Apakah Semua Orang Memiliki Jiwa Pengusaha?

Nandini Dwi Tantry
Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya
Konten dari Pengguna
10 Oktober 2023 17:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nandini Dwi Tantry tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pengusaha merupakan seorang yang memiliki suatu ide usaha yang bisa dikeluarkan menjadi objek nyata untuk dipasarkan kepada konsumen yang akan menghasilkan keuntungan dan mampu mendirikan perusahaan oleh pengusaha itu sendiri.
Design pribadi oleh Nandini Dwi Tantry
Pengusaha juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Biasanya disuatu perusahaan itu tidak hanya pengusaha saja, ada juga klien yang membantu untuk menjalankan bisnis pengusaha itu.
ADVERTISEMENT
Mungkin beberapa dari kita semua mengatakan bahwa tidak semua orang mempunyai sisi pengusaha. Faktanya, sejak dari lahir kita sudah diciptakan sisi jiwa pengusahanya masing-masing oleh Yang Maha Kuasa. Selama kita hidup, kita berada di ruang lingkup pengusaha. Contohnya, sejak umur 1 tahun sudah diberikan mainan yang di produksi oleh perusahaan-perusahaan. Disamping itu, semakin kita beranjak dewasa kita sudah mempunyai pemikiran usaha yang dimana ada rasa timbul ingin memproduksi barang dari ide kita sendiri.
Seringkali kita ingin membuka suatu usaha tetapi memiliki banyak hambatan seperti modal awal yang belum mencukupi, kurangnya pengetahuan dalam dunia bisnis, dan masih banyak faktor lainnya, tetapi terkadang tidak bisa di jadikan alasan, karena seorang pengusaha memiliki mindset untuk mengembangkan dirinya sampai bisa membangun usahanya.
ADVERTISEMENT
Disini pola pikir pengusaha juga memiliki peran penting untuk mewujudkan perusahaan tersebut yang memiliki keunggulan atau karakteristik yang inovatif, yaitu:
1. Bertanggung jawab
Seorang pengusaha harus berani bertanggung jawab atas kegiatan bisnis yang mereka jalankan karena itu akan berpengaruh kepada kualitas perusahaan yang dimiliki.
2. Menerima resiko
Di dalam perusahaan terdapat persaingan bisnis, oleh karena itu kita harus bisa menerima keluhan agar bisa mengevaluasi lebih untuk perusahaan kita.
3. Berinspirasi
Penguasaha yang sukses akan bisa membuka pola pikiran masyarakat bahwa menjadi pengusaha itu akan berdampak untuk masa depan mereka. Karena pengusaha itu termasuk aset masa depan.
4. Mempunyai target
Sabagai pengusaha, harus mempunyai tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan profitabilitas yang tinggi.
ADVERTISEMENT
5. Inovatif
Ketika kita sudah memproduksi barang, kita tidak boleh berfokus kepada satu produk saja. Alangkah baiknya, kita harus memproduksikan barang baru kembali karena itu sebuah kunci untuk mengambil keuntungan yang lebih banyak lagi.
Didalam dunia bisnis memiliki strategi atau marketing untuk menarik pengunjung, supaya meningkatkan daya tambah pada perusahaan tersebut. Perusahaan yang memiliki strategi lebih akan lebih maju karena strategi juga di unggulkan untuk membangun peluang bisnis, contohnya membuat iklan pada sosmed di era digital sekarang, dan membuat diskon besar-besaran agar konsumen lebih tertarik kepada produk kita.
Jadi sebagai seorang yang mempunyai jiwa pengusaha, harus bisa mengembangkan nya lebih lagi agar berpengaruh kepada masyarakat atau mengurangi tingkat pengangguran di indonesia dan bisa juga bersaing dengan negara-negara maju di luar sana. Pendapatan di indonesia kebanyakan diambil dari pendapatan pajak sebanyak 65.37%. Oleh karena itu, sebagai warga negara indonesia harus sadar akan pendapatan di negara ini, dan bisa lebih dikembangkan kembali supaya mengurangi tingkat hutang yang ada di indonesia.
ADVERTISEMENT
Nandini Dwi Tantry Manajemen Universitas Pembangunan Jaya.