Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Penyuluhan Mengenai Pengelolahan Keuangan UMKM

monicpangaraji
Mahasiswa Universitas Diponegori
Konten dari Pengguna
10 Februari 2024 17:10 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari monicpangaraji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyampai materi kepada pelaku Usaha Mikro Menengah (UMKM) Desa Kalikobok
Kalikobok (21/01/2024), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro Tahun Ajaran 2023/2024 yang dilaksanakan di Desa Kalikobok, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen.
ADVERTISEMENT
Salah satu kegiatan (Kuliah Kerja Nyatan) KKN pada Hari minggu, 21 Januari 2024. dimaksudkan untuk membantu UMKM dalam pengelolahan anggaran sebagai bagian strategi bisnis UMKM. Kegiatan tersebut dilakukan dengan target utama adalah warga setempat pelaku UMKM di sekitar desa Kalikobok.
Banyaknya pemilik UMKM di desa Kalikobok yang kurang mengerti terhadap pengelolaan anggaran atau budgeting. Para pemilik UMKM sering mencampur keuangan bisnis dengan keuangan harian rumah tangga dan sebagainya.
Pengelolaan anggaran atau budgeting merupakan aspek kunci dalam strategi bisnis UMKM. Dalam konteks ini, budgeting tidak hanya sekadar sebagai alat untuk mengontrol pengeluaran, tetapi juga sebagai instrumen perencanaan dan evaluasi yang penting. Budgeting memiliki tiga fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian terkait dengan pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, pengelolaan anggaran yang efektif dapat membantu UMKM dalam merencanakan kegiatan usaha, mengorganisir sumber daya, dan mengendalikan kinerja keuangan.
ADVERTISEMENT
Dalam konteks UMKM, budgeting dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk pembuatan rencana strategis bisnis selanjutnya. Dengan menyusun anggaran secara cermat, UMKM dapat mengendalikan pengeluaran pada masing-masing pos, seperti biaya produksi, gaji, pembelian bahan baku, dan pemasaran. Hal ini juga dapat membantu UMKM dalam mengontrol pencapaian target usaha dan mengevaluasi kinerja keuangan.
Selain itu, pengelolaan anggaran yang efektif juga dapat membantu UMKM dalam menghadapi tantangan eksternal, seperti dampak pandemi COVID-19 atau dalam penataan anggaran bisnis dengan keuangan harian. Meskipun pandemi telah berdampak signifikan pada UMKM, namun UMKM telah menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dan berinovasi. Dukungan dari pemerintah dan adopsi teknologi digital menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ini.
Dalam mengelola anggaran, UMKM juga perlu memperhatikan teknik-teknik budgeting yang efektif. Menentukan strategi budgeting yang tepat, seperti metode incremental budgeting, dan melakukan manajemen keuangan yang cermat dapat membantu UMKM dalam meraih kesuksesan bisnis.
Foto bersama dengan para pemilik UMKM di Balai Desa Kalikobok
Dengan demikian, pengelolaan anggaran yang efektif merupakan bagian integral dari strategi bisnis UMKM. Melalui budgeting yang tepat, UMKM dapat merencanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja keuangan para UMKM di desa kalikobok, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan ketahanan bisnis di tengah dinamika pasar.
ADVERTISEMENT
KKN Regular TIM 1 Universitas Diponegoro 2023/2024
Penulis : Lonika Theresia Tambunan/Manajemen dan Administrsi Logistik/Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing : Dr. Seno Darmanto, S.T., M.T
Lokasi : Desa Kalikobok, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen
#KKNUndipTim1 #p2kknundip #lppmundip #undip