Perkembangan Teknologi Digital yang Sangat Pesat di Zaman Ini

Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
7 Juli 2021 12:11
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari MOCHAMAD GUNTUR BUDI PRASETYA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Apakah kalian tahu apa itu teknologi digital? Yuk kita simak bersama-sama..!
ADVERTISEMENT
Teknologi digital merupakan teknologi yang sistem operasinya berjalan secara otomatis dengan menggunakan sistem komputerisasi. Pada dasarnya teknologi digital hanyalah sistem penghitungan sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik atau kode digital. Yuk simak lebih lanjut guys!
Kode Digital by pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Kode Digital by pixabay
Seperti yang kita ketahui bahwa munculnya teknologi digital pada akhir dekade 70-an yang menandakan terjadinya sebuah revolusi teknologi. Istilah digital ini sendiri merupakan antonim atau lawan kata dari istilah analog loh guys.
Nah, teknologi digital ini merupakan bentuk pengembangan dari teknologi analog, namun berbeda dengan teknologi digital. Kalau kalian tahu bahwa teknologi digital tidak menyimpan data atau informasi dalam bentuk gambar dan suara. Sedangkan penyimpanan data merupakan proses menyimpan suatu data di dalam suatu komputer atau suatu media hardisk, flashdisk, CD dan lain-lain dengan tujuan untuk menjaga data tersebut agar tidak hilang ketika akan dibuka dan diproses kembali di waktu yang akan datang. Jadi bisa dibilang untuk keamanan data guys. Keren bukan? Mari kita simak lagi tentang perkembangan teknologi masa kini.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya teknologi digital memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik sehingga dapat dibaca oleh komputer. Salah satu contohnya telepon seluler, di mana saat kita menelepon digit yang dikirimkan ke penerima di suatu tempat menggunakan gelombang radio. Yang mana telepon penerima kemudian kembali melakukan konversi angka-angka yang diterima tersebut menjadi suara yang dapat di dengar oleh penerima.
Asal kita ketahui pada zaman ini perkembangan teknologi sangat lah pesat, dimulai dari berbagai sektor yang ada di Indonesia loh... Selain itu banyak produk-produk teknologi digital yang juga berkembang sangat cepat seperti pada smartphone, komputer, dan masih banyak lagi.
Kalian tahu atau tidak apa itu ponsel pintar? Yuk disimak pengertian dari ponsel pintar...!!
ADVERTISEMENT
Ponsel pintar merupakan salah satu produk teknologi digital yang berkembang sangat pesat, saking pesatnya perkembangan ponsel pintar banyak perusahan yang mengeluarkan produk terbarunya setiap satu tahun sekali, contohnya seperti yang kita temui di masyarakat seperti ponsel pintar keluaran Samsung, Oppo, dan yang paling hits digunakan anak milenial adalah ponsel keluaran Iphone/Apple. Selain ponsel pintar, teknologi digital yang perkembangan sangat pesat yaitu laptop, tetapi perkembangan laptop tidak secepat seperti perkembangan pada ponsel pintar.
Apakah kalian tahu, bagaimana perkembangan teknologi di Indonesia? Mari kita disimak baik-baik ya...!!

Perkembangan teknologi digital di Indonesia, seperti:

A. Komputer

Komputer by Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Komputer by Pixabay
Tahukah kalian seiring berkembangnya zaman, pemerintah Indonesia mengizinkan masuknya teknologi komputer dari luar negeri di tahun 1967. Dapat kita ketahui bahwa pada saat itu komputer masih jadi barang yang sangat mewah atau bisa dikatakan masih minim orang yang mempunyai laptop guys. Penggunaannya pun masih terbatas di instansi pemerintahan atau perusahaan yang sudah sangat besar.
ADVERTISEMENT
Nah, akibat minimnya SDM yang menguasai teknologi komputer, UI mempelopori pendidikan komputer dengan membuka Pusat Ilmu Komputer pada tahun 1972. Menyusul UI, beberapa akademi dengan disiplin ilmu komputer mulai bermunculan dimana-mana loh, coba bayangin deh betapa berkembang pesatnya teknologi dari masa ke masa dan pastinya akan lebih seru jika kita belajar lebih mendalam tentang teknologi. Berkembangnya teknologi itu hingga akhirnya pada tahun 1980-an, mulai muncul banyak sarjana komputer yang cukup ahli. Kemudian jika kita lihat kebelakang pada era 1990-an Personal Computer yang lebih canggih dan lebih ringkas mulai masuk ke Indonesia. Berbagai sistem operasi baru juga mulai banyak bermunculan dan mulai dirasakan manfaatnya terutama di masa sekarang.
Di era ini pula komputer Pentium II dari Intel Corporation mulai populer di Indonesia. Komputer tipe ini perlahan-lahan mulai menggantikan fungsi mesin ketik. Pada saat itu perubahan signifikan terjadi di era 2000-an komputer Pentium III dengan CPU berdiri mulai popular di masyarakat. Pada awal era ini, Windows 98 masih cukup populer sebelum akhirnya tergeser oleh Windows XP. Kemudian pada tahun 2002, Pentium IV mulai muncul. Sejak saat inilah titik balik terjadi dan peningkatan spesifikasi komputer terus terjadi.
ADVERTISEMENT

B. Internet

Internet Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Internet Pixabay
Apa yang menjadi pelopor penggunaan internet di Indonesia...? Mari kita simak bersama-sama...
UI jadi pelopor penggunaan internet di Indonesia. Ditandai dengan terhubungnya UINet ke UUNet di tahun 1984. UUNet sendiri merupakan Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia. Wow sungguh secepat itu perkembangannya, guys. Kemudian pada tahun 1992-1994, Paguyuban Network mulai mengembangkan internet di Indonesia. Pada masa itulah masyarakat umum mulai bisa bersentuhan dengan internet. Yang mana di tahun 1994, IndoNet juga mulai beroperasi sebagai ISP komersial pertama di Indonesia. Popularitas internet di Indonesia semakin mencuat sejak bisnis warnet mulai merebak pasca reformasi hingga awal 2000-an. Perkembangan teknologi internet semakin berkembang sejak internet mulai bisa diakses dengan perangkat mobile. Terutama sejak munculnya teknologi 3G.
ADVERTISEMENT
Dan ketika kita lihat bahwa pengguna internet Indonesia di awal 2000-an baru sekitar 2 juta. Mengalami peningkatan signifikan di tahun 2011 dengan jumlah pengguna hingga 43 juta.
Tahukah kalian? Pengguna internet di Indonesia tahun 2021 sudah jauh meningkat, mencapai 202,6 juta. Terjadi peningkatan sekitar 15,5 persen dari awal tahun 2020 terutama seiringan dengan berkembangnya teknologi.
C. Ponsel Pintar
Ponsel Pintar Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ponsel Pintar Pixabay
Selain dari perkembangan teknologi pada komputer, di sini tidak lupa dengan ponsel pintar juga berperan penting bagi perkembangan trend digitalisasi saat ini. Banyaknya ponsel pintar dengan harga murah membuat penggunanya semakin banyak. Hal ini juga yang memengaruhi peningkatan jumlah pengguna internet. Ponsel pintar atau smartphone mulai populer di Indonesia sejak munculnya Nokia seri N dan Blackberry, serta sekarang banyak bermunculan produk ponsel pintar.
ADVERTISEMENT
Setelah kita mengetahui perkembangan teknologi, kita harus tahu apa sih dampak perkembangan teknologi digital? Dampak dari perkembangan teknologi tidak hanya berdampak positif saja, akan tetapi juga berdampak negatif.
Bagaimana sih dampak dari perkembangan teknologi digital? Yuk kita simak bersama-sama...!
Berikut ini adalah dampak positif dari perkembangan teknologi digital:
• Kemudahan dalam mengakses suatu informasi dan melakukan pertukaran informasi.
• Menunjang kegiatan komunikasi dan semakin mengaburkan faktor jarak.
• Membuka lapangan kerja baru.
• Menciptakan banyak peluang ekonomi.
• Mengefektifkan berbagai layanan.
• Efisiensi waktu
• dll.
Tapi kenyataannya, dampak perkembangan teknologi digital ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi memudahkan banyak hal, tetapi di sisi lain juga menimbulkan dampak negatif.
ADVERTISEMENT
Beberapa contoh dampak negatif perkembangan teknologi digital yaitu:
• Sosialisasi langsung antar manusia jadi berkurang.
• Kecanduan gadget.
• Meminimalisir peran manusia di beberapa industri sehingga terjadi pengurangan SDM.
• Meningkatnya hate speech, harassment, cyber bully, dan hal-hal semacamnya di ranah online.
Untuk meminimalisasi dampak negatifnya, literasi digital harus mulai diajarkan di berbagai level pendidikan. Semakin baik literasi digital dari seseorang, ia akan lebih bijak dalam menggunakan media digital.
Dari hal-hal di atas kita bisa menyimpulkan bahwa teknologi digital sangatlah cepat perkembangannya, dan dari cepatnya perkembangan teknologi digital kita harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi digital semakin canggih ini. Jika kita tidak bisa beradaptasi terhadap perkembangan teknologi digital, maka kita akan gagap terhadap teknologi yang semakin modern, dan dibalik kecanggihan teknologi digital ini kita juga harus memperhatikan dampaknya terhadap diri kita sendiri yaa...
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·