Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 15:21

PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar

Konten ini diproduksi oleh Muhammad Fauzi

Belum sempat upgrade komponen PC kentang milikmu ? Tak perlu terburu-buru untuk mengupgrade komponen PC sebelum melakukan tips dibawah !

PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar (250519)
Ikutilah Tips Berikut Guna Menjaga PC Kentangmu Tetap Dalam Keadaan Baik
Pada zaman sekarang ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya penggunaan teknologi, teknologi kerap menjadi kebutuhan yang wajib seperti halnya penggunaan komputer atau PC. Manusia zaman sekarang menganggap penggunaan komputer adalah hal yang wajib seperti untuk bekerja, bersekolah dan membantu memudahkan kegiatan lainnya. Dimasa pandemi ini bahkan setiap hari kita menggunakan perangkat komputer untuk bekerja dirumah (WFH) dan bersekolah daring, hal tersebut mendasari wajibnya penggunaan komputer saat ini.
ADVERTISEMENT
Pentingnya penggunaan komputer saat ini membuat semua orang wajib memilikinya. Spesifikasi dalam komputer terbagi ke dalam tiga kelas yaitu Low-End (PC Kentang), Medium dan High-End. Pada saat kita menggunakan komputer sering kali kita mengalami masalah hang atau lag saat mengoperasikan komputer terutama pada spesifikasi low-end. Faktor tersebut bisa dikarenakan karena komponen komputer yang sudah tidak kuat untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru saat ini, atau komponen yang tidak stabil bahkan bisa jadi hanya karena ada sampah yang memberatkan kinerja komputer. Namun, masalah-masalah tersebut tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada spesifikasi medium bahkan high end sekalipun.
Pada penggunaan PC kentang atau komputer spesifikasi low-end agar lancar dan tidak lemot saat digunakan tak selalu harus mengganti komponen yang ada. kamu bisa simak tips-tips dibawah. Yuk disimak!
ADVERTISEMENT
  1. Upgrade Komponen PC Kamu
PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar (250520)
Contoh komponen processor: Intel Pentium 4 adalah processor generasi ke-7 dari Intel. Pentium 4 adalah microprocessor yang dibuat oleh Intel dan dirilis secara resmi pada tanggal 20 November 2020, meneruskan processor Pentium 3.
Hal Pertama, kamu bisa upgrade komponenmu mulai dari processor, RAM, dan hardisk atau bahkan menambah Grapih Card (VGA) sehingga kinerjanya bisa lebih maksimal dari sebelumnya. Kamu bisa mengupgradenya dengan mencicilnya, semisal kamu memiliki PC dengan spesifikasi pentium 4 dengan motherboard LGA 775, kamu bisa mengupgradenya terlebih dahulu seperti mengantinya dengan processor yang cocok dengan motherboard-mu seperti menggantinya dengan processor core duo. Mengapa harus processor telebih dahulu? karena processor adalah otak dari komputer dan ini sangat penting untuk mengatur kinerja dari sebuah komputer. Jika kamu tidak mengetahui spesifikasi komputer milikmu kamu bisa mendownload aplikasi yang bernama CPU-Z.
PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar (250521)
Aplikasi ini banyak menampilkan informasi tentang spesifikasi komputer milikmu
Selain itu untuk memperdalam pengetahuanmu tentang processor atau motherboard yang kamu miliki, kamu bisa menemukan banyak informasi tersebut di website resmi Intel maupun AMD. Selanjutnya jika kamu memiliki RAM 1GB/2GB dan motherboard-mu support sampai 4GB, maka tidak ada salahnya untuk mengupgrade RAM. Kamu bisa mencicil komponen-komponen selanjutnya seperti mengganti Hardisk atau bahkan membeli SSD, terakhir kamu bisa menambah VGA jika ingin kuat bermain game. Namun jika kamu belum berniat untuk upgrade komponen perangkat komputermu kamu bisa simak cara selanjutnya.
ADVERTISEMENT
  1. Bersihkan Sampah atau Cache
Salah satu masalah yang menyebabkan sebuah komputer menjadi lambat adalah bertumpuknya sampah atau cache yang dapat membuat kinerja komputer menjadi lambat, sehingga kamu perlu rutin untuk membersihkannya. Kamu bisa mendownload aplikasi gratis seperti CCleaner.
PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar (250522)
Aplikasi ini dapat membantumu memindai cache dan sampah yang tersembunyi di perangkat komputermu.
  1. Periksa Komponen dan Suhu Komponen
Komponen Hardisk yang sudah Bad Sector dapat membuat sebuah kinerja menjadi lambat, untuk memastikannya kamu bisa mengecek kesehatan hardisk melalui fiture bawaan windows atau kamu bisa mendownload aplikasi seperti Hard Disk Sentinel.
PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar (250523)
Kamu bisa mengetahui informasi performa dan kesehatan hardiskmu dari sini.
Selain itu suhu komponen yang ada pada komputer juga mempengarui kinerja komputer, jika suhu naik diluar batasan normal maka performa pun tidak akan stabil, untuk memonitornya kamu bisa mendownload aplikasi HW Monitor untuk mengecek suhu komponen perangkat komputermu. Jika suhu CPU milikmu memiliki panas berlebih kamu bisa mengecek HSF atau kipas yang ada di CPU, cek apakah ada debu yang menganggu disana, atau kamu bisa membongkarnya untuk membersihkannya dan mengganti thermal pasta yang menempel antara HSF dan CPU dengan thermal pasta yang baru.
PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar (250524)
Aplikasi ini dapat menampilkan informasi suhu komponen perangkat komputermu.
  1. Periksa Penggunaan RAM dan CPU di Taks Manager
ADVERTISEMENT
Penggunaan aplikasi di latar belakang secara otomatis dapat membuat kinerja komputer kita berat, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan tombol CTRL+ALT+Delete, lalu akan muncul menu Taks Manager, pergilah ke tab processes, Disana kamu dapat stop atau mendisable aplikasi-aplikasi yang berjalan dilatar belakang yang tidak kamu pakai, namun jangan sesekali menstop aplikasi service windows seperti windows expoler karena akan membuat sistem operasi menjadi hang.
PC Kentang Bekerja Lambat? Ikuti Tips Ini Agar Kinerja PC Tetap Lancar (250525)
Kamu bisa menstop aplikasi yang menurutmu tidak kamu perlukan. Namum perlu diingat pastikan aplikasi tersebut bukan aplikasi bawaan windows kamu
Demikianlah tips menjaga pc kentang agar tetap lancar. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dari penulis. Semoga tips ini bermanfaaat dan dapat menjaga komputer kesayanganmu tetap lancar.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white