Tips Membuat Furniture Kayu Sendiri di Rumah

22 April 2022 17:16
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tips Membuat Furniture Kayu Sendiri di Rumah (15845)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi furniture kayu yang dibuat sendiri. Foto: Shutterstock
Saat baru memiliki rumah, anggaran untuk membeli furniture termasuk salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan. Sebab, perlengkapan rumah termasuk kebutuhan yang menguras biaya.
Apalagi jika furniture tersebut terbuat dari kayu. Biasanya, mebel jenis ini memiliki desain yang rumit untuk diukir. Tak heran, harganya akan semakin melambung karena para pengrajin membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya.
Sebenarnya, tidak masalah jika kamu memiliki anggaran besar hanya untuk furniture rumah. Namun, akan lebih baik bila kamu selektif sebelum membelinya. Misalnya, dengan membeli perlengkapan rumah yang memang ukurannya besar dan mendesak, misalnya tempat tidur atau lemari.
Nah, untuk furniture yang ukurannya lebih kecil, cobalah untuk membuatnya sendiri. Selain menghemat biaya, kamu juga bisa mencocokkan ukurannya dengan ruang yang tersedia agar rumahmu tidak terlihat penuh.
Tak perlu bingung, cukup dengan 4 tips berikut, kamu dapat memulai membuat furniture kayu di rumah.

Cara membuat furniture kayu sendiri

1. Pelajari berbagai sambungan kayu

Sebelum memulai membuat furniture, kenali beberapa komponen penyusunnya. Misal, kursi yang terdiri dari kaki, dudukan, dan sandaran. Setelah itu, pelajari teknik menyambung kayu. Salah satu yang paling sederhana adalah sambungan kayu purus.
Jenis sambungan ini memiliki prinsip kerjangan. Dengan membentuk lubang berbentuk persegi atau setengah lingkaran, komponen penyusun akan disambungkan sehingga membentuk sebuah furniture.
Tips Membuat Furniture Kayu Sendiri di Rumah (15846)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat furniture kayu sendiri. Foto: Shutterstock

2. Kenali berbagai jenis kayu

Kayu berkualitas baik tak selalu hadir dengan harga mahal. Ada beragam jenis kayu yang memiliki tampilan menarik dan mewah meski harganya terjangkau.
Kayu trembesi dan sungkai termasuk jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat perlengkapan rumah. Bila kayu trembesi memiliki keindahan pada seratnya yang panjang dan melengkung, kayu sungkai memiliki warna kayu sedikit kuning dengan serat yang cantik.

3. Eksplor penggunaan cat kayu

Proses finishing mebel biasanya menggunakan cat kayu untuk mempercantik tampilannya. Bila Anda hendak mengaplikasikan cat dengan kuas, pastikan kayu telah diamplas sehingga permukaannya bersih, rata, serta kering sehingga, hasil akhir furniture bisa maksimal.
Selama proses pengecatan, kamu bisa mencampur cat dengan pengencer kemudian diaduk hingga rata. Agar cat tidak mengalami pengendapan, jangan lupa untuk mengaduk campuran tersebut ya!
Tips Membuat Furniture Kayu Sendiri di Rumah (15847)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengaplikasikan cat kayu pada furniture. Foto: Shutterstock

4. Gunakan Avian Brands Wood Series

Tak hanya mengetahui cara penggunaan cat kayu, kamu juga perlu selektif dalam memilih cat yang dipakai. Sebab, bila asal memilihnya, warna furniture bisa memudar, jamuran, hingga dihinggapi rayap.
Salah satu cat kayu yang bisa meminimalisir permasalahan tersebut adalah Avian Brands Wood Series. Hadir dengan banyak pilihan warna, cat kayu ini dapat menjaga keindahan alami kayu pada furniture yang telah kamu buat. Berbahan dasar solvent, Wood Series dari Avian Brands ini mampu melindungi kayu dari serangan rayap, jamur, serta memberikan perlindungan terbaik terhadap cuaca.
Avian Brands Wood Series hadir dalam dua jenis cat kayu yang berbeda: BOYO dan WoodEco. BOYO terdiri dari Clear Coat NC Solvent Based, Sanding Sealer NC Solvent Based, Wood Filler Solvent Based, dan Wood Stain Solvent Based. Keempat varian ini memiliki kegunaan dan keunggulannya masing-masing.
Sementara itu, WoodEco terdiri dari Politur Eksterior P03, dan Politur Interior P01. Produk ini termasuk produk cat kayu yang siap pakai, sehingga tidak perlu ditambahkan pengencer. Kamu dapat menyesuaikan kedua cat kayu tersebut sesuai kebutuhan.
Nah, memahami bahwa furniture kayu sebenarnya dapat dibuat sendiri, Avian Brands juga telah mengadakan Workshop Avian Brands Wood Series bersama Brotherwood dan Substitute Makerspace dengan tema yang berbeda-beda. Workshop ini diadakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tips dan trik membuat furniture kayu dan bagaimana Avian Brands Wood Series dapat memaksimalkan tahap finishing melalui cat kayu.
Tips Membuat Furniture Kayu Sendiri di Rumah (15848)
zoom-in-whitePerbesar
Keseruan Workshop Avian Brands Wood Series bersama Brotherwood dan Substitute Makerspace. Foto: dok. Avian Brands
Salah satu peserta Workshop, Grace, mengatakan, ia menyukai warna-warna yang dihadirkan Avian Brands Wood Series. Sebab setelah diaplikasikan, warna natural dari wall storage buatannya kian terlihat.
“Saya suka dengan warna coating cat Avian Brands ini karena warna natural kayunya jadi semakin tampak,” ujarnya.
Itu artinya, kamu juga tidak perlu ragu lagi menggunakan Avian Brands Wood Series. Untuk informasi lengkap terkait produk ini, silakan kunjungi tautan berikut ya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Avian Brands
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020