Pentingnya Peran dan Kasih Sayang Ayah dalam Mengajarkan Hal Spiritual pada Anak

Mahasiswi Hukum Keluarga UIN Jakarta 2022
Konten dari Pengguna
18 November 2022 15:09
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Nailah Zhafira Balqis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber gambar : pexels.com / Maria Lindsey
zoom-in-whitePerbesar
sumber gambar : pexels.com / Maria Lindsey
ADVERTISEMENT
Di dalam sebuah keluarga pasti ada yang namanya keluarga inti. Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah dan ibu masing-masing pasti mempunyai peran yang sangat penting di dalam keluarga inti, terutama untuk anak. Tidak hanya seorang ibu yang hanya diharuskan mendidik anaknya, tetapi seorang ayah pun juga diharuskan untuk mendidik anaknya.
ADVERTISEMENT
Biasanya seorang ayah jarang memperhatikan perilaku atau kegiatan anaknya, dengan alasan memperhatikan anak sudah menjadi tanggung jawab seorang ibu, dan ayah tugasnya hanya mencari nafkah untuk keluarga. Namun kenyataannya seorang anak butuh dan perlu diperhatikan dan diberikan kasih sayang oleh kedua orang tuanya. Jika seorang anak tidak diperhatikan oleh ayahnya, dikhawatirkan anak tersebut memiliki “daddy issues” atau masalah ayah yang disebabkan karena kurangnya harmonis dan bisa juga karena hubungan emosional yang jauh dengan ayah.
Oleh sebab itu peran dan kasih sayang ayah sangat penting untuk anak, salah satunya dalam hal spiritual. Seorang ayah juga bertanggung jawab untuk menanamkan nilai spritual pada anak. Nilai-nilai spiritual diharuskan sudah diajarkan pada anak sedari anak tersebut masih usia dini dengan metode memberikan nasihat, contoh dan cerita. Selain itu cara lainnya adalah dengan melalui pendekatan, keterlibatan dan sebagai teladan spiritual bagi anak.
ADVERTISEMENT
Nilai-nilai spiritual yang dimaksud bisa berupa pengajaran tentang keagamaan, contohnya :
1. Tentang cara-cara beribadah
2. Cara membaca dan menulis Al-Qur'an dan doa-doa
3. Mengajarkan tentang akhlak dan perilaku yang baik
4. Mengajarkan dasar-dasar keislaman
Jika seorang ayah mengajarkan hal-hal tersebut kepada anak dengan baik dan benar, serta tidak memakai kekerasan dalam mendidik melainkan dengan kasih sayang, anak pasti akan mudah mengingat hal-hal tersebut. Lebih dianjurkan lagi bila sebuah keluarga memiliki nilai-nilai spiritual yang cukup kuat agar anak bisa mengikutinya dengan baik karena didikan oleh orang-orang yang ada di keluarganya juga.
Seorang ibu pun juga diharuskan untuk mendidik anaknya, karena ibu adalah guru pertama bagi anak. Jika ayah dan ibu baik dalam mendidik anaknya, baik mendidik secara spiritual maupun non-spiritual, anak tidak akan mempunyai “issues” dihidupnya. Dan lingkungan anak juga penting untuk kesehatan mental anak. Jika anak memiliki “daddy issues” dan juga lingkungan anak tidak baik atau toxic, dikhawatirkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas atau hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya :
ADVERTISEMENT
1. Hamil di luar nikah, ini dikarenakan anak yang kurang mendapatkan kasih sayang dari seorang ayah dan juga kurangnya pendidikan spiritual menunjukkan sifat lebih agresif terhadap laki-laki dan berupaya mencari kasih sayang kepada lawan jenis lain sehingga lebih rentan dimanfaatkan oleh laki-laki.
2. Masalah perilaku, contohnya anak akan sulit untuk mengontrol emosinya.
3. Disorientasi seksual, bagi anak perempuan jika sosok ayah hanya akan membuat luka batin di dalam diri anak, contohnya suka membentak, menghina, melakukan kekerasan fisik, mengabaikan, maka hal-hal tersebut bisa membuat seorang anak perempuan tidak menyukai sosok laki-laki dikehidupannya.
Dari hal-hal tersebut bisa menjadi alasan pentingnya sosok ayah, peran ayah, kasih sayang ayah, didikan seorang ayah, dan juga pentingnya pendidikan spiritual pada anak. Jika hadirnya sosok ayah dalam kehidupan anak kemungkinan anak tidak akan terjerumus ke dalam hal-hal tersebut.
ADVERTISEMENT
Daftar Pustaka
Dr. Fadhli Rizal Makarim, Perlu Tahu, 3 Penyebab dan Tanda-Tanda Daddy Issues, halodoc.com, 22 September 2022.
Dr. Kevin Adrian, Daddy Issues, Ini Tanda Seseorang Mengalaminya, alodokter.com, 10 September 2021.
Nur Syariful Amin, Peran Ayah dalam Penanaman Nilai-Nilai Spiritual pada Anak, Program Magister Sains Sekolah Pacsa Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta 2017.
Ifiana, Dampak Kekurangan Kasih Sayang Ayah pada Anak/Father Hunger, paudpedia.kemendikbud.go.id.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020