kumparan
4 November 2019 16:48

Tips Mudah Merawat Tas dan Sepatu Bahan Kulit agar Awet

bahan kulit 3.jpeg
Ilustrasi dompet bahan kulit dok Aulania Silviananda
Tas dan sepatu berbahan kulit memerlukan cara perawatan berbeda supaya awet. Salah sedikit, bisa menurunkan kualitas dari barang berbahan kulit tersebut.
ADVERTISEMENT
Bahan kulit yang kamu miliki bisa aja berjamur, terlihat kusam, atau lapisan kulitnya mengelupas. Maka itu, biar tas dan sepatu bahan kulit tetap awet, ada tips mudah yang bisa diikuti. Simak baik-baik, ya!
  1. Gunakan lotion khusus untuk bahan kulit
bahan kulit 2.jpeg
Ilustrasi sepatu bahan kulit dok Aulania Silviananda
Menurut Fahmi dari brand lokal Kael Leather Goods, membersihkan tas dan sepatu berbahan kulit bisa dengan menggunakan lotion khusus, sikat lembut, atau cukup usapkan dengan tangan. Lakukan tips ini sekali dalam dua minggu secara rutin.
Fahmi menyebut, untuk tipe lotion yang bisa digunakan ada dua, yaitu lotion berwarna terang dan pekat.
"Kalau berwarna putih atau terang, khusus untuk barang berbahan kulit yang warnanya memang cerah, kayak cokelat muda atau cream. Sedangkan, lotion yang berwarna pekat atau gelap untuk produk kulit yang warna tua,” jelasnya saat ditemui kumparan dalam acara Custom Collaboration 2019, di Lippo Mall Kemang, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Fahmi menambahkan, pemakaian lotion yang salah akan berpengaruh kepada warna kulit sepatu, dan dapat membuat warnanya cenderung lebih pudar daripada aslinya.
  1. Hindari simpan di tempat yang lembab
bahan kulit 1.jpeg
Ilustrasi bahan kulit dok Aulania Silviananda
Kondisi udara yang lembab dapat menyebabkan bahan kulit menjadi berjamur. Fahmi punya tips, untuk memasukkan silica gel ke dalam kotak sepatu atau lemari tas bahan kulit, untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.
“Kalau malas untuk membersihkan pake lotion, setidaknya jangan taruh di sembarang tempat. Kayak (jangan simpan) berhari-hari di dalam lemari tanpa adanya silica gel,” terang dia.
Ia menambahkan, seenggaknya minimal sekali dalam dua minggu untuk menjemur tas dan sepatu bahan kulit di ruang terbuka.
“Biarkan bahan kulit itu dapat paparan sinar matahari, setelah dijemur masukkan kembali ke dalam kotak yang sudah ada silica gel-nya,” tambah Fahmi.
ADVERTISEMENT
  1. Jangan bersihkan bahan kulit dengan kain atau sikat bertekstur kasar
bahan kulit.jpeg
Ilustrasi dompet bahan kulit dok Aulania Silviananda
Benny dari brand lokal D'Russa menyarankan, sepatu atau tas bahan kulit yang mulai kotor, jangan digosok dengan kain atau sikat bertekstur kasar. Sebab, akan berpengaruh kepada kualitas bahan kulit.
“Bersihin bahan kulit sebenarnya cukup bersihkan pakai sapu tangan atau bahan lembut lain yang bisa menyerap air. Merawat produk kulit enggak susah, kok," kata Benny.
  1. Gunakan deterjen yang tepat
bahan kulit (2).jpeg
Ilustrasi dompet bahan kulit dok Aulania Silviananda
Tips terakhir supaya tas dan sepatu bahan kulit awet, kamu harus mengetahui deterjen yang cocok dan aman digunakan untuk membersihkan bahan kulit.
Menurut Deni dari brand lokal Luneta Leather, untuk mengetahui deterjen cocok atau enggak di bahan kulit, kamu bisa mencoba menyelupkan cotton bud ke dalam cairan pembersih. Lalu, oleskan ke bahan kulit tersebut.
ADVERTISEMENT
"Tunggu sekitar 1-4 menit. Kalau enggak ada reaksi apapun seperti perubahan warna, berarti deterjen cocok dan aman digunakan untuk bahan kulit,” kata dia.
Reporter: Aulania Silviananda
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan