Konten dari Pengguna

Pentingnya Pertumbuhan Digital Bagi Kelangsungan Hidup UMKM

Natasha Guspini Fitria
Saya adalah seorang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan Manajemen dengan passion besar untuk berkarir di bidang marketing. Selama saya kuliah saya fokus pada bidang akademik sehingga saya mampu mendapatkan nilai memuaskan
9 April 2023 5:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Natasha Guspini Fitria tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pertumbuhan digital menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan dan kelangsungan hidup usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di era serba modern ini. UMKM merupakan salah satu komponen penting dalam perekonomian global, namun tidak sedikit pelaku UMKM sering kali merasa kesulitan untuk bersaing dengan perusahaan besar yang telah memiliki struktur jelas untuk pemasaran dan pengembangan bisnis.
ADVERTISEMENT
Dalam era modern saat ini yang notabene serba digital, UMKM tentunya harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang mereka tawarkan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pendapatan.
Ilustrasi UMKM Pedagang Bunga (Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-berjaket-hitam-dan-jeans-denim-biru-membeli-bunga-3646104/
Ada beberapa alasan mengapa pertumbuhan digital sangat penting bagi perkembangan dan kelangsungan hidup UMKM:
Ilustrasi UMKM (Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pasar-jalanan-gantung-toko-buatan-tangan-4502966/)
Pertumbuhan digital sangat penting bagi perkembangan dan kelangsungan hidup UMKM di era modern saat ini. UMKM harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang mereka tawarkan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pendapatan. Dengan demikian, mereka dapat bersaing dengan perusahaan besar dan tetap relevan di pasar global yang semakin kompetitif.
ADVERTISEMENT