Tingkatkan Budaya Literasi, Mahasiswa KKN-BBM 66 UNAIR Adakan Story Telling

Mahasiswa S1 Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga
Konten dari Pengguna
7 Agustus 2022 9:36
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Muhammad Wahyu Rizqi Amanda tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Pribadi, Kegiatan Taman Belajar Masyarakat di Kelurahan Sukomanunggal
zoom-in-whitePerbesar
Foto Pribadi, Kegiatan Taman Belajar Masyarakat di Kelurahan Sukomanunggal
ADVERTISEMENT
Universitas Airlangga bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) kembali mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata - Belajar Bersama Masyarakat Universitas Airlangga (KKN-BBM UNAIR) periode ke-66 di tahun ini. Kuliah Kerja Nyata - Belajar Bersama Masyarakat Universitas Airlangga (KKN-BBM UNAIR) ke-66 diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Airlangga, dimana mereka diterjunkan ke sebelas daerah di Jawa Timur, yaitu Bojonegoro, Madiun, Surabaya, Banyuwangi, Lamongan, Jember, Gresik, Bangkalan, serta pondok pesantren yang terdapat di area Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Pelepasan dilakukan langsung oleh Rektor UNAIR, Prof. Dr. Mohammad Nasih pada Senin, 11 Juli 2022. Kegiatan KKN-BBM UNAIR ke-66 ini dilakukan dari tanggal 11 Juli 2022 hingga 4 Agustus 2022.
ADVERTISEMENT
Salah satu kelompok KKN-BBM UNAIR, yaitu Kelompok Sukomanunggal yang merupakan kelompok yang bertempat di Kelurahan Sukomanunggal, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya mengadakan program kerja membaca buku dan story telling bersama anak-anak di Taman Baca Masyarakat RW 01 Kelurahan Sukomanunggal, Surabaya, pada Sabtu, 16 Juli 2022. Program kerja ini didasari oleh analisis hasil penelitian dan survei terkait dengan kondisi pada Kelurahan Sukomanunggal, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, serta diskusi dengan perangkat desa di Kelurahan Sukomanunggal, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya. Permasalahan yang terjadi terkait pada bidang pendidikan adalah kurangnya pemanfaatan Taman Baca Masyarakat yang terletak di RW 01 Kelurahan Sukomanunggal, dimana Taman Baca Masyarakat tersebut lebih banyak digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah anak - anak, sehingga anak - anak jarang berkunjung ke Taman Baca Masyarakat tersebut untuk melakukan kegiatan literasi. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, mengasah kemampuan bercerita dan mengajarkan kepercayaan diri pada anak, dimana hal tersebut merupakan hal yang penting mengingat tingkat literasi masyarakat Indonesia masihlah rendah.
ADVERTISEMENT
Permasalahan terkait rendahnya minat literasi masyarakat Indonesia menjadi masalah yang dihadapi bangsa saat ini. Budaya literasi dapat dimulai sejak usia dini, dimana pada masa tersebut anak mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat, sehingga kebiasaan yang dilakukan anak sejak dini juga akan menjadi kebiasaan saat telah dewasa. Budaya literasi yang tidak ditanamkan sejak dini mengakibatkan kurangnya minat anak dalam membaca dan menulis.
Literasi merupakan kemampuan yang terkait dengan kemampuan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Kemampuan literasi anak bukan hanya kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan dalam mengolah kata dan membentuk kalimat. Minat literasi pada anak dapat diajarkan melalui kegiatan sederhana, seperti mengajak anak untuk membaca buku cerita ataupun dongeng.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 30 anak-anak yang dilaksanakan di Taman Baca Masyarakat yang terletak di RW 01 Kelurahan Sukomanunggal dan dimulai pukul 09.00 hingga 11.00. Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh 2 mahasiswa KKN sebagai pembawa acara. Pada sesi acara pertama, anak - anak diajak untuk membaca buku cerita yang telah dibagikan dengan didampingi oleh mahasiswa. Pada sesi ini, setiap 2 anak akan didampingi oleh 1 mahasiswa KKN, kemudian akan diminta untuk membacakan buku cerita yang telah dibagikan kepada mahasiswa yang mendampingi. Selanjutnya, beberapa anak diminta untuk menceritakan kembali cerita yang telah dibaca di depan teman-teman yang lain. Anak - anak yang telah maju ke depan akan diberikan hadiah berupa makanan ringan.
ADVERTISEMENT
Pada sesi acara pertama tersebut diharapkan dapat melatih kemampuan bercerita serta meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Pada sesi ini, anak - anak cukup aktif dan antusias dalam mengikuti acara, dimana terdapat cukup banyak anak yang ingin maju untuk menceritakan kembali cerita yang telah dibaca. Selain itu, anak - anak yang telah maju ke depan untuk menceritakan kembali cerita yang telah dibaca akan mendapatkan hadiah, sehingga anak-anak menjadi lebih antusias mengikuti acara tersebut.
Foto Pribadi, Anak anak menonton video animasi cerita
zoom-in-whitePerbesar
Foto Pribadi, Anak anak menonton video animasi cerita
Kemudian acara dilanjutkan dengan menonton film anak - anak. Pada sesi ini, diputarkan beberapa film pendek anak - anak, salah satunya adalah Kancil dan Kura - Kura. Lalu setelah menonton film, diadakan kuis berhadiah, dimana anak - anak diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan film yang telah ditonton tadi, kemudian akan ditunjuk anak yang dapat menjawab pertanyaan dan jika benar dalam menjawab maka akan diberikan hadiah. Saat menonton film, anak - anak cukup kondusif dalam memperhatikan cerita yang terdapat dalam film tersebut. Anak - anak juga cukup aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Kemudian dilakukan penyerahan donasi buku untuk diletakkan di Taman Baca Masyarakat, dimana diharapkan dapat semakin memperbanyak variasi buku yang terdapat di Taman Baca Masyarakat sehingga anak - anak semakin tertarik untuk membaca buku.
Foto Pribadi, Pembagian Buku Hasil Donasi ke Kelurahan Sukomanunggal
zoom-in-whitePerbesar
Foto Pribadi, Pembagian Buku Hasil Donasi ke Kelurahan Sukomanunggal
Dengan adanya acara ini diharapkan anak - anak dapat lebih sering mengunjungi Taman Baca Masyarakat untuk membaca buku baik buku cerita anak - anak maupun buku pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan tingkat literasi pada anak. Selain itu, dengan adanya kegiatan story telling di depan teman - teman, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak - anak serta melatih anak - anak untuk dapat saling berbagi ilmu pengetahuan yang telah didapatkan kepada orang lain.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·