Kabar Baik bagi Penggemar Marvel, Kini Eternals Tayang Tanpa Sensor di Indonesia

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Univeristas Ahmad Dahlan
Konten dari Pengguna
17 Januari 2022 22:25
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Muhammad Nur Rizal tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Poster tebaru Eternals. Foto: Akun Instagram resmi Marvel Studios (@marvelstudios)
zoom-in-whitePerbesar
Poster tebaru Eternals. Foto: Akun Instagram resmi Marvel Studios (@marvelstudios)
ADVERTISEMENT
Salah satu film yang dirilis oleh Marvel Studios yaitu Eternals pada 3 November 2021 lalu di bioskop Indonesia cukup menarik perhatian banyak orang khususnya para peminat karya-karya Marvel. Selain mendapatkan banyak perhatian dari penonton, tidak sedikit juga penonton yang merasa kecewa karena beberapa adegan yang ada di film tersebut di sensor.
ADVERTISEMENT
Adegan yang disensor berupa adegan dewasa yang diperankan oleh beberapa pemain di dalamnya. Namun, menurutku yang paling membuat penonton menjadi kecewa adalah bagian sensor yang dinilai cukup kasar karena adegan pada film dipotong begitu saja sehingga mengganggu konsentrasi penonton ketika sedang menikmati alur film.
Film yang disutradarai oleh Chloe Zhao ini memperkenalkan 10 tokoh pahlawan baru yang disebut sebagai Eternals kepada para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU). Tokoh-tokoh yang ada di dalamnya diperankan oleh para bintang ternama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita di antaranya ada Salma Hayek (Ajak), Gemma Chan (Sersi), Angelina Jolie (Thena), Richard Madden (Ikaris), Don Lee (Gilgamesh), Barry Keoghan (Druig), Kumail Nanjiani (Kingo), Brian Tyree Henry (Phastos), Lia McHugh (Sprite), dan Lauren Ridloff (Makari).
ADVERTISEMENT
Selain mengenalkan 10 tokoh yang ada, film ini juga akan memperkenalkan Kit Harrington yang berperan sebagai Dane Whitman atau Black Knight dan juga Harry Styles yang berperan sebagai Eros. Dua tokoh ini ditampilkan pada post-credit scene yang mana dapat diartikan film Eternals ini menjadi gerbang pembuka bagi dua tokoh tersebut untuk melanjutkan ceritanya di film-film berikutnya.
Eternals sendiri menjadi salah satu film MCU yang cukup tragis karena lebih banyak korban jiwa dari karakter utama jika dibandingkan dengan film-film MCU lainnya. Selain itu, visual yang disuguhkan pada film ini juga sangat menakjubkan. Lagi-lagi jika dibandingkan dengan film-film MCU yang lain Eternals menjadi yang paling terdepan.
Setelah sekitar dua bulan dirilis tepatnya pada hari Rabu (12 Januari 2022), akhirnya Eternals ditayangkan kembali melalui platform streaming berbayar yaitu Disney+. Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi para peminat Eternals karena adegan yang ditayangkan di Disney+ sesuai dengan materi aslinya.
ADVERTISEMENT
Sama halnya seperti di seluruh bioskop, Eternals mendapatkan rating dewasa yaitu 20+ ketika ditayangkan di Disney+, lho. Jadi, sebelum kita menonton Eternals di Disney+, kita akan menerima peringatan terlebih dahulu mengenai rating-nya sebagai film dewasa. Jika kita sudah mencukupi batas umur maka kita diperbolehkan untuk menikmati filmnya. Namun, jika umur kita belum sesuai dengan rating maka terpaksa untuk menikmati film yang lain. Aduh, sedih enggak, sih?
Para penonton benar-benar dapat menikmati setiap adegan yang ada pada film ini seperti adegan ketika Sersi berciuman dengan Dane Whitman, Sersi sedang bercinta dengan Ikaris, bahkan adegan yang sangat kontroversial berupa ciuman sesama jenis antara Phastos dan pasangan prianya pun tidak dipotong seperti ketika ditayangkan di bioskop Indonesia. Wah, beda sekali ya jika dibandingkan ketika Eternals ditayangkan di bioskop Indonesia.
ADVERTISEMENT
Menurutku, sebenarnya adegan yang dipotong ketika ditayangkan di bioskop Indonesia tidak terlalu vulgar, lho, bahkan ketika adegan kontroversial Phastos dan pasangannya pun hanya berlangsung dalam sekejap tanpa memberikan kesan erotisme pada sesama jenis. Tentu hal ini mendapatkan respons puas dari para penonton tanah air. Terlihat di beberapa media sosial warganet Indonesia mengatakan cukup puas dan akhirnya rasa penasarannya terbayarkan dengan menyaksikan alur film tanpa potongan.
Walaupun mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dari penayangannya, Eternals menjadi salah satu film paling kontroversial di MCU karena untuk pertama kalinya MCU berani memberikan adegan seks secara gamblang di adegan filmnya. Hal tersebut membuat Eternals mendapatkan sertifikat yang cukup buruk di Rotten Tomatoes.
Kendati demikian, semua itu kembali kepada sudut pandang dan selera kita, bukan? Jadi, tidak bisa kita putuskan hanya melalui satu sudut pandang saja.
ADVERTISEMENT
Nah, kalau menurut teman-teman sendiri bagaimana nih pendapat tentang film Eternals ini? Semoga artikel ini bermanfaat!
editor-avatar-0
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020