ketika di foto, nah tinggal kita menyesuaikan angle kamera aja" ujar Irfan

3. Pencahayaan

Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82647)
Beberapa lampu yang digunakan Irfan untuk memotret diecast photography. Foto: Dok. Irfan Destian
Pencahayaan juga tak kalah penting dalam memotret karena memotret diecast bisa dilakukan di luar rumah atau di dalam rumah.
Saat memotret di dalam rumah harus didukung dengan pencahayaan yang cukup juga, untuk mempertegas semua sudut yang ada di diecast. Saat memotret di dalam ruangan Irfan biasanya menggunakan beberapa lampu meja belajar.

4. Background Foto

Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82648)
Konsep diecast photography dengan diorama tambal ban. Foto: Dok. Irfan Destian
Background foto juga menjadi suatu hal yang harus diperhatikan saat memotret diecast. Hal tersebut menjadi penting karena background dapat menghidupkan suasana foto menjadi tampak hidup.
ADVERTISEMENT
Memotret diecast dapat menggunakan diorama yang bisa dibeli dari harga puluhan hingga ratusan ribu Rupiah. Kita bisa memilih desain diorama seperti keinginan kita saat memesan seperti konsep di jalanan, di bengkel atau di pedesaan sesuai dengan diecast yang akan difoto.
Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82649)
Diecast photography menggunakan diorama alam. Foto: Dok. Irfan Destian

5. Properti

Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82650)
Diecast photography menggunakan mini figure Dj Marshmello. Foto: Dok. Irfan Destian
Nah poin kelima ini juga tak kalah penting untuk menghidupkan hasil diecast fotografi. Properti dalam diecast fotografi biasanya menambahkan mini figure dan diecast itu sendiri pastinya.
Mini firure bisa disesuaikan dengan konsep foto dan diecast yag digunakan seperti polisi yang sedang melakukan razia atau kerumunan muda mudi saat kopdar bersama komunitasnya.
Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82651)
Diecast photography menggunakan minifigure polisi melakukan razia. Foto: Dok. Irfan Destian
Brand diecast yang dikoleksi Irfan ada beberapa macam, dari Hot Wheels, Matchbox, Tomica, Mini Gt, Inno, Tarmac, Kyoso, Burago.
ADVERTISEMENT
Sedangkan yang sering ia gunakan untuk diecast photography biasanya dari brand Tarmac, Inno, dan Mini Gt, karena menurut Irfan detailnya cukup oke. Selain itu skala nya juga pas.
Untuk harga koleksi per diecast biasanya ia beli dari harga Rp 100 ribu sampai jutaan Rupiah.

6. Editing

Tips Fotografi: Cara Mudah Memotret Diecast Instagramable (82652)
Diecast photography menggunakan diorama parkiran. Foto: Dok. Irfan Destian
Agar foto lebih menarik biasanya diecaster mengedit foto mereka sekadar menambahkan kontras atau bahkan efek untuk memperindah foto.
Dalam hal pengeditan Irfan biasa mengedit dengan aplikasi Lightroom atau aplikasi di gadget yang bisa di unduh secara gratis.
Gimana tertarik mengoleksi diecast dan memotret diecast? Berikut beberapa foto hasil diecast photography.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.