Antrian Haji Hanya 6 Tahun? Ini Dia Caranya!

Natasha Guspini Fitria
Saya adalah seorang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan Manajemen dengan passion besar untuk berkarir di bidang marketing. Selama saya kuliah saya fokus pada bidang akademik sehingga saya mampu mendapatkan nilai memuaskan
Konten dari Pengguna
10 Januari 2023 10:25 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Natasha Guspini Fitria tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ibadah Haji didepan Baitullah (Sumber: https://www.pexels.com/id-id/pencarian/haji/)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ibadah Haji didepan Baitullah (Sumber: https://www.pexels.com/id-id/pencarian/haji/)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Haji merupakan sebuah kegiatan ibadah yang dilakukan umat islam untuk memenuhi rukun islam yang ke 5 dengan cara berkunjung ke Baitullah yang tentunya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.
ADVERTISEMENT
Banyaknya peminat haji dari tahun ke tahun menjadikan antrian haji reguler cukup panjang dengan kuota yang tidak bertambah disetiap tahunny. Antrian ibadah haji saat ini sangat panjang sekali bahkan tak jarang orang yang memiliki niat untuk mendaftar ibadah haji tiba-tiba mengurungkan niatnya karena melihat jangka waktu antrian haji yang sangat panjang.
Tapi tenang saja, selain haji reguler yang antrian nya bisa mencapai 30 tahun bahkan lebih, ada juga haji yang antrian nya hanya 6-7 tahun yaitu haji khusus. Haji khusus ini baru muncul dan sudah di resmikan oleh pemerintah Republik Indonesia. Penasaran? simak penjelasan berikut yuk!
Haji khusus yaitu program haji resmi yang kuotanya sudah terdaftar di pemerintah Republik Indonesia. Haji Khusus ini di selenggarakan oleh travel haji swasta dan tetap melalui kemenag. Haji khusus ini bersifat khusus baik itu pengelolaan,pembiayaan,pelayanan maupun biaya. Haji khusus ini cukup mahal jika dibandingkan dengan haji reguler.
ADVERTISEMENT
pengelolaan, pembiayaan, dan pelayanan ibadah haji khusus bersifat khusus. Misal dalam hal biaya, haji khusus lebih mahal dari reguler.
Harga haji khusus memang dibanderol lebih mahal sesuai dengan pelayanan yang bagus, jangka waktu antrian yang pendek, dan tentunya fasilitas yang tidak usah diragukan.