Entertainment
·
21 November 2020 16:51

Kisah inspiratif Mengenai Glenn Fredly, Si 'Bung Pemersatu Bangsa’

Konten ini diproduksi oleh Mohammad Reza Adenan
Kisah inspiratif Mengenai Glenn Fredly, Si 'Bung Pemersatu Bangsa’ (44263)
Glenn Fredly. Foto: Instagram @glennfredly309
Bukan, ini bukan kisah mengenai ‘Bung Karno’, tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada ‘Bung Besar’ Bapak Bangsa ini. Di sini saya ingin bercerita mengenai Bung Glenn Fredly.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya sudah lama saya ingin berbagi cerita, tetapi saya selalu mengurungkan niat saya kembali karena sesungguhnya sangat sedikit yang saya ketahui dari sosok Bung Glenn, dan ini juga bukan sebuah euologi mengenainya dia, namun hanya sebuah catatan-catatan kecil mengenai Bung Glenn yang mungkin tidak diketahui banyak orang.
1. Bung Glenn dan Diplomasi Jazz ala Indonesia
Saya pertama kali mengenal Bung Glenn dari Steve Evans, salah satu pihak manajemen dan keluarga besar Si Bung Pemersatu Bangsa, dalam rangka pelaksanaan kegiatan Batam Jazz and Fashion (BajaFash) Festival pada tahun 2018 silam.
Saat itu Bung Steve menyatakan keinginan dari Bung Glenn untuk menyatukan musisi asal Indonesia, Singapura dan Malaysia dalam satu panggung festival musik jazz di Batam. Saat itu Bung Glenn dan musisi fusion asal Bali Balawan menjadi andalan Indonesia di pentas musik berskala internasional tersebut.
ADVERTISEMENT
Kenapa di Batam? Karena selain festival musik acara juga bertujuan untuk mempromosikan Batam, Kepulauan Riau sebagai salah satu destinasi akhir pekan masyarakat Singapura dan dan Malaysia, yang berjarak masing-masing 1-2 jam perjalanan ferry.
Bayangkan selama acara berlangsung sekitar 5,000 orang Singapura, Malaysia dan Thailand berkunjung ke Batam untuk menyaksikan festival musik yang berlangsung selama dua hari tersebut.
Kisah inspiratif Mengenai Glenn Fredly, Si 'Bung Pemersatu Bangsa’ (44264)
Konprensi Pers bersama Batam Jazz Festival di Central Perks Singapura (foto dokumentasi pribadi)
2. Musik jazz sebagai pemersatu bangsa tiga negara
Banyak dari kita yang mengenal sosok Glenn Fredly sebagai musisi dan seniman kawakan, namun ternyata Glenn Fredly juga dapat dinobatkan sebagai ‘Diplomat Musik Indonesia’, melalui alunan suaranya dan nada-nada karya musiknya Bung Glenn menyatukan anak beragam bangsa dari tiga negara.
Bung Glenn juga tidak henti-hentinya mempromosikan Indonesia dan identitas leluhurnya sebagai orang Ambon dan orang Melanesia, melalui cerita, harmoni, cinta dan kasih. Bahkan saking terkenal nya lagu lagu ‘Si Bung Pemersatu Bangsa’ ini sangat sering di request di radio melayu di Singapura.
Kisah inspiratif Mengenai Glenn Fredly, Si 'Bung Pemersatu Bangsa’ (44265)
Konser musisi internasional di Bajafash (dokumentasi pribadi)
3. Mengaungkan ‘Persatuan Indonesia’
ADVERTISEMENT
Bung Glenn adalah seorang nasionalis sejati, kecintaan terhadap tanah air dan tanah leluhur nya begitu besar, dan itu diekspresikannya dalam setiap karya dan konser nya. Bukan saja menyanyi Glenn Fredly juga piawai berdiskusi kebangsaan.
Bahkan saat Indonesia ramai membahas Silvany Pasaribu ‘Diplomat Muda Wanita’ yang berani menentang Presiden Vanuatu, hal pertama yang saya ingat adalah Bung Glenn, begitu besar rasa cinta dan bangga nya sebagai orang Ambon yang berasal dari etnis Melanesia yang juga menjadi bagian dari sebuah narasi besar bernama Indonesia.
Glenn Fredly wujud nyata dari keberagaman bangsa ini, yang mencintai tanah air nya tanpa pamrih, dan terus berjuang untuk memajukan identitas masyarakat nya dalam sebuah arsitektur besar sejarah Indonesia menembus ruang dan waktu.
ADVERTISEMENT
Saya teringat setelah si Bung melantunkan lagu penutupnya di Bajafash (Batam Jazz and Fashion) Festival beliau menyerukan persatuan untuk musisi seluruh Indonesia dan ketiga negara yang hadir saat itu dengan kata-kata terkenal nya saat itu: “Musisi bersatu, jangan mau dipecah belah!”
Kisah inspiratif Mengenai Glenn Fredly, Si 'Bung Pemersatu Bangsa’ (44266)
Penulis saat menjadi narasumber dalam Dialog Musik Tiga Negara di rangkaian kegiatan Bajafash tahun 2018.
4. Jadilah terang dalam kegelapan
Satu hal yang akan selalu saya kenang dari Bung Glenn adalah kata-katanya yang selalu menginspirasi saya sebagai Diplomat, yaitu: “Apapun yang saudaraku lakukan, jadilah terang dalam kegelapan.”
Rasanya menyesal tidak pernah foto bareng Bung Glenn, karena persona nya kita langsung terlibat dalam sebuah percakapan sehingga lupa untuk foto bersama.
Di saat bangsa ini selalu dicoba atas ancaman perpecahan mungkin kita dapat kembali mengingat sosok Bung Glenn Fredly sebagai pemersatu bangsa. Terlalu sedikit kata-kata yang ada untuk dapat menggambarkan sosok besar ini.
ADVERTISEMENT
Selamat jalan untuk selama nya Bung, inspirasi mu ada di setiap langkahku...