Buzz
·
24 April 2020 11:04

Tips Tetap Produktif dengan Cuti 5 Menit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Tetap Produktif dengan Cuti 5 Menit (307445)
searchPerbesar
com-Ilustrasi cuti 5 menit. Foto: Shutterstock
Banyak perusahaan yang sudah mulai menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) alias kerja di rumah dalam tiga pekan ini, atau sejak pemerintah mengimbau masyarakat untuk menerapkan physical distancing. Terlihat menyenangkan memang, tapi bagi sebagian orang WFH justru menjadi beban tersendiri dan merupakan tantangan yang luar biasa. Kenapa?
ADVERTISEMENT
Kartika Pamujiningtyas misalnya, karyawan swasta ini mengaku saat WFH, waktu kerjanya menjadi sangat panjang dan pekerjaannya menjadi banyak. Ia bahkan merasa tidak bisa membedakan waktu istirahat dan waktu untuk bekerja. Hampir seharian penuh digunakan untuk bekerja, hingga Tyas lupa mandi dan telat makan. Kondisi seperti ini, menurutnya, tidak akan pernah diperoleh selama kerja rutin di kantor.
Nah, agar tetap produktif dalam mengerjakan seluruh pekerjaan kantormu dirumah, kamu bisa terapkan cuti 5 menit seperti yang digaungkan oleh NU Oceana. Sebetulnya teknik ini diciptakan oleh Francesco Cirillo yakni Pomodoro Technique. Cara kerjanya cukup sederhana, yang kamu butuhkan hanyalah penghitung waktu.
Pilih tugas yang harus kamu selesaikan, dan kerjakan selama 25 menit. Setelah itu kamu bisa dapat jatah cuti selama 5 menit sambil minum NU Oceana yang bantu recharge tubuhmu dengan Seasalt yang bantu cegah pertumbuhan mikroorganisme berbahaya dalam tubuh dan Lemon sebagai sumber kaya Vitamin C.
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu bertanya-tanya, dengan waktu 5 menit, apa yang bisa dilakukan? Ada banyak, kok! Berikut kumparan berikan ide kegiatan yang bisa kamu lakukan selama #Cuti5Menit.

Mandi

Tips Tetap Produktif dengan Cuti 5 Menit (307446)
searchPerbesar
Ilustrasi Mandi Air Panas Foto: Shutterstock
Mandi adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan ketika cuti 5 menit dari pekerjaanmu. Dengan mandi, tubuhmu akan merasa lebih fresh dan harum. Tentu ini bisa membuat mood-mu bertambah untuk menyelesaikan segudang pekerjaan.
Selain air hangat, mandi dengan menggunakan air dingin juga bisa menjadi pilihan . Apalagi mandi air dingin dapat membantu kamu memberikan energi positif dan dapat meningkatkan imunitas sehingga kamu tidak hanya lebih produktif.

Makan

Tips Tetap Produktif dengan Cuti 5 Menit (307447)
searchPerbesar
com-Ilustrasi makan di rumah. Foto: Shutterstock
Makan adalah hal yang penting untuk kamu lakukan ketika cuti 5 menit. Dengan makan, energimu akan lebih bertambah dan pastinya bisa meningkatkan konsentrasi. Pilihlah makanan sehat seperti buah dan sayur. Dilansir managers, seorang karyawan yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setidaknya dalam empat hari per minggunya menunjukkan kinerja kerja 25 persen lebih baik daripada mereka yang tidak makan sayur atau buah-buahan.
ADVERTISEMENT

Meregangkan otot tubuh

Tips Tetap Produktif dengan Cuti 5 Menit (307448)
searchPerbesar
Tetap olahraga di rumah meski sedang work from home. Foto: Shutterstock
Dilansir webmd, posisi duduk yang tidak benar saat bekerja dapat memberi tekanan besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang. Akibatnya tubuh kamu akan merasa cepat lelah dan terasa pegal.
Untuk menyiasatinya, bangun dan bergeraklah selama cuti 5 menit. Lakukanlah peregangan otot untuk mengurangi resiko cedera pada punggung bagian bawah, bahu, serta lutut. Selain itu, meregangkan otot atau stretching juga dapat mengurangi stres saat bekerja dan dapat meningkatkan produktivitas. Kamu bisa melakukan peregangan otot pada leher, bahu, punggung tengah dan bawah, pinggul, siku dan lengan bawah, serta pergelangan tangan.

Cek sosial media

Tips Tetap Produktif dengan Cuti 5 Menit (307449)
searchPerbesar
Ilustrasi bermain media sosial. Foto: Shutter Stock
Berselancar di dunia maya alias media sosial mungkin terkesan membuang-buang waktu, namun jika dilakukan dengan benar justru akan menghibur dan meningkatkan produktivitas, lho.
ADVERTISEMENT
Ya, membuka media sosial dapat memberikan informasi terkini serta memberikan banyak inspirasi. Melihat video-video lucu juga bisa menjadi hiburan untuk melepas rasa lelah dan stres setelah 25 menit bekerja. Tapi, jangan sampai terlena ya. Waktu cutimu hanya 5 menit saja, setelah 5 menit kamu harus kembali bekerja lagi.
Jadi manfaatkan #Cuti5menit kamu untuk melakukan hal yang menyangkan dan ditemani dengan segarnya Nu Oceana. Dijamin kamu akan selalu semangat bekerja meski di rumah aja!
Artikel ini adalah bentuk kerja sama dengan Nu Oceana.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020