Buzz
·
23 Juli 2021 17:59
·
waktu baca 2 menit

UMKM Pilihan Teman kumparan: Keju Lumer sampai Jaket Harrington Kekinian

Konten ini diproduksi oleh kumparan
UMKM Pilihan Teman kumparan: Keju Lumer sampai Jaket Harrington Kekinian (50001)
searchPerbesar
com-Ilustrasi UMKM Foto: Shutterstock
Teman-teman kumparan kembali memberi rekomendasi UMKM terbaiknya dalam Bantu Usaha Teman. Ini merupakan cara buat sama-sama mendukung dan membantu brand lokal agar tetap maju dan berkembang.
ADVERTISEMENT
Nah, kali ini sudah ada lima UMKM yang terpilih, nih! Apa aja, ya? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Soukraft

Soukraft dimulai pada 2016 oleh Prawita Agri Nola (32). Saat itu dia akan menikah namun suvenir untuk resepsinya kurang. Akhirnya Nola memutuskan untuk membuatnya sendiri.
Enggak disangka, ternyata dia teruskan hingga kini dan menjadi sebuah bisnis menguntungkan.
Lewat Soukraft yang diawali dengan modal kurang dari Rp 100 ribu, dia menawarkan kartu, amplop, hingga nametag yang ready stock maupun custom dengan kisaran harga Rp 1.600-Rp 3.000.
"Kalau custom minimal order 50 buah. Sekarang permintaan banyak untuk kartu. Per bulan omzetnya bisa sampai Rp 2 juta," kata lulusan Desain Komunikasi Visual itu, kepada kumparan.
ADVERTISEMENT

Mak Fau

Sudah bergelut di bisnis kuliner sejak 2002, Fauria (49) tetap gigih menekuninya hingga kini lewat brand Mak Fau. Spesialisasinya di sambal beraneka rasa dengan harga Rp 35 ribu-Rp 40 ribu.
"Saya keturunan Sunda-Minang dan suka pedas. Makanya saya putuskan usaha sambal. Saya ingin Mak Fau enggak cuma dikenal di UMKM, tapi sampai ke pasar global," jelasnya.
Menjajakannya di empat e-commerce, Mak Fau bisa meraup omzet sekitar Rp 5 juta-Rp 10 juta tiap bulan.
Ke depannya Fauria berencana buat menghadirkan sambal dalam kemasan pouch dengan harga yang lebih terjangkau.

Keju Mozzarella

UMKM asli Malang, Jawa Timur ini dimulai pada 2015 oleh Dapin Narendra (36). Dia memulainya dengan modal Rp 200 juta yang merupakan beasiswa penelitian dari kampusnya saat menjadi mahasiswa Teknologi Pangan.
ADVERTISEMENT
Dia memilih untuk berusaha keju mozzarella karena potensi peternakan sapi di Malang yang melimpah.
"Susunya melimpah, jadi gimana caranya biar diolah dan bisa punya harga jual. Ke depannya pengin menyasar yoghurt dan susu lain," ujar Wahyu (29) selaku Marketing Keju Mozzarella.
Produk yang tersedia yakni keju mozzarella 250 gram seharga Rp 35 ribu dan 1 kilogram seharga Rp 130 ribu. Untuk sekarang baru bisa mengirim ke wilayah yang bisa dijangkau dengan paket kilat.

Kaula Indonesia

Berawal dari sebuah riset bisnis fashion, cowok-cowok 27 tahun yakni Irfan, Naufal, Aufa, Benny, dan Rangga memulai Kaula Indonesia di 2018. Berfokus pada men's wear, mereka menghadirkan sejumlah koleksi mulai dari kaus, basic, polo shirt, sampai harrington jacket yang menjadi best seller.
ADVERTISEMENT
Kisaran harganya juga cukup terjangkau, yakni Rp 149 ribu untuk kaus hingga Rp 479 ribu untuk jaket.
Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, produk Kaula bisa didapatkan lewat webstore resminya dan dua gerai di Kopo serta Gudang Selatan.
Bermula dari modal Rp 70 jutaan, hingga kini Kaula masih eksis dan bisa mendulang untung sampai sekitar Rp 100 juta. "Ke depannya bakal ada koleksi baru lagi dari kami," kata Octavia (26) selaku Marketing Kaula.

Muffins Padalarang

Muffins Padalarang merupakan UMKM yang terletak di Jawa Barat. Kini memiliki dua lokasi yakni di Cijeungjing, Padalarang dan di Cimahi.
Menu yang ditawarkan beragam yakni burger, sosis bakar, sate taichan, suki tomyam, sate telur, sampai beragam minuman seperti es kopi susu.
ADVERTISEMENT
Selain bisa dinikmati di tempat, juga dapat dipesan lewat jasa ojek online. Namun karena terdampak PPKM, sekarang enggak berjualan untuk sementara.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020