Konten dari Pengguna

KKN UNDIP Ajak Siswa SD Karanganom Mengenal Ilmu Sains dan Teknologi Perkapalan

MUHAMAD KHOLIK
Mahasiswa Universitas Diponegoro
15 Agustus 2024 15:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari MUHAMAD KHOLIK tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
KKN UNDIP Ajak Siswa SD Karanganom Mengenal Ilmu Sains dan Teknologi Perkapalan
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Pada tanggal 24-25 Juli 2024, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro menyelenggarakan acara menarik bertema "Pengenalan Dunia Kelautan dan Perkapalan."di SDN 02 Karanganom. Kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan dunia pesisir dan desain kapal sederhana menggunakan simulasi 3D kepada siswa dan masyarakat desa.
ADVERTISEMENT
Acara dimulai pada 24 Juli 2024 dengan kelas interaktif yang membahas manfaat sains dalam kehidupan sehari-hari. Siswa kelas 5 SD diajak menonton video eksperimen yang menunjukkan bagaimana ilmu pengetahuan dapat menghasilkan penemuan penting. Tujuannya adalah agar mereka memahami betapa bermanfaatnya ilmu yang dipelajari dan bagaimana ilmu tersebut bisa diterapkan dalam praktek nyata.
Dalam rangkaian kegiatan tersebut, siswa kelas 5 SD diajak memahami sains melalui beberapa penemuan dan eksperimen menarik. Mereka diperkenalkan pada konsep mengapa kapal bisa mengapung di air, cara kerja telepon, hingga bagaimana penemuan-penemuan penting berkembang dari masa ke masa. Dengan pendekatan yang interaktif dan mudah dipahami, para siswa diajak untuk melihat langsung bagaimana ilmu pengetahuan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dan memahami relevansinya dengan dunia perkapalan serta teknologi.
Kelas interaktif membahas mengennai berbagai penemuan, Sumber: Dokumentasi Pribadi Tim II KKN UNDIP 2024 Desa Karanganom
Keesokan harinya, pada Kamis, 25 Juli 2024, kegiatan dilanjutkan dengan sesi edukasi tentang perkapalan. Para siswa diperkenalkan pada proses pembuatan kapal serta profesi yang terlibat dalam industri perkapalan di Indonesia. Setelah itu, mereka berkesempatan untuk membuat desain kapal dalam bentuk 3D menggunakan software Rhino. Dengan bimbingan dari kakak-kakak KKN, setiap siswa aktif berpartisipasi dalam pembuatan desain kapal, menyelesaikan bagian mereka sendiri dan belajar tentang desain kapal secara praktis.
ADVERTISEMENT
Siswa praktik membuat 3D desain kapal sederhana, Sumber: Dokumentasi Pribadi Tim II KKN UNDIP 2024 Desa Karanganom
Acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan pembagian hadiah kepada siswa yang menunjukkan keberanian dan keterlibatan selama kegiatan. Pada Sabtu, 27 Juli 2024, kami juga membagikan poster edukasi tentang maritim dan poster hasil desain 3D yang telah dibuat oleh siswa kelas 5 SD 02 Karanganom.
Penulis berharap, "Kegiatan ini dapat membuka wawasan dan menumbuhkan rasa ingin tahu para siswa serta masyarakat sekitar tentang pentingnya wilayah pesisir dan potensi di bidang perkapalan. Semoga acara ini menginspirasi dan memotivasi mereka untuk lebih mendalami dunia kelautan."
Dengan kegiatan ini, diharapkan peserta merasa lebih terhubung dengan lingkungan pesisir dan memahami peluang yang ada dalam sektor kelautan.