• 0

USER STORY

"Esgul Welcoming Days" Orientasi Mahasiswa Baru Yang Kekinian Ala Universitas Esa Unggul

"Esgul Welcoming Days" Orientasi Mahasiswa Baru Yang Kekinian Ala Universitas Esa Unggul


Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Menyambut tahun ajaran baru yang sebentar lagi akan diselenggarakan pada awal bulan September, Universitas Esa Unggul mengadakan orientasi mahasiswa baru untuk memberikan perkenalan mengenai suasana kampus.
Esgul Welcoming Days begitulah nama orientasi yang diselenggarakan oleh Universitas Esa Unggul selama tiga hari yakni dari tanggal 28 Agustus hingga 30 Agustus. Lebih dari 1500 mahasiswa baru mengikuti Esgul Welcoming Days yang pada tahun ini mengambil tema "Bangun Indonesia Dengan Sinergi Indonesia".
Dalam sambutan pembukaan Esgul Welcoming Days Rektor Universitas Esa Unggul Dr.ir. Arief Kusuma, M.B.A mengatakan acara ini merupakan orientasi yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru guna menyesuaikan kehidupan kampus dan perkenalaan dengan sejumlah dosen serta kakak kelas.
"Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa/i baru Universitas Esa Unggul, Esgul Welcoming Days ini diselenggarakan agar kalian mampu beradaptasi dengan kehidupan baru kalian yakni kehidupan kampus. Ini merupakan masa peralihan kalian dari SMA ke bangku kuliah, selain itu kalian juga akan berkenalan dengan beberapa dosen dan Civitas serta kakak kelas kalian nanti," ujar Arief di acara pembukaan Esgul, Universitas Esa Unggul, Senin (28/08/2017).
Arief pun menerangkan dalam acara Esgul yang akan mereka ikuti banyak kegiatan positif dan menarik yang akan dihadirkan, seperti pertunjukan dari Unit Kegiatan Mahasiswa, seminar dengan pembicara-pembicara ahli di bidangnya dan diakhir nanti terdapat panggung gembira.
"Meskipun kegiatan yang akan kalian lakukan ini beraroma orientasi, namun kegiatan Esgul tidak ada perpeloncoan sama sekali. Malah nantinya kalian akan disugguhkan dengan berbagai kegiatan positif dari UKM kita seperti Himpala, KSR, Pramuka, UKM karate dan lain-lainnya. Selain itu nanti juga ada seminar yang menghadirkan pembicara yang menarik," ucapnya.
Sementara itu Ketua umum acara Esgul Barika Gumai menjelaskan konsep acara Esgul yang mengambil tema kebudayaan Indonesia
dikarenakan saat ini tantangan anak muda mengenai kebudayaan mulai menurun, sehingga perlu untuk memunculkan kembali rasa kepedulian terhadap budaya Indonesia.
"Konsep acara ini kan tentang budaya dan seni Indonesia, Supaya generasi muda Indonesia mencintai budaya dan kesenian Indonesia. Bangga dengan Indonesia. Mengingatkan mahasiswa bahwa Indonesia adalah negara besar dan kaya akan budaya dan kesenian. Kita boleh berbeda asal, agama, suku namun kita adalah Indonesia," ujar Barika.
Mulai dari dekorasi dan tema seminar yang dihadirkan dalam acara Esgul semua berkonsep Budaya Indonesia. Salah satu yang terlihat ialah penancapan wayang kulit di atas batang pisang yang dilakukan oleh 10 Fakultas di Esa Unggul. Barika menerangkan wayang-wayang tersebut merupakan representasi atau penggambaran fakultas yang berada di Esa Unggul.
"Disini kita mengambil wayang untuk merepresentasikan 10 fakultas di Esa Unggul, ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaraan mahasiswa baru tentang pentingnya Cinta Indonesia dan cinta Budaya," ujar Barika.
kentalnya konsep budaya yang ditunjukan dalam Esgul Welcoming days ini terlihat dari pembahasan seminar-seminar yang dihadirkan sepanjang acara Esgul. Salah satu seminar menarik yang ditampilkan dalam Esgul ini menampilkan Budayawan kondangan Sujiwo Tejo.
Barika pun berharap dari serangkaian acara yang diselenggarakan dalam Esgul Welcoming days ini dapat membantu para mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi di lingkungan kampus dan dapat meresapi tema acara Esgul mengenai budaya Indonesia.
"Mudah-mudahan mahasiswa Esa Unggul dapat meresapi tema acara mengenai budaya Indonesia, Kita boleh berbeda asal daerah, agama, suku namun kita adalah Indonesia. Generasi muda Indonesia tidak boleh lupa dengan bangsanya sendiri dan kita wajib menjaga warisan leluhur," tutupnya.
Esgul Welcoming Days yang merupakan kelanjutan dari acara penyambutan mahasiswa baru resmi dibuka pada hari senin (28/08) lalu dengan penampilan dari beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Esa Unggul yang mengambil tempat di pelataran parkir timur Universitas Esa Unggul.
Selepas para mahasiswa baru melihat atraksi UKM Esa Unggul, mereka pun langsung menghadiri acara seminar dengan tema Bangun Nusantara Dengan Sinergi Mahasiswa dengan pembicara Mantan Pangkostrad Letjen Burhanudin Amin dan Budayawan Sujiwo Tejo. Tidak kalah meriahnya, Acara penutupan Esgul dilaksanakan pada Rabu malam (30/08). Acara ini menghadirkan kembali UKM band dan dance serta band indie ibu kota Efek Rumah Kaca.


500

Baca Lainnya