Invasi dan Ilmu Pengetahuan

Nadila Maulidia
Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 11:55 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nadila Maulidia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Yuval Noah Harari dalam bukunya yang berjudul Sapiens: A Brief History of Humankind menjelaskan bad keenam belas menjadi saksi dari serangkaian peristiwa yang akan mengubah wajah dunia untuk selamanya. Kedatangan bangsa Spanyol di Karibia dan penaklukan mereka terhadap kerajaan-kerajaan Aztec dan Inca di Meksiko dan Amerika Selatan merupakan pukulan telak bagi dunia yang tak pernah menduga kedatangan "penjajah" yang berkulit putih dan berperadaban lebih maju. Tulisan ini membahas bagaimana bangsa-bangsa Eropa memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk mendukung proyek imperialisme mereka.
Sumber : Canva

Awal Mula Dimulainya Invasi

Spanyol kemudian sebagai salah satu negara yang punya kekuasaan dan sumber daya yang cukup memulai operasi kolonisasi berupa penjajahan dan penaklukan dijalankan pada sekitar tahun 1517. pada pelaksanaan ekspansi dan penjelajahan spanyol sudah cukup mampu untuk mencapai berbagai intensifikasi aktivitas kolonial spanyol ini berimplikasi pada kekuasaan yang tercakup pada berbagai belahan dunia, terutama di bagian Amerika.
ADVERTISEMENT
Spanyol mengawali pergerakannya di pulau karibia, kemudian mendarat di wilayah Aztec yang menghasilkan rantai koloni baru yang cukup kuat, Suku Aztec kemudian menganggap invasi yang dijalankan oleh Spanyol merupakan sebuah invasi yang cukup asing ini kemudian disebut dengan “ Invasion from outer space.” ini kemudian diperkuat dengan ketidaktahuan Suku Aztec dalam memberikan reaksi terhadap kolonisasi yang dijalankan oleh spanyol.
Selain dari kedigdayaan spanyol ,warga Aztec semakin merasa asing dengan ciri fisik dari Spanyol. Warga Aztec American yang memiliki ciri fisik sangat berbeda dengan orang - orang spanyol memperkuat pandangan warga Aztec terhadap spanyol dan menyebut mereka dengan sebutan alien atau makhluk asing. Selain dari ciri fisik kesiapan tempur Pasukan Spanyol dibawah pimpinan Hernan Cortes dibersamai dengan teknologi, senjata dan gagasan-gagasan baru yang dirasa sangat tidak biasa bagi kondisi Amerika Tengah di masa itu.
ADVERTISEMENT
Berbicara soal konsep “invasion from outer space” ini dianggap sebagai sebuah analogi untuk kolonisasi yang sebelumnya dibahas. Alien dalam konstruk fiksi ilmiah mewakili sekelompok orang atau makhluk yang datang dari wilayah lain dengan membawa budaya dan ciri nya sendiri. Budaya ini akan mencakup soal perubahan dalam bahasa, agama, dan struktur sosial serta konflik dan perlawanan dari penduduk asli terhadap penjajahan makhluk yang dianggap asing.
Analisis analogi yang dijalankan memberikan pemahaman bagaimana konsep invasi dari luar angkasa ini mampu menyederhanakan cara pandang dalam merefleksikan bagaimana kolonisasi spanyol ke wilayah amerika dapat dibedah dari sudut pandang yang cukup. Dalam konteks manusia dan kekuasaan dinamika kekuasaan melalui relasi kuasa memberikan penglihatan yang menarik relasi kuasa antara spanyol sebagai “alien” yang lebih memiliki power dengan masyarakat lokal. Ini memicu perubahan struktur dalam masyarakat dan kekuasaan dan kehidupan sosial budaya pada wilayah yang sedang dijajah.
ADVERTISEMENT

Invasi Melahirkan Ilmu Pengetahuan Modern

Selain memunculkan beberapa kondisi kondisi politik dan sosial yg berimplikasi pada munculnya relasi kuasa. Proses kolonisasi juga memunculkan beberapa dampak yang cukup baik. ini kemudian dapat dilihat dari bagaimana kemampuan negara negara besar eropa yang melaksanakan penjelajahan menemukan banyak hal baru di daerah jelajahnya. hal hal baru tersebut kemudian disebut sebut mampu untuk memberikan kebaruan dalam sudut Pandang ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
Negara Eropa yang melakukan ini kemudian dapat dilihat dari bagaimana negara eropa melakukan kolonisasi di daerah india. India yg notabene punya sumber daya alam dan sumber daya ilmu pengetahuan dengan latar Belakang sejarah yang panjang mampu untuk membuka mata dunia terhadap hal hal yang dianggap unik dan baru di sana.
ADVERTISEMENT
Rare Spiders kemudian istilah yang muncul diera ini. istilah tersebut hadir dikarenakan temuan temuan baru soal hewan hadir akibat pemetaan yang dijalankan, eropa kemudian menemukan banyak sekali hal baru disana. salah satu temuan nya adalah laba laba langka yang dianggap mampu membuka ruang perkembangan ilmu pengetahuan
Selain itu, ada Forgotten Script yang juga menjadi temuan baru yang ditemui oleh negara negara eropa. ekspansi dan kolonisasi yang mereka lakukan memberikan ruang perkembangan keilmuan dan kebudayaan yang cukup signifikan, ini kemudian dapat dilihat dari bagaimana arsip arsip kuno dapat untuk diterjemahkan dan dilihat secara umum.
Di akhir, ekspansi dan kolonisasi yang dilakukan oleh negara negara eropa cukup banyak memberikan dampak perubahan di berbagai aspek di negara jajahan. aspek aspek peleburan budaya, penemuan ilmu pengetahuan, relasi kuasa menimbulkan implikasi yang tidak hanya buruk tapi jaga memberikan implikasi baik terhadap kondisi masyarakat secara umum
ADVERTISEMENT
Referensi :
Harari, Y. N. (2014). Sapiens: A brief history of humankind. Random House.