Apa yang Terjadi saat Panel Surya Diletakkan di Gurun Sahara?

Mahasiswa aktif di IT Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
16 Januari 2023 13:03
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari naufalandia943 tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sonar Panel (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/solar-farm-panel-surya-6619505/)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sonar Panel (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/solar-farm-panel-surya-6619505/)
Gurun Sahara adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menempatkan panel surya karena kondisi cuaca yang konstan dan sinar matahari yang kuat sepanjang tahun.
Dengan meletakkan panel surya di Gurun Sahara, kita dapat mengoptimalkan produksi energi surya dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang tidak ramah lingkungan seperti minyak dan batu bara.
Menempatkan panel surya di Gurun Sahara dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan produksi energi surya di negara-negara Afrika yang kurang memiliki sumber energi yang cukup.
Hal ini dapat membantu negara-negara tersebut untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang mahal dan tidak ramah lingkungan, sekaligus meningkatkan akses listrik untuk penduduk setempat.
Grand Erg Oriental di Gurun Sahara Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Grand Erg Oriental di Gurun Sahara Foto: Shutter Stock
Selain itu, meletakkan panel surya di Gurun Sahara juga dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah dengan menciptakan lapangan kerja baru.
Proyek pemasangan panel surya di Gurun Sahara dapat menciptakan lapangan kerja dalam pembuatan, pemasangan, dan pemeliharaan panel surya. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Masalah yang Bisa Timbul saat Pasang Solar Panel di Gurun Sahara

Tabular cross-bedding dalam formasi Gara Sbaa.  Foto: Zookeys/Ibrahim
zoom-in-whitePerbesar
Tabular cross-bedding dalam formasi Gara Sbaa. Foto: Zookeys/Ibrahim
Namun, ada beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan saat meletakkan panel surya di Gurun Sahara. Salah satunya adalah masalah lingkungan, seperti kerusakan lingkungan akibat pembangunan infrastruktur yang tidak ramah lingkungan dan masalah air yang mungkin timbul karena perubahan aliran air yang disebabkan oleh panel surya.
Dibutuhkan perencanaan yang matang dan pengelolaan yang baik dalam proses pembangunan untuk mengurangi dampak lingkungan yang negatif.
Selain itu, masalah sosial juga perlu dipertimbangkan. Beberapa penduduk setempat mungkin merasa terganggu oleh pembangunan proyek ini dan ada kemungkinan terjadi konflik tanah.
Oleh karena itu, perlu ada konsultasi yang baik dengan masyarakat setempat sebelum mengimplementasikan proyek ini, dan memastikan bahwa penduduk setempat akan mendapat manfaat dari proyek tersebut.
Pekerja melakukan perawatan panel surya di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) milik Hotel Santika Premiere Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/7/2021). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
zoom-in-whitePerbesar
Pekerja melakukan perawatan panel surya di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) milik Hotel Santika Premiere Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/7/2021). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Secara keseluruhan, meletakkan panel surya di Gurun Sahara dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan produksi energi surya dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang tidak ramah lingkungan.
Namun, masalah lingkungan dan sosial harus dipertimbangkan dan diatasi sebelum mengimplementasikan proyek ini. Perlu ada kerja sama antara pemerintah, industri dan masyarakat setempat dalam menentukan cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.
Salah satu solusi untuk mengatasi masalah lingkungan adalah dengan menempatkan panel surya di atas struktur tertentu, seperti atap bangunan atau tanah terbuka yang tidak digunakan. Hal ini dapat mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pembangunan infrastruktur baru.
Selain itu, teknologi panel surya yang terus berkembang dapat membuat panel surya menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Beberapa teknologi baru, seperti panel surya dengan film tipis dan panel surya organik, dapat membuat panel surya lebih ringan dan mudah dipasang, sehingga dapat mengurangi masalah lingkungan yang terkait dengan pembangunan infrastruktur.
Dalam keseluruhan, meletakkan panel surya di gurun Sahara dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan produksi energi surya dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang tidak ramah lingkungan.
Namun, perlu ada perencanaan yang matang dan pengelolaan yang baik dalam proses pembangunan untuk mengurangi dampak lingkungan yang negatif dan memastikan bahwa penduduk setempat akan mendapat manfaat dari proyek tersebut.
Perlu diingat, penting untuk memastikan bahwa masalah lingkungan dan sosial diatasi sebelum mengimplementasikan proyek ini.