Entertainment
·
28 Maret 2020 19:47

Tips Rio Dewanto Jaga Daya Tahan Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Rio Dewanto Jaga Daya Tahan Tubuh (115270)
com-Aktor Rio Dewanto. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
COVID-19 atau virus corona mudah menginfeksi seseorang. Oleh karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing — yang sebelumnya diberi nama oleh WHO, social distancing.
ADVERTISEMENT
Salah satu gerakan physical distancing yang mungkin sudah kamu lakukan adalah di rumah aja. Selain menjauhi pusat keramaian, menjaga daya tahan tubuh saat di rumah aja juga perlu dilakukan. Sebab hingga saat ini, belum tersedia vaksin yang dapat mencegah infeksi virus corona.
Meski begitu, pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Akan tetapi, terdapat hal-hal yang dapat melemahkan sistem imun seseorang, seperti usia, kualitas udara, atau makanan yang dikonsumsi. Nah, agar sistem imun terjaga, kamu bisa melakukan keenam tips berikut saat di rumah aja. Apa saja?
1. Penuhi cairan tubuh
Tips Rio Dewanto Jaga Daya Tahan Tubuh (115271)
com-Ilustrasi pria yang sedang meminum air. Foto: Shutterstock
Penuhi cairan tubuh dengan mengonsumsi minimal delapan gelas atau 2-3 liter air setiap hari. Kandungan oksigen yang ada di dalam air akan disalurkan ke sel-sel tubuh, sehingga sistem peredaran darah menjadi lancar. Di samping itu, air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena memperlancar kerja ginjal.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak lupa mengonsumsi air minum saat di rumah aja seperti meletakkan botol air di dekatmu atau pasang pengingat dengan memanfaatkan fitur alarm smartphone.
2. Istirahat yang cukup
Tips Rio Dewanto Jaga Daya Tahan Tubuh (115272)
com-Ilustrasi pria yang sedang tidur. Foto: Shutterstock
Meskipun kamu harus tetap menjaga produktivitas bekerja saat di rumah aja, pola istirahatmu juga harus diperhatikan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Sebab, saat kamu kurang tidur, daya imunitas tubuh akan turun. Hal tersebut dapat membuatmu mudah terinfeksi virus.
Oleh sebab itu, penting untuk mencukupi kebutuhan istirahat saat di rumah aja. Kamu dapat membiasakan tidur 7-8 jam sehari agar daya tahan tubuh tetap prima. Kamu juga dapat menyiasati dengan power nap atau tidur singkat selama 15-20 menit di sela-sela istirahat kerja.
ADVERTISEMENT
3. Olahraga rutin meskipun di dalam rumah
Tips Rio Dewanto Jaga Daya Tahan Tubuh (115273)
com-Ilustrasi pria yang sedang berolahraga saat di rumah aja. Foto: Shutterstock
Apabila malas berolahraga, sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Hal ini akan menyebabkan otot menjadi kaku dan oksigen tidak dapat mengalir dengan lancar ke otak. Oleh sebab itu, walaupun kamu di rumah aja, olahraga rutin harus tetap dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga.
Tak perlu lama-lama, para ahli menyarankan untuk berolahraga tiga sampai empat kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit saja. Ada banyak olahraga yang dapat kamu lakukan saat di rumah aja, seperti yoga, push up, sit up, maupun cardio dance.
4. Perhatikan Asupan dan Pola Makan
Tips Rio Dewanto Jaga Daya Tahan Tubuh (115274)
com-Ilustrasi makanan sehat. Foto: Shutterstock
Salah satu faktor penting dalam menjaga imunitas tubuh adalah makanan yang kamu konsumsi. Perbanyak konsumsi sayur dan buah saat di rumah aja, sebab kandungan vitamin mineral yang ada di dalam buah dan sayur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.
ADVERTISEMENT
Selain mengonsumsi asupan yang tepat, menerapkan pola makan teratur saat di rumah aja juga penting dilakukan. Usahakan tidak melewatkan jadwal makan agar metabolisme tubuhmu tetap terjaga.
5. Siapkan Suplemen Makanan atau Minuman
Selain menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh, kamu dapat mengonsumsi suplemen makanan atau minuman untuk memperkuat imunitas tubuh. Mengonsumsi suplemen minuman juga dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makanmu saat di rumah aja.
Salah satu suplemen minuman yang dapat kamu konsumsi adalah ExtraJoss. Sebagai pelopor minuman suplemen kesehatan dalam bentuk sachet, ExtraJoss mengandung bahan-bahan yang dapat membantu daya tahan tubuh, seperti royal jelly, vitamin B, ginseng, dan kafein.
Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, royal jelly dapat menjadi sumber energi dan membantu pertumbuhan jaringan, otot, serta regenerasi sel. Sementara itu, vitamin B kompleks yang terkandung dalam ExtraJoss dapat membantu membentuk energi dan mencegahmu dari kelelahan.
ADVERTISEMENT
Sebagai tumbuhan yang banyak manfaatnya, ginseng mengandung zat aktif Ginsenoside yang dapat mengurangi stress dan dapat meningkatkan aktivitas atletik. Kemudian kafein yang terkandung dalam ExtraJoss juga membantumu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kontraksi jantung, memompa darah ke otak, serta membantu meningkatkan kewaspadaan.
Tak hanya terbuat dari bahan-bahan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, minuman suplemen ini juga tidak mengandung pewarna dan aman diminum tiga kali sehari.
Diproduksi dengan standar internasional dan menjadi merek terbaik selama 10 tahun berturut-turut, ExtraJoss turut mendukung tenaga medis dan masyarakat agar dapat terus menjaga daya tahan tubuh di tengah wabah virus corona. Selain itu, Extra Joss juga menyebar di 1.000 titik posko polisi di Indonesia guna mendukung upaya pemerintah dalam mengantisipasi virus corona.
ADVERTISEMENT
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan ExtraJoss.