Tips Fotografi: Menghasilkan Foto Maksimal dengan Kamera Ponsel

21 Mei 2023 16:09
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Memotret dengan Kamera Ponsel. Foto: Russell Cheyne/REUTERS
ADVERTISEMENT
Penggemar fotografi pastinya mempunyai kamera idaman yang nantinya dapat dijadikan senjata untuk memotret. Sayangnya, kamera profesional yang paling low budget pun memiliki harga yang terbilang sangat fantastis sehingga kadang mengendurkan niat dan semangat para penggemar untuk merekam momen tersebut.
ADVERTISEMENT
Belajar dari hal tersebut, sebagai penggemar fotografi kita harus dapat memaksimalkan gawai yang kita punya, tiap individu pasti memiliki handphone yang terdapat fitur kamera di dalamnya. Memotret menggunakan kamera sangatlah berbeda pengalamannya tetapi menangkap momen menggunakan ponsel memiliki keunikan tersendiri.
Kini hanya dengan modal ponsel pintar tipe Android ataupun iPhone, kamu sudah bisa memulai hobi memotret, bahkan bisa saja hasilnya bisa mengalahkan atau menyerupai hasil dari kamera profesional. Kali ini, kumparan akan memberikan tips untuk memaksimalkan pengaturan kamera pada ponsel pintar agar dapat menghasilkan foto-foto yang ciamik.
Penggiat fotografi yang gemar memotret menggunakan kamera ponsel diwajibkan harus lebih kreatif dalam mengolah pengaturan kamera ponselnya jika ingin dibandingkan dengan kamera profesional. Meskipun banyak fitur yang terdapat pada kamera ponsel, masih banyak para pengguna belum dapat memaksimalkannya.
ADVERTISEMENT
Resolusi Kamera
Realme GT3 punya kamera utama Sony IMX890 beresolusi 50MP, dan ultrawide 8MP dan makro 2MP. Ada ring light yang berfungsi sebagai indikator, serta logo Snapdragon 8+ Gen 1 di bodi belakang. Foto: Realme
Era modern ini banyak membuat perusahaan ternama membuat ponsel dengan beragam fitur salah satunya ialah ponsel dengan resolusi kamera yang besar. Sebenarnya, foto bagus tidak melulu dihasilkan dari kamera dengan resolusi yang besar. Hal ini seharusnya dimengerti para orang awam atau penggiat fotografi pemula.
Hasil foto yang memuaskan atau tidak bisa ditentukan dari prosesor atau chipset kamera. Untuk itu, memahami fitur dari perangkat smartphone yang digunakan untuk memotret menjadi bagian yang penting.
Memahami Fitur Kamera di Ponsel
Ilustrasi pengaturan kamera pada ponsel. Foto: Shutter Stock
Terkadang seorang penggiat fotografi sering mengabaikan fitur-fitur yang ada pada kameranya. Kita tahu, kamera ponsel selalu menggunakan mode default dengan auto, itu memang membantu penggunanya dalam merekam gambar dengan mudah dan cepat.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut sangat disayangkan jika kita sudah memahami fitur-fitur yang terdapat pada mode manual yang ada di ponsel, kita bisa memanfaatkan permainan speed, memilih ISO, dan aperture sama seperti di pengaturan kamera profesional.
Update Referensi Visual
Ilustrasi perempuan membuka aplikasi Instagram. Foto: DenPhotos/Shutterstock
Kita sering kali jenuh dengan referensi visual yang disajikan lini masa sosial media kita. Algoritma aplikasi menentukan tren apa yang akan dibawa sekarang dan nantinya. Hal tersebut sangat merugikan kita sebagai penggemar fotografi karena dapat menumpulkan ketajaman kita akan keberagaman dan kemampuan kita dalam merangkai visual.
Selain Instagram, banyak juga website dan sosial media yang menampilkan karya-karya visual yang ciamik, sebut saja Pinterest, Medium, Flickr atau bahkan DevianArt.
Poles Foto Menggunakan Aplikasi Editing
Aplikasi Adobe Lightroom. Foto: Dok. Adobe
Jangan dibiasakan untuk tidak memoles foto yang telah kalian hasilkan. Terkadang kita membutuhkan kecanggihan dari aplikasi editing foto. Editing membantu memaksimalkan hasil foto supaya tampak lebih bagus. Mengubah tonal warna dan mengatur pencahayaan dapat mengubah foto yang kita hasilkan jauh lebih baik.
ADVERTISEMENT
Jelas, bukan? Sekarang kita tidak perlu malu ataupun sungkan untuk mengabadikan momen spesial kita, cukup menggunakan kamera ponsel dan menerapkan hal-hal di atas, kamu sudah bisa menghasilkan foto yang jauh lebih baik.