Konten dari Pengguna

Social media monitoring and evaluating (fungsi insight pada instagram)

20 Juli 2018 9:50 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:07 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nadya Pratiwi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Social Media monitoring and evaluation
(fungsi insight pada akun instagram)
ADVERTISEMENT
Dewasa ini, media sosial digunakan secara luas untuk membantu manusia menyampaikan pesan secara lebih kreatif, menarik, dan efektif. Media sosial tersebut digunakan pada semua bidang. Umumnya komunikasi yang digunakan media sosial dapat mendorong efektifitas hasil. Karena itu kini banyak penggunan media sosial yang menggunakan secara luas.
Salah satu kegunaan media sosial yang kini marak digunakan adalah sebagai sarana promosi atau iklan contohnya saja pada media sosial instagram. Masyarakat mulai berlomba-lomba untuk membuat suatu konten kreatif yang menarik perhatian para pengguan instagram yang lain hingga berujung pada tertariknya masyarakat dan bertambahnya follower pada akun instagram yang ia dimiliki. Konten yang dibuat harus menarik dan unik serta menggunakan strategi yang sesuai pada waktu dan tempat yang tepat serta tidak melanggar aturan yang. Karna semakin banyaknya peminat konten creator yang ingin bersaing membuat konten menarik itu maka diperlukannya pengawasan dan evaluasi pada akun, tujuannya tentu untuk mengetahui apakah akun instagram telah dijalankan dengan baik, adakah peningkatan signifikan yang terjadi serta untuk megevaluasi jika terjadi kesalan agar tidak dilakukan lagi kedepannya.
ADVERTISEMENT
Tidak ingin mengecewakan penggunannya instagram telah melengkapi dirinya dengan fitur Insight .
Apa itu Insight ?
Insight adalah salah satu fitur atau tools yang disediakan oleh Istagram berupa statistik dasar yang berguna untuk memahami lebih dalam bagaimana karakteristik follower, kapan mereka menggunankan instagram , effektifitas konten yang kita buat, serta dampak dari campaign yang kita buat di instagram itu sendiri.
Karena keterbatassannya pengetahuan para pengguna menyebabkan banyak dari pengguan instagram ini tidak bisa menggunakan bahkan ada dari sebagian merekan yang tidak mengetahui adanya fitur insight ini pada instagram. Padahal fitur ini sangat berguna karena dapat memberi kita data dan informasi yang cukup detail sehingga kita dapat menggunakannya untuk mengevaluasi dan mengontrol akun instagram kita.
ADVERTISEMENT
Namun ternyata tidak semua akun yang bisa mengakses fitur Insight ini begitu saja. Ada persayaratan yang ditetapkan instagram agar dapat menggunakan Insight. Dan syarat yang paling utama adalah akun kita harus dalam mode bisnis. Kita dapat mengubah akun kita ke mode bisnis cukup dengan cara pergi ke halaman utama kemudian klik tanda titik tiga berada di sisi kanan atas layar, scroll kebawah sampai menemukan pilihan “Beralih ke profil bisnis”, kemudian halaman baru akan muncul untuk menjelaskan apa itu profil bisnis, klik lanjut, setelah itu kamu akn diminta untuk menghubungkan dengan akun facebook, klik lanjut dinama akun pribadi di facebook kamu, kemudian akan keluar lagi halaman baru dan pilih fanpage yang akan dijadikan profil bisnis di instagram, lengkapi data atau perbaharui profil kamu lalu klik tanda centang yang ada disebelah kanan atas, lalu akan keluar pop up yang berisi tanda kamu telah brhasil beralih dari akun profil pribadi menjadi profil bisnis, selesai. Dengan kita beralih ke profil bisnis akan ada sedikit perubahan yang terjadi, mulai dari tampilan, interface dan yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Disini penulis memberikan salah satu contoh akun yang menggunakan mode bisnis yaitu akun @officialhwuad untuk lebih tau tentang insight.
Halaman utama akun @officialhwuad
Tampilan insight yang menunjukan aktivitas interaksi akun @officialhwuad
Tampilan insighat yang menunjukkan aktivitas jelajah akun @officialhwuad
Tampilan insight dalam aktivitas jangkauan pada akun @officialhwuad
Beberapa manfaat yang didapat ketika menggunakan Insight pada akun Instagram kita
Untuk lebih mengetahui karakteristik dari followers
Dengan mengetahui karakteristik followers kita bisa menentukan konten apa yang paling diminati oleh mereka, strategi apa yang dapat kita gunakan untuk lebih menarik perhatian mereka
Mengetahui efektivitas konten
Konten yang kita buat belum tentu akan disukai oleh semua orang. Dengan insight ini kita dapat mengetahui gambaran kesimpulan dari konten yang kita buat dan konten seperti apa yang paling disukai
ADVERTISEMENT
Sebagai media evaluasi terhadap strategi yang kita gunakan
Insight adalah salah satu media yang dapat kita gunakan untuk mengevaluasi strategi yang kita gunakan selama ini, apakah sudah benar konten yang kita gunakan, apakah sudah sesuai antara konten yang kita buat dengan konten yang disukai followers, serta kapan saat yang tepat untuk kita posting .