Entertainment3 Desember 2017 13:21

Dampak Kesehatan Bagi Anjing yang Ditinggal Lama di Mobil

Konten Redaksi kumparan
Dampak Kesehatan Bagi Anjing yang Ditinggal Lama di Mobil (476517)
Bolehkan meninggalkan anjing sendirian? (Foto: Thinkstock)
Hewan peliharaan kerap kali tidak mendapat perlakuan yang layak dari sang pemilik. Seperti kasus yang baru-baru ini menjadi viral di dunia maya, di mana seorang pemilik hewan meninggalkan anjingnya yang bernama Valent di dalam mobil selama 8 jam.
ADVERTISEMENT
Informasi ini didapatkan dari Tommy Prabowo, seorang pengunjung mal yang menemukan seekor anjing berjenis maltese terjebak dalam mobil sejak pukul 16.26 WIB hingga pukul 22.09 WIB.
"Sejak sore tadi saya tinggalin, ini ada yang salah, tapi semoga pemiliknya nggak lama," ujar Tommy dalam keterangannya melalui akun Instagram @tommyprabowo, Jumat (1/12).
kumparan (kumparan.com) menghubungi Drh. Angela dari Leo n Vets klinik (3/12) untuk mengetahui akibat yang muncul bila anjing ditinggalkan di dalam mobil dalam waktu yang lama. Menurut Angela, hal tersebut cukup berbahaya.
Dampak Kesehatan Bagi Anjing yang Ditinggal Lama di Mobil (476518)
Anjing Siberian Husky (Foto: Pexels)
“Masing-masing anjing punya kadar oksigen (O2) untuk respirasi dan metabolisme tubuh yang berbeda-beda, semakin anjingnya banyak bergerak akan semakin banyak membutuhkan oksigen. Selain itu, suhu panas dengan sirkulasi udara yang sangat minim di dalam mobil dapat mengakibatkan tubuh dehidrasi apalagi tanpa adanya minum,” ujar Angela.
ADVERTISEMENT
Angela pun menambahkan bahwa tindakan tersebut akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kondisi hewan.
“Efek lanjutan dari kondisi kekurangan oksigen (hipoksia) dan tubuh yang dehidrasi dengan kondisi lingkungan yang panas atau kurang sirkulasi udara dapat berakibat heatstroke (serangan panas yang dapat mengakibatkan kejang bahkan sampai kematian). Hal ini dapat terjadi karena anjing dan kucing tidak dapat mengeluarkan panas tubuhnya apabila tidak ada aktivitas berkeringat jadi mudah sekali terkena heatstroke,” lanjutnya.
Menurut informasi yang didapatkan dari Angela, kasus yang terjadi di Grand Indonesia tentu tidak dapat disepelekan. Sang pemilik bisa saja mendapatkan sanksi hukum.
Ramai berita mengenai ditelantarkannya seekor anjing yang terjebak didalam mobil pertama kali diposting melalui akun media sosial Tommy Prabowo @tommyprabowo pada jumat, (3/12). Hingga saat ini Tommy dan netizen masih mencari keberadaan pemilik mobil tersebut.
ADVERTISEMENT
Anda tahu siapa orangnya? Silakan share di kolom komentar
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white