kumparan
9 Juni 2018 12:51

Peluang Bisnis Kopi dan Analisa Usahanya

Kopi adalah jenis minuman yang banyak dicintai banyak orang mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. Rasa kopi yang enak dan leading sangat cocok dinikmati saat kapanpun. Menikmati kopi sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat maupun warga Indonesia mulai dari dulu sampai sekarang ini. Minum kopi sendiri ramai dilakukan masyarakat di pagi hari, siang hari dan pada malam hari yang biasanya momen yang tepat untuk meminum kopi.
ADVERTISEMENT
Sudah tidak heran lagi, tradisi minum kopi ini telah mengakar bagi masyarakat mulai dari golongan ekonomi menengah bawah hingga ekonomi menengah atas. Semua elemen masyarakat memang banyak yang tergila-gila atau kecanduan kopi, jadi rasanya akan ada yang aneh kalau menyiakan waktu untuk menikmati kopi.
Kopi itu adalah jenis minuman yang diolah dari pengolahan butir kopi. Bulir kopi sendiri didapat dari tanaman kopi yang sudah ranum dan dalu yang setelah itu dikupas serta dikeringkan terlebih dahulu. Setelah tahapan penjemuran lanjut dengan tahapan selanjutnya yaitu pegongsengan kopi yang berguna untuk menciptakan cita rasa dan scent kopi yang sangat enak. Metode ini berlangsung dengan menggoreng kopi tidak memakai minyak, setelah proses gongseng selesai butir kopi dapat digiling agar memperoleh bubuk kopi yang halus dan lembut. Bubuk kopi ini yang nantinya untuk diseduh menjadi minuman yang mantap.
ADVERTISEMENT
Banyaknya pengidola kopi di negeri ini dapat membuat sebuah peluang bisnis kopi yang menggiurkan serta membanggakan. Minuman yang jadi incaran serta kesukaan masyarakat tentu akan meraih keuntungan usaha yang bagus bagi pelaku bisnis kopi. Kedai kopi adalah tempat yang ramai dengan penggemar kopi dari waktu ke waktu tidak ada masalah hawa panas ataupun hujan. Inilah yang akan membuat banyak pelaku bisnis kopi yang menjadi keberhasilan dan sukses dengan income penjualan yang tinggi.
Tertarik untuk mengeluti bisnis kopi yang menggiurkan dan tidak ada matinya? Peluang berbisnis kopi akan masih terbentang lebar untuk siapa saja yang ingin melakukan langsung di usaha tersebut. Bisnis ini sangat simpel dilakukan tidak wajib mempunyai kemampuan tertentu dalam mengerjakannya. Meracik kopi tentulah tidak ribet dan sulit seperti mengolah racikan bumbu makanan kuliner. Dengan kemudahan proses pembuatan kopi yang simpel menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk menerjuni bisnis kopi.
Cara simpel Meracik kopi juga biasanya pecinta atau penikmat kopi di negeri ini membuat usaha kopi peluang suatu usaha yang menjanjikan. Lalu bagaimana cara mengawali atau membuka usaha kopi? Untuk menguasai bisnis kopi ini Kamu bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:
ADVERTISEMENT
Mengawali Bisnis Kopi agar tidak ada matinya yaitu dengan cara sebagai berikut:
Sedikitnya terdapat beberapa hal yang wajib Kamu rancang untuk mengawali bisnis ini. Pelajari betul dengan penuh konsentrasi.
1. Target Konsumen
Kamu wajib memikirkan matang-matang siapa target customer Kamu. Siapakah yang akan menjadi client prioritas bisnis kopi Kamu. Berapa gaji yang akan kamu berikan. Seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi. Kelas apakah mereka?
Mempelajari perilaku konsumen akan membantu memetakan cara berikutnya. Seperti tempat yang cocok, desain kode yang sesuai, dan harga yang tepat untuk kopi Kamu. Jika modal Kamu kecil dan menarget customer kalangan menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan sahabat atau capitalist yang ingin membiayai bisnis Kamu.
ADVERTISEMENT
Cara gampang mendapatkan capitalist adalah membawa sertifikat tanah atau BPKB kita ke Bank.
2. Tempat yang cocok untuk Bisnis Kopi
Kamu harus menemukan tempat paling strategis,nyaman dan mudah dijangkau untuk memulai bisnis kopi ini. Tempat menjadi penentu dalam perjuangan bisnis Kamu.
Begitu pula bila Kamu akan mengonsep bisnis kopi dengan kedai. Hal ini dapat sangat menolong jika tempat yang Kamu pilih adalah tempat yang bersinggungan dengan universitas, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya.
3. Mendapatkan Supplier
Ini adalah hal krusial, yang kadang dianggap sepele. Apabila Kamu menjual kopi untuk sasaran pembeli kalangan menengah ke bawah. Kamu tak usah galau mencari vendor, di pasar ramai penjual kopi baik instan maupun tidak.
ADVERTISEMENT
Berbeda lagi kalau sasaran Kamu golongan menengah ke atas. Jika Kamu mau revenue jutaan perbulan, Kamu wajib menarget client ini. Kalangan ini bersedia membayar mahal, oleh karena itu mereka pantas menikmati kopi terlezat yang pernah ada.
Kamu dapat saja pergi ke pelbagai tempat untuk menemukan kopi yang nikmat. Nikmatilah, itu adalah biaya survei yang harus Kamu jalani.
4. Pelayanan yang Berkualitas
Selalu memberikan pelayanan yang baik,ramah dan memuaskan akan sangat membantu Kamu dalam merancang bisnis menjadi cukup baik. Buatlah bisnis kopi Kamu menjadi usaha yang mempunyai tata krama, karena hal tersebut akan memberikan timbal balik yang luar biasa dari para consumer.
Dengan pelayanan yang berkualitas dan ramah, Kamu word play here juga harus memperhatikan kesempurnaan dari tempat yang Kamu pakai untuk bisnis kopi tersebut.
ADVERTISEMENT
5. Teknik Penjualan
Kamu bisa memanfaatkan cara media maya maupun offline. Apabila Kamu sudah menggunakan konsep usaha offline, maka Kamu dapat menggunakan media online untuk menjual bisnis kopi Kamu secara dunia maya. Jadi akan bertambah banyak yang mengenal bisnis kopi yang Kamu kerjakan sekarang.
Itulah mengenai informasi kesempatan bisnis kopi yang dapat Kamu ketahui dengan nyata supaya Kamu lebih mudah dan serius dalam melaksanakan bisnis kopi yang menjanjikan.
Usaha kopi justru tidak akan mati dan surut akan pembelinya, sampai-sampai jika mengolah usaha tersebut tentu akan penuh peluang keberhasilan yang gampang untuk Kamu raih.
Mau untuk membuka usaha kopi ini sekarang? Ayo jangan tunda lagi untuk membuka usaha tersebut, pasti peluang menjadi pebisnis kopi yang sukses tidak boleh hilang begitu saja.
ADVERTISEMENT
Semoga artikel tentang kesempatan usaha kopi bisa diamalkan dan berarti bagi bisnis Kamu kedepannya. Bisnis ini membutuhkan mesin kopi yang digunakan untuk alur pembuatan kopi dengan cara gampang dan lebih praktis. Mesin tersebut disebut mesin kopi instan yang cocok sekali dipakai untuk bisnis kopi dengan usaha berjenis kantin maupun untuk providing. Semoga dengan cara ini bisnis yang akan kamu kerjakan bisa berhasil dan tidak aka nada matinya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan