Bagikan Informasi Kependudukan Dengan Komedi Situasi

Mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Konten dari Pengguna
21 Juni 2022 14:55
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Natasya Fira tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
SITKOM atau komedi situasi populer pertama kali hadir di negara Inggris pada tahun 1990an, dengan Mr.Bean. Di Indonesia sendiri baru dikenal di tahun 2000an, dan berhasil menggaet banyak pemirsa televisi Indonesia yang menyukainya.
Salah satu konten SITKOM Dispendukcapil Kota Surabaya
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu konten SITKOM Dispendukcapil Kota Surabaya
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya memilih SITKOM untuk menjadi salah satu cara membagikan informasi kependudukan kepada warganya. Mereka mengemas berbagai infomasi administrasi kependudukan dengan parodi komedi yang beberapa video digarap oleh para mahasiswa dan mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya peserta MBKM-A Dispendukcapil Kota Surabaya. Video-video yang dibuat mengambil topik mulai dari KIA (Kartu Identitas Anak), cara pindah keluar kota, dan tentang kartu keluarga.
ADVERTISEMENT
Pada video-video tersebut semua talent berbicara menggunakan bahasa Jawa yang memparodikan bahwa talent tidak tau mengenai informasi kependudukan. Lalu terdapat 'Cak Duki' yang berperan menjelaskan sejumlah informasi dan juga cara-cara mengurus administrasi kependudukan yang mungkin masih banyak warga belum mengetahuinya.
Cara ini dilakukan untuk membuat penyebaran informasi mengenai administrasi kependudukan lebih mudah dipahami oleh banyak warga dari berbagai kalangan usia. Dikemas dengan tambahan unsur komedi juga untuk menghibur penontonnya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·