Tekno & Sains
·
23 Agustus 2020 10:34

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Cepat dan Mudah

Konten ini diproduksi oleh Nando Rifky
Kehadiran visitor atau pengunjung sangatlah berharga bagi seorang Blogger. Blog yang dikelola akan tidak berarti jika tidak mempunyai visitor.
ADVERTISEMENT

UNTUK APA PUNYA BLOG TAPI SEPI PENGUNJUNG?

Sebenarnya, jika kalian berfikir cerdas, ada banyak cara untuk meningkatkan mengunjung blog, dari yang gratis hingga berbayar, kita bisa melakukannya.
Seperti yang berbayar yaitu dengan melakukan iklan di facebook atau google, mendatangkan visitor dari content placement berbayar, ataupun yang lainnya. Namun lupakan sejenak hal itu, jangan biarkan kantong kalian terkuras hanya untuk memenuhi keinginan mendapatkan pengunjung blog.
Jika bisa didapatkan secara gratis, kenapa harus berbayar? Kelima cara berikut bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pengunjung blog dengan cepat.

1. Melakukan BlogWalking

BlogWalking adalah perilaku mengunjungi blog lain yang masih berhubungan dengan isi konten blog kita, dan meninggalkan komentar yang relevan.
Kita bisa memanfaatkan kolom komentar yang terdapat pada blog orang lain untuk meningkatkan visitor blog kita. Tentunya, sangat disayangkan jika tidak melakukannya.
ADVERTISEMENT
Melakukan blogwalking merupakan cara efetif yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan pengunjung blog. Namun, sesekali jangan pernah berkomentar negatif atau mengandung SPAM karena akan  menurunkan citra kalian sebagai seorang blogger.

2. Membagikan Postingan ke Sosial Media

Kalian pasti tau kan, pertumbuhan sosial media kian hari semakin meningkat? Faktor itu bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan pengunjung blog loh.
Caranya mudah, cukup bagikan artikel blog kalian ke media sosial seperti facebook, twitter, ataupun sejenisnya ke beranda ataupun grup yang relevan.

Maksudnya grup yang relevan gimana?

Misal, artikel kalian berisi tentang 'Cafe Hits di Kediri'. Kalian bisa membagikan artikel tersebut ke grup yang berhubungan dengan kota kediri, ataupun cafe.

3. Melakukan Guest Post

Guest Post adalah sebuah tulisan yang dibuat dengan syarat tertentu dan dipublikasikan pada blog lain. Nantinya kita bisa menyisipkan link blog kita ke dalam artikel guest post tersebut.
ADVERTISEMENT
Sudah banyak situs blog yang menyediakan guest post gratis dengan syarat yang berbeda-beda. Kita harus memenuhi syarat yang sudah disediakan sebelum mengirimkan artikel.
Selain bisa mendapatkan pengunjung blog, banyak juga yang menggunakan cara ini untuk keperluan SEO dalam meningkatkan authority.

4. Melalui Forum Aktif

Banyak para blogger yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan visitor rujukan dari forum yang aktif. Akan tetapi, kalian tetap perlu memperhatikan rules yang sudah disiapkan karena setiap forum mempunyai rules yang berbeda. Jangan sampai melanggar! atau akun Anda bisa saja ter-BANNED.

5. Menulis Artikel Menarik Sesuai Kaidah SEO

Jika kalian memasuki dunia blogger, kalian harus siap untuk bergulat ke dalam SEO. Buat yang belum tau, SEO merupakan sebuah upaya optimasi website/blog untuk mendapatkan ranking atas di halaman hasil pencarian (SERP) guna meningkatkan pengunjung website atau blog tersebut.
ADVERTISEMENT
Menulis artikel menarik sesuai kaidah SEO bisa dilakukan dengan mudah jika kalian mau belajar sungguh-sungguh.
Tidak perlu membayar untuk belajar SEO, karena saat ini sudah banyak situs-situs yang membagikan ilmu SEO secara gratis.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white