Pencarian populer

Meme Logic: Saat Geng Bumi Datar Berkampanye Lewat Meme

Panorama Cerminan Awan (Foto: Flat Earth Matters/Facebook)

Perdebatan mengenai bentuk bumi kembali memanas beberapa tahun terakhir. Beberapa seleb dunia bahkan ikut bersuara dan mengaku sebagai penganut kepercayaan bumi datar alias flat earthers. Ini misalnya terjadi pada artis hip hop B.o.B yang sampai membuat lagu tentang keyakinannya itu.

Media sosial yang membangun percakapan lintas waktu tidur dan lintas negara merupakan aktor di balik semua kegaduhan perdebatan ini.

Berbagai bentuk dan cara penyampaian argumen lewat media sosial pun dilakukan. Salah satu senjata andalan para netizen flat earthers dalam menyampaikan doktrinnya adalah lewat meme.

Secara global, mayoritas orang berpikiran bahwa bumi itu berbentuk bulat atau cenderung bulat. Di buku-buku pelajaran sekolah pun bumi digambarkan bagai bola.

Berikut meme-meme kubu flat earth yang mencoba mengguncang pemikiran anda.

1. Mulai penasaran

Meme ini menggambarkan seorang suami yang tak kunjung tidur meski dirayu istrinya. Sang suami yang melihat komputer, tidak ingin tidur sebelum memastikan apakah bumi benar-benar datar.

2. Horizon not curvizon

Horizon merupakan garis pembatas imajiner antara bumi dan langit saat kita melihat panorama di tempat lapang. Istilah lainnya: cakrawala.

Horizon yang berbentuk lurus horizontal dan tidak melengkung, seakan membantah bahwa bumi itu bulat.

3. Pemandangan dari balon udara

Loading Instagram...

Meme bebentuk animasi itu menunjukkan perbandingan pemandangan sebuah balon udara saat terbang di bumi yang bulat dan datar.

Bagi yang pernah menaiki balon udara, pesawat, atau sekadar pernah melihatnya di video, pasti mengetahui versi pemandangan mana yang sebenarnya terlihat.

4. Berdiri di atas tanah yang menghadap ke bawah

"Ayolah kamu bukan Spiderman!", mungkin hal itu yang ingin dikatakan para flat earthers.

Banyak perbincangan di kalangan ilmuwan yang masih memperdebatkan teori gravitasi sehingga pertanyaan mengenai bagaimana manusia dapat berdiri di bumi yang bulat, terutama bagi penghuni bumi bagian selatan, pun muncul.

5. Dry Valley di Antartika

Loading Instagram...

Salah satu argumen flat earthers adalah bumi memiliki dinding-dinding pembatas di kutub selatan dan utara. Selama ini, hanya segilintir orang yang dapat berkunjung kawasan tersebut, terutama para peneliti dari negara maju.

Foto NASA menunjukkan gambar bumi yang bulat dari luar angkasa, memperlihatkan seluruh kawasan Antartika tertupi es. Lalu di manakah Dry Valley yang merupakan salah satu daerah paling kering di dunia?

Hal itu menambah keraguan akan kredebilitas NASA di mata para flat earthers yang selama ini meragukan foto-foto Neil Armstrong di bulan.

6. Menertawakan temuan NASA

Keraguan para flat earthers terhadap NASA mungkin tak akan berhenti hingga NASA merilis foto bumi yang datar. Sebelum itu terjadi, maka para flat earthers melihat setiap temuan NASA sebagai lelucon.

7. Menjawab pertanyaan kubu bumi bulat

Mungkin jawaban flat earthers ini terlalu sederhana. Namun jika kita pikir sejenak saja, ada kemungkinan kita menerima logika ini.

Pertanyaan kubu bumi bulat terkait bagaimana bumi yang datar tak tersinari matahari sepanjang hari, dijawab dengan aksi benda temuan Thomas Alva Edison: lampu.

Lampu pun, berdasarkan argumen dalam meme tersebut, tak bisa menyinari semua permukaan datar jika jaraknya terlampau jauh darinya sebagai pusat.

Lampu dalam hal ini dianalogikan sebagai matahari.

8. Mengkritik sistem pendidikan

Loading Instagram...

Terlepas dari benar tidaknya bumi berbentuk datar, pesan yang disampaikan flat earthers ini bisa dianggap benar. Sistem pendidikan di dunia sejauh ini masih banyak yang belum dapat memfasilitasi pemikiran terbuka para pelajaranya, dan mendewakan ilmu yang telah ada seakan memiliki kebenaran mutlak.

Meme ini juga bertujuan agar kita tidak begitu saja percaya akan bentuk bumi bulat seperti yang diajarkan di sekolah atau di mayoritas buku-buku ilmiah.

9. Konspirasi para elite

Loading Instagram...

"Yang kaya terus kaya, yang miskin makin miskin." Kalimat ini sudah tidak asing lagi didengar, dan terutama terucap dari mulut para politikus saat kampanye.

Meme di atas merupakan sebuah teori konspirasi. Selama ini kalangan elite dituding menyembunyikan berbagai informasi tentang dunia, termasuk bentuk bumi.

Dengan menyembunyikan informasi tersebut, sehingga pengetahuan hanya dimiliki golongan tertentu saja, informasi-informasi yang kemudian diputarbalikkan dituduh digunakan sebagai alat untuk memonopoli perekonomian dunia.

10. Ekspresi malu

Membuktikan sebuah teori tanpa ilmu dan penelitian yang dalam, hanya akan menjadi bahan tertawaan dan memicu debat kusir. Namun sekalinya kamu mencoba meneliti dan mencari data untuk membuktikan kebenaran tersebut, ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan.

Ekspresi kucing berbulu abu-abu hitam ini seakan menjadi ilustrasi wajah malu ketika dia tidak dapat membuktikan bumi itu bulat hingga 2 minggu. Padahal semula si kucing berkoar dapat membuktikan bumi bulat pada kawannya, si kucing hitam, dalam waktu 2 menit saja.

Ikuti terus di sini

Bumi Bulat vs Bumi Datar, Apa sih yang Diperdebatkan?

Adu Argumen: Bumi Datar vs Bumi Bulat

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: