kumparan
18 Mei 2018 15:27 WIB

5 Misteri Kata dan Gambar yang Masih Simpang Siur Artinya

Beberapa dari listikel dibawah ini memiliki makna dan fungsi yang pernah diperdebatkan di dunia maya. Hal ini disebabkan oleh netizen yang mengaku mendengar atau melihat hasil yang berbeda-beda dari kenyataan.
ADVERTISEMENT
Simak penelusuran Mysteries Mayhem terkait lima misteri kata dan gambar yang masih simpang siur artinya, ya! Coba kalian analisa dan telusuri makna dan arti dari kata dan gambar-gambar ini, ya!
1. Laurel or Yanny
Laurel or Yanny sebenarnya adalah uji persepsi yang sempat populer di dunia maya beberapa waktu lalu. Uji persepsi yang dimaksud adalah orang-orang yang mengaku mendengar suara-suara yang berbeda.
Ketika rekaman suara Laurel or Yanny didengarkan pada netizen, sebagian netizen mengaku mendengar kata Laurel. Namun, beberapa diantara mereka mengaku mendengar Yanny.
Belum ada penjelasan signifikan terkait hal ini. Kalau kamu dengar yang mana?
2. The Dress
The Dress adalah fotografi sebuah gaun acara pernikahan pasangan asal Skotlandia. Setelah di foto, pasangan ini dan keluarganya mengaku melihat warna yang berbeda-beda dari gambar. Ada yang mengaku melihat warna gaunnya adalah Biru garis hitam dan ada pula yang melihatnnya berwarna emas dan hitam. Foto ini pun sempat viral di dunia maya pada 26 februari 2015, dan menjadi perdebatan besar dikalangan netizen. Bagaimanakah penjelasan sebenarnya? Apakah hal ini dapat dijelaskan secara saintifik?
ADVERTISEMENT
3. Mcgurk Effect
Mcgurk Effect adalah fenomena persepsi yang mengkorelasikan interaksi antara pendengaran, penglihatan, dan cara bicara. Jika anda lihat video dibawah ini, sebenarnya sang demonstran mengucapkan 3 kalimat berbeda. Bibirnya mengucapkan “ga..ga..ga”, suaranya mengucapkan “ba..ba..ba”, sedangkan otak mengintepretasikannya sebagai “da..da..da”. info selengkapnya bisa kalian lihat di video ini:
Suara apa yang kalian dengar?
4. D'Agapeyeff Chipher
Alexander d'Agapeyeff bukanlah seorang kriptografer, hanya karena ia pernah menulis buku mengenai pembuatan peta (kartografi), ia memutuskan memasukkan kriptografi (mengenai sandi) ke dalam buku keduanya. Pada halaman terakhir buku itu, ia memasukkan sebuah kode yang dikatakan sederhana dan bertujuan untuk "menguji pembaca menguji keahliannya." Seberapa sederhana-pun kata si d'Agapeyeff, kodenya sampai sekarang belum bisa dipecahkan dan masih bertahan selama 70 tahun.
ADVERTISEMENT
5. Dorabella Cipher
Dikirim oleh seseorang yang berbakat musik dan menggemari kode bernama Edward Elgar ke temannya Miss Dora Penny. Jika dilihat sekilas, mungkin kode itu tidak memiliki arti apa-apa. Tapi kode yang dikirimkan sekitar 110 tahun lalu, tepatnya tahun 1897, telah menjadi subjek dari penelitian selama bertahun-tahun dan belum ada yang berhasil memecahkannya hingga sekarang.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan