Pencarian populer
USER STORY

Sisihkan Empat Ribu Peserta, Inilah Pemenang Kompetisi "Gue Anak Radio"

Novila Shakina menjadi pemenang dalam kontes "Gue Anak Radio" dalam Radio Fest yang diselenggarakan Mahaka Radio Integra (Foto: Twitter @BNI46)
ADVERTISEMENT
Radio ternyata masih memiliki tempat di hati masyarakat. Sedikitnya, 4000 peserta dari kalangan milenial bersaing untuk menjadi penyiar radio dalam kompetisi Radio Fest bertema "Gue Anak Radio" yang digelar oleh Mahaka Radio Integra. Novila Shakina, peserta dari Jakarta, keluar sebagai pemenang dalam kontes pencarian bakat penyiar radio yang digelar selama tiga bulan tersebut.
Menjadi penyiar radio adalah cita-cita Novila sejak dulu. Ia tidak pernah bercita-cita bekerja kantoran dan lebih memilih berkarir di bidang entertainment.
"Saya ga pernah pengen jadi orang kantoran gitu, lebih pengen jadi entertainer atau pelaku seni aja. Kebetulan ada kompetisi ini dan emang sempet saya punya cita-cita jadi penyiar karena saya suka ngomong dan ngobrol," tuturnya saat dihubungi melalui pesan multimedia, Minggu (25/11).
ADVERTISEMENT
Menurutnya, penyiar radio adalah profesi yang lebih mementingkan bakat dibanding tampilan fisik. Pasalnya, radio mencari orang yang memiliki radio personality yang unik yang pas dengan pendengarnya.
"Profesi penyiar radio tuh kayak profesi di mana kita bisa dilirik secara kualitas tanpa harus mikirin appeareance gitu. Tidak seperti industri lain yg maunya orang yang cantik atau ganteng doang sebagai talent-nya. Radio justru mencari orang-orang berbakat yang punya radio personality yang unik," lanjutnya.
Pencarian bakat penyiar radio muda memang menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan audiens dari kalangan milenial. Hal ini dikarenakan hubungan radio dan para audiens muda berkontribusi pada kelangsungan hidup industri radio.
"Salah satu isu terbesar yang mempengaruhi masa depan radio di Inggris adalah hubungannya dengan pendengar muda. Meningkatkan lebih banyak konten untuk pendengar muda menjadi salah satu strategi yang dilakukan oleh BBC," kata Lessie McMurtry, Dosen Studi Radio dari University Salford.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjadi pemenang kompetisi, bakat Novila di bidang seni memang sudah terlihat sejak masih di bangku kuliah di President University. Dilihat dari akun instagramnya, Novila aktif mengisi acara di beberapa kegiatan di kampusnya, antara lain menjadi pembawa acara, penyanyi, hingga tim cheeleaders.
Sebagai pemenang, Novila akan mendapatkan kontrak satu tahun sebagai penyiar radio Mahaka Radio Integra (MARI). MARI merupakan grup media radio terbesar di Indonesia dengan jumlah audiens lebih dari tiga juta. Stasiun radio yang berada di bawah naungan MARI antara lain Gen 98.7 fm Jakarta, Jak 101 Fm Jakarta, dan Gen 103.1 fm Surabaya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81