Pencarian populer

5 Penjara Terseram di Dunia

Penjara-penjara ini bukanlah penjara biasa. Tapi, dikenal kejam karena sistem yang mereka terapkan untuk mendisiplinkan para tahanannya. Terkadang, para narapidana diperlakukan diluar batas kemanusiaan dan tidak diperlakukan seperti sebagaimana mestinya.

Selain itu, fasilitas-fasilitasnya bisa dibilang sangat tidak layak. Mulai dari ruang gerak yang serba terbatas, makanan yang penuh dengan kotoran dan penyakit, hingga kasus penyiksaan napi oleh sipir penjara.

Bahkan, beberapa diantara napi harus tewas akibat kondisi yang tidak layak atau karena penyiksaan. Nah, penasaran penjara mana saja yang dinilai jadi yang terseram dan terkejam di dunia? Simak penelusuran Mysteries Mayhem, ya!

1. Penjara Diyarbakir

Meski terkenal keindahan dan wisata religinya, Turki juga memiliki salah satu penjara terseram di dunia. Bahkan, penjara yang sudah beroperasi sejak tahun 1980 ini mendapat kecaman dari organisasi HAM Eropa pada 2010 karena banyaknya kasus penyiksaan dan kekerasan.

Tercatat, 299 napi tewas disiksa, 16 napi ditembak mati saat ingin melarikan diri, dan 43 napi bunuh diri. Para napi pun disiksa baik fisik ataupun psikis. Bahkan, 14 napi tewas akibat mogok makan di sana atas tindakan protes penyiksaan di sana.

2. Penjara Carandiru

Masih ingat dengan kerusuhan di penjara yang menggemparkan dunia tahun 1992 silam? Penjara Carandiri di Sao Paulo, Brasil, ini tempatnya. Di sana terjadi kerusuhan antargeng di dalam penjara dan juga melibatkan kepolisian. Total, 111 napi tewas dan 87 lainnya luka-luka.

Bahkan akibat peristiwa itu, pada April 2013 lalu Pengadilan Sao Paulo menjatuhkan hukuman kepada 23 anggota polisi yang dianggap bersalah. Dibangun tahun 1920, sudah ada kasus 1.300 kematian di sana. Diperkirakan, peperangan antargeng menjadi sumber malapetaka dan mampu merenggut banyak korban jiwa. Tahun 2002, Pemerintah Brasil menutup penjara ini.

3. Penjara Gitarama

Penjara ini berada di negara Rwanda dan dikenal juga dengan sebutan neraka bumi, hal ini diakibatkan karena kapasitas penjara yang dirancang untuk 500 napi, tapi faktanya rumah tahanan ini dihuni lebih dari 6000 napi.

Karena hal inilah, banyak napi yang harus berdiri sepanjang hari dengan kaki membusuk. Mengapa demikian? karena tempat ini memang benar-benar sesak, bahkan mereka membuang kotoran dengan berdiri dan jatuh di kaki mereka sendiri.

Karena mengalami kondisi seperti inilah yang membuat banyak kaki napi yang terinfeksi penyakit yang pada akhirnya membusuk dan terpaksi di amputasi. Kalau tidak di amputasi, mereka pasti akan mati secara perlahan.

4. Penjara Bang Kwang

Penjara ini berada di negara Thailand, tepatnya kurang lebih 7 mil dari kota Bangkok. Penjara yang dijuluki The Bangkok Hilton ini sangat identik dengan penyiksaan para narapidananya. Selain penyiksaan, para narapidana juga ditempatkan di sel kecil dan mereka harus berdesak-desak.

Para narapidana di penjara Bang Kwang harus mengunakan rantai borgol di kaki mereka selama tiga bulan pertama masa hukuman mereka. Sedangkan untuk narapidana yang mendapatkan hukuman mati, hanya diberitahu beberapa jam sebelum dilakukan eksekusi yaitu dengan di bius mati.

5. Penjara Alcatraz Island

Penjara Alcatraz Island merupakan salah satu penjara paling terkenal di dunia. Penjara ini berada di San Francisco, tepatnya di pulau Alcaatraz. Penjara ini sudah menjadi rumah untuk banyak panjahat paling berbahaya di dunia.

Salah satu orang yang pernah menjadi tahanan terkenal di penjara ini yaitu Al ‘Scarface’ Capone. Penjara ini juga terkenal dengan insiden kekerasan, dimana banyak narapidana yang berusaha melarikan diri, insiden ini disebut Battle Of Alcatraz (1946).

Karena besarnya biaya pengelolaan dan reputasi yang semakin hari bertambah buruk, akhirnya pada bulan Maret 1963, penjara ini dipaksa untuk ditutup.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: