Pesona Pulau Sepa, Surga Tersembunyi di Ujung Jakarta

M Rio Aldino
Part-time Traveler dan Privat Employee. Lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi
Konten dari Pengguna
12 Juli 2023 21:15 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari M Rio Aldino tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pulau Sepa. Foto: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Pulau Sepa. Foto: Dokumentasi Pribadi
ADVERTISEMENT
Siapa sangka jika Jakarta yang dikenal sumpek dan sibuk ternyata menyimpan segudang rekomendasi spot wisata ciamik yang terkadang luput dari perhatian publik. Mungkin sebagian besar dari pelancong yang berkunjung ke Jakarta lebih familiar dengan wisata semacam Kota Tua, Monas, Taman Mini Indonesia Indah, bahkan Ancol. Faktanya, Jakarta juga punya loh wisata pulau dan pantai indah yang tak kalah dari Bali bahkan Labuan Bajo. Berlokasi di ujung laut Jakarta, namanya Pulau Sepa, pulau ini masuk dalam kawasan administratif Kab. Kepulauan Seribu, Propinsi DKI Jakarta.
ADVERTISEMENT
Pulau ini memang tak seterkenal Pulau Tidung, Pari, ataupun Pramuka namun pesonanya mampu menghipnotis setiap wisatawan yang berkunjung. Pulau Sepa ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana camping dipantai saat weekend setelah menghadapi masa-masa yang sulit saat weekday. FYI, di Pulau Sepa tidak ada homestay atau cottage ya, jadi benar-benar recommended buat para campers!

Bagaimana cara ke Pulau Sepa dari Jakarta?

Pulau Sepa hanya dapat kamu tuju menggunakan transportasi laut seperti kapal tradisional atau speedboat, tidak ada akses udara atau pesawat kecil ya. Pertama, kamu harus menuju pelabuhan Muara Angke di Jakarta Utara untuk memulai perjalanan pertama menuju pulau Harapan sebagai pulau transit sebelum menuju Pulau Sepa. Dari Angke kamu akan menaiki kapal tradisional dengan harga mulai dari Rp 92.000, untuk tiket kapal Tradisional Angke-Harapan dapat kamu pesan via online di website resmi tiketkapaltradisional.com ya. Disarankan kamu harus sudah ada di Muara Angke pukul 07:00 WIB karena kapal akan mulai berlayar pukul 07:30 WIB. Setelah menempuh perjalanan laut sekitar 3 jam lebih, kamu akan tiba di Pelabuhan Pulau Harapan sekitar pukul 11:00 WIB. Kapal tradisional ini berangkat setiap hari ya!
ADVERTISEMENT
Nah, setelah tiba di Pulau Harapan apa yang harus kamu lakukan? Pastinya kamu harus mencari dermaga tempat kumpulan ojek kapal kecil, tenang lokasi dermaga ojek kapal ini tidak jauh kok dari dermaga utama pukau Harapan, cukup tanya warga sekitar saja.
Karena Pulau Sepa ini tergolong pulau kecil dan bukan jadi tujuan wisata popular pelancong, maka kamu harus mulai bernego dengan para ojek kapal ini untuk dapat mengantarkanmu menuju Pulau Sepa. Biasanya kapal kecil ini mematok harga sekitar Rp. 60.000 – 80.000 per orang untuk perjalanan dari pulau Harapan ke Sepa, dan ini biasanya sudah PP ya dengan minimal penumpang 5 orang dalam satu kapal. Perjalanan dari Pulau Harapan menuju Sepa ini akan memakan waktu selama 45 menit saja.
Dermaga Pulau Sepa / Dokumentasi Pribadi
Setelah sampai di Pulau Sepa pada siang hari, kamu diharuskan membayar uang menginap atau restribusi camping sebesar Rp. 30.000/orang untuk satu malam. Setelahnya, baru deh kamu bebas mendirikan tenda dan menikmati suasana pantai bersih dan cantik. Sedikit tips, di Sepa ini tidak ada listrik yang hidup selanjang hari ya, jika mau ngecas HP bisa di gubuk penjaga dengan tarif charge Rp 15.000 sampai penuh dan inipun hanya tersedia dari pagi sampai sore hari saja. Sementara untuk fasilitas toilet tersedia di Pulau Sepa dengan tarif GRATIS! Untuk bahan logistik makan dan peralatan camping, kamu bisa atur sendiri ya karena tidak ada penyewaan alat camping dan penjualan bahan logistik di lokasi.
ADVERTISEMENT

Di Pulau Sepa Enaknya Ngapain?

Berdasarkan pengalaman pribadiku, beberapa aktivitas seru dapat kamu lakukan ketika camping di pulau Sepa ini mulai dari bermain voli pantai bersama teman-teman, berenang di lautnya yang jernih dan dangkal, berfoto ria di dermaga estetik pulau Sepa, explore hutan kecil Pulau Sepa, hingga membuat api unggun dimalam hari. Oiya, ketika berenang kamu harus tetap waspada ya karena nyatanya di Pulau Sepa ini masih terdapat bulu Babi.
Sunset di Pulau Sepa / Dokumentasi Pribadi
Rincian pengeluaran:
- Tiket Kapal Muara Angke – P. harapan (PP) : Rp 184.000
- Ojek Kapal P. Harapan – P. Sepa (PP) : Rp. 80.000
- Biaya Menginap Semalam : Rp. 30.000
TOTAL : Rp. 294.000
Gimana, udah siap liburan ke Pulau Sepa? Yuk ajak teman dan pasanganmu menikmati sensasi lain dari pariwisata Ibukota Jakarta.
ADVERTISEMENT